30 Buah Rendah Gula untuk Diet Paling Aman

Walau buah-buahan menjadi makanan menyehatkan karena kandungan gula alaminya, sayangnya buah dengan rasa manis pun belum tentu aman bagi para penderita obesitas atau diabetes khususnya. Bila memiliki masalah obesitas atau risiko tinggi akan diabetes, maka buah-buah rendah gula di bawah inilah yang lebih baik dikonsumsi untuk diet.

  1. Nanas

Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini berkadar kalsium cukup besar di mana sangatlah baik untuk kesehatan orang-orang yang memiliki risiko penyakit diabetes maupun yang obesitas. Nanas terbukti rendah gula asalkan mengonsumsinya secara tepat dan tak berlebihan. Buah ini pun rendah lemak serta kolesterol sehingga aman bila dikonsumsi per harinya 15 gram.

  1. Belimbing

Buah belimbing yang biasanya menawarkan rasa asam ini juga terkandung gula cukup rendah, yakni 4 gram gula per 100 gramnya. Dengan kadar gula tersebut tentunya buah ini menjadi salah satu yang aman dikonsumsi dengan tujuan untuk berdiet sehat. Bahkan untuk para penderita darah tinggi juga dapat menormalkan kembali tekanan darah dengan konsumsi buah ini.

  1. Melon

Buah melon dikenal sebagai buah dengan kandungan air tinggi yang juga menjadi buah aman untuk para penderita tekanan darah tinggi. Per buahnya ada kandungan 11 gram gula sehingga tak begitu tinggi. Selain itu, kandungan vitamin K serta kaliumnya juga besar sehingga baik untuk tulang, pencernaan, metabolisme dan juga otot.

  1. Cranberry

Asal tidak dikonsumsi dengan cara dijus, cranberry pada dasarnya termasuk buah yang rendah kadar gulanya, yakni hanya 4,3 gram saja per 100 gram cranberry. Apabila tertarik untuk mengonsumsi jenis buah beri ini dengan cara dijus, maka jangan tambahkan gula lagi agar menghindari lonjakan kadar gula darah.

  1. Apel

Per buahnya ada kandungan gula sebanyak 10 gram pada buah apel sehingga tak salah bila buah ini tergolong rendah gula sehingga penderita obesitas serta kencing manis bisa mengonsumsinya. Kaya akan antioksidan dan juga menjadi makanan yang mengandung serat tinggi, buah apel merah maupun hijau dapat menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan kita, apalagi kalau dimakan beserta kulitnya.

  1. Raspberry

Buah berry lainnya yang juga rendah kadar gulanya adalah raspberry. Buah berwarna merah yang hampir mirip dengan stroberi sepintas ini memiliki kandungan gula sebesar 4,4 gram saja per 100 gram raspberry. Kalaupun ingin membuat jus raspberry, hindari penambahan pemanis apapun, termasuk gula.

  1. Lemon

Menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin C tinggi, buah lemon hanya mengandung 2 gram gula saja per buahnya sehingga tergolong sangat rendah bukan? Buah ini bisa dinikmati bersama teh hangat bila tak ingin memakannya langsung karena rasa asamnya. Atau sebagai alternatif, kita juga dapat menjadikannya infused water.


  1. Buah Zaitun

Buah zaitun juga termasuk buah yang gulanya berkadar rendah dan bahkan diketahui memiliki 0 gram gula, namun tentunya hal ini dijumpai hanya pada buah zaitun alami yang belum diolah sama sekali. Apabila ingin mengonsumsinya, hindari konsumsi acar zaitun walau memang makanan ini akan lebih besar kandungan sodiumnya.

  1. Alpukat

Buah alpukat bukanlah buah yang menawarkan rasa manis tinggi sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa alpukat lebih nikmat bila dicampur dengan susu kental manis atau gula pasir. Namun bagi penderita diabetes, alpukat dapat dimakan secara langsung tanpa tambahan pemanis apapun. Menyantapnya dengan salad adalah ide yang cemerlang.

  1. Blackberry

Hanya ada 4-5 gram gula di dalam 100 gram buah blackberry ini. Tak hanya penderita diabetes, bahkan orang-orang dengan masalah obesitas dapat juga mengonsumsi buah ini untuk mendapatkan vitamin K, mineral mangan, sekaligus juga manfaat untuk menjaga berat badan tubuh serta kadar gula darah agar tetap normal dan stabil.

  1. Buah Persik

Gula rendah juga terkandung di dalam buah persik di mana hanya 10 gram saja kandungan dalam 1 buahnya yang berukuran sedang. Buah dengan serat tinggi ini juga menawarkan sifat antioksidan sehingga akan membantu menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan sistem imunitas dan mengatasi gangguan pencernaan.

  1. Jeruk Bali

Per buahnya, hanya ada kandungan gula sebesar 11 gram sehingga buah ini termasuk golongan buah yang gulanya rendah. Tak hanya aman bagi para penderita penyakit gula, metabolisme tubuh juga akan turut ditingkatkan dengan mengonsumsi buah ini setiap paginya. Sifat antioksidan yang tinggi juga bakal ikut melindungi tubuh dari radikal bebas.

  1. Jeruk

Jeruk biasa juga dapat dikonsumsi bila takut gula darah bisa naik begitu cepat. Buah jeruk dengan vitamin C berkadar tinggi dapat membantu melawan penyakit dan menjaga sistem daya tahan tubuh. Hanya ada 12 gram gula dalam satu buah jeruk. Agar kadar gula tak melonjak, cobalah untuk mengonsumsinya rutin, terutama setelah makan.

  1. Stroberi

Buah berwarna merah segar ini diketahui pula mengandung gula yang rendah. Namun dari buah ini ada vitamin C tinggi dan juga antioksidan yang bisa didapatkan oleh tubuh. Mengonsumsinya bisa dengan cara dicampur bersama salad atau langsung dimakan begitu saja. Kalaupun ingin membuat jus stroberi, jangan tambahkan gula.

  1. Jeruk Nipis

Kandungan gula di dalam 100 gram jeruk nipis hanyalah 1,7 gram yang artinya sangatlah rendah sehingga bisa dikonsumsi cukup rutin, terutama bila tak memiliki penyakit maag atau asam lambung. Jeruk nipis ini biasanya juga sangat ampuh bila dijadikan obat batuk alami yang dicampur dengan kecap manis.

Buah Lainnya yang Rendah Gula

Selain dari daftar 15 buah yang telah disebutkan, buah-buah di bawah ini juga rupanya aman dengan kadar gulanya yang rendah.

  • Rhubarb (1 gram/cup)
  • Kelapa (6 gram/100 gram)
  • Kiwi (7 gram/buah)
  • Bluberi (7,4 gram/ ½ cup)
  • Anggur (11 gram/15 buah)
  • Blewah (6 gram/ ½ cup)
  • Markisa (11 gram/100 gram)
  • Semangka (5 gram/ ½ cup)
  • Mangga (11 gram/ ½ cup)
  • Nektarin (11 gram/buah ukuran, medium)
  • Pepaya (8 gram/ ½ buah)
  • Jambu biji (5 gram/potong)
  • Buah pir (10 gram/100 gram)
  • Pisang (12 gram/100 gram)
  • Ceri merah (8 gram/100 gram)

Itulah daftar sejumlah buah rendah gula yang termasuk aman untuk tubuh serta gula darah kita, terutama bagi yang ingin diet sehat karena mengalami obesitas maupun diabetes.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Sehat