Bolehkah Merebus Daging Beku? Intip Penjelasannya !

167

Banyak orang kini lebih senang membeli dan menyetok makanan beku karena penyimpanannya yang sederhana cukup ditaruh di dalam lemari es (bagian freezer) dapat dengan mudah untuk diolah. Bahkan banyak yang setuju bahwa menyimpan makanan beku seperti halnya daging pun adalah suatu keuntungan tersendiri ketimbang membeli daging segar.

Meski begitu, pengolahan makanan beku seperti daging beku pun sebaiknya tak sembarangan walaupun kelihatannya penggunaannya sangat praktis. Salah-salah, pengolahan daging beku yang kurang benar malah dapat menjadi penyebab utama Anda mengalami keracunan makanan. Seperti kebanyakan orang yang mungkin terbiasa merebus langsung daging beku dari freezer, boleh tidak sih sebenarnya daging beku langsung direbus begitu saja?

Aman dan bolehkah merebus daging beku?

Untuk keamanan dalam memasak daging beku sendiri terjamin baik. Bahkan ketika Anda ingin memasak daging beku tersebut secara langsung menggunakan panggangan, kompor dan oven tanpa harus dilumerkan dulu pun sangat boleh. Yang menjadi masalah di sini hanyalah proses memasak yang akan jadi lebih lama karena belum lumer.

Mungkin Anda sendiri sering mendengar bahwa jauh lebih baik untuk melumerkan lebih dulu daging yang beku, namun sebenarnya para ahli justru lebih meyakini bahwa memasak daging beku secara langsung malah efektif dalam mencegah parasit sekaligus bakteri berkembang kembali setelah tertidur saat beku. Itulah alasan kenapa beberapa orang lebih senang memasak langsung daging ikan, unggas, daging sapi dalam kondisi masih beku.

Meski begitu, terdapat kontroversi dalam hal ini sebab dilansir dari laman situs Kompas Lifestyle, menurut Sharone Hakman, mantan kompetitor Gordon Ramsey di MasterChef US Season 1 olahan daging beku paling tepat adalah saat daging sudah tak beku lagi. Itu artinya, proses pelumeran merupakan hal wajib baginya.

Namun jika Anda ingin merebusnya dulu, ini bisa jadi malah hanya akan memperkeras lapisan luar daging dan nantinya menjadikannya kering. Merebus daging beku lebih dulu juga hanya akan menghilangkan lemak sehingga hasil olahannya nanti kurang maksimal dan kurang nikmat. Jadi, ada baiknya untuk tidak merebus daging beku dengan alasan-alasan tersebut.

Tips Melumerkan Daging Beku Jika Diperlukan

Bila Anda tetap ingin memilih untuk melunakkan, melumerkan atau mencairkan daging beku lebih dulu sebelum akhirnya direbus, dipanggang, atau dimasak dengan cara lainnya, maka berikut adalah langkah-langkah yang bisa jadi pilihan Anda dalam melumerkan daging beku tersebut sebelum Anda olah.

  • Menggunakan Microwave – Bila Anda dalam kondisi sedang terburu-buru, microwave bisa jadi solusi untuk menjadi pencair daging beku walaupun hasil pelumerannya kurang maksimal. Ya, biasanya memang waktu pencairan cukup cepat sehingga seringkali menjumpai pelumerannya tidak merata. Jangan terlalu lama menunggu setelah mengeluarkannya dari microwave, sebab Anda perlu segera memasaknya setelah dicairkan dengan microwave. Hindari pula bahaya gelombang elektromagnetik dari pemakaian microwave terlalu sering.
  • Menaruh di Suhu Ruangan – Daging beku sebenarnya wajar saja untuk dicairkan dengan cara menaruh di suhu ruangan tepat dari freezer. Namun, masalahnya justru risikonya lebih besar karena Anda sama saja memberikan peluang bagi bakteri untuk berkembang biak. Terlebih lagi, Anda tak sebaiknya membiarkan daging beku yang dicairkan di suhu ruangan selama 2 jam ke atas. Lebih dianjurkan untuk melakukannya selama 30 menit saja dan ketika hendak memasaknya, minyak dalam wajan telah panas.
  • Memindah dari Freezer ke Kulkas – Dari atas ke bawah (freezer ke kulkas) dapat Anda lakukan pemindahan pada daging beku. Hanya saja, pastikan untuk tak menaruh daging tersebut di rak kulkas yang paling bawah apalagi mencampurkannya bersama dengan makanan lain. Ini karena daging sendiri sebenarnya sudah penuh dengan bakteri di mana ketika mencair, cairannya bisa menjalar ke makanan lain dan bakteri pun ikut tersebar. Menurut hasil lansiran dari Detik Food, cara ini jauh lebih baik dan pastikan bahwa daging pun masih dalam kondisi ada di dalam plastik tertutup rapat supaya cairan yang melumer tak ke mana-mana.

Bolehkah merebus daging beku yang dikeluarkan langsung dari freezer? Hal ini sayangnya tak direkomendasikan, kecuali bila Anda ingin memasak daging yang overcooked (terlalu matang) dengan pengurangan cita rasa dari lemak yang hilang karena proses perebusan. Anda perlu menjauhi bahaya daging merah atau bahaya daging sapi, ikan dan daging beku lainnya yang dicairkan dan diolah secara kurang tepat.