Home Featured 7 Kebiasaan yang Membuat Wanita Susah Hamil dan Perlu Dihindari

7 Kebiasaan yang Membuat Wanita Susah Hamil dan Perlu Dihindari

by Erlita

Setiap pasangan suami istri pasti mengharapkan untuk memiliki keturunan, khususnya para wanita yang ingin merasakan hamil dan punya bayi kecil lucu. Namun ada beberapa wanita yang sulit untuk hamil, bukan hanya karena tingkat kesuburan yang rendah, melainkan juga beberapa faktor kebiasaan yang membuat wanita susah hamil tapi seringkali tak disadari.

  1. Mengonsumsi Suplemen

Maksud hati ingin menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen, rupanya konsumsi suplemen justru bisa meningkatkan dampak buruk bagi peluang kehamilan. Misalnya saja kelebihan mengasup vitamin A dapat memicu kelainan hati dan cacat lahir pada bayi. Sejumlah suplemen multivitamin pun mampu menjadi penghambat hormon dan memengaruhi tingkat kesuburan wanita, khususnya jika mengonsumsi suplemen beta karoten berlebihan.

  1. Olahraga Terlalu Berat

Kurang olahraga memang tak baik bagi kesehatan, namun bahaya olahraga yang berlebihan pun apalagi jika terlalu berat dapat memengaruhi kehamilan. Ketika berolahraga terlalu keras, lemak tubuh banyak yang hilang padahal lemak ini dibutuhkan sebagai penghasil hormon estrogen yang mendukung proses ovulasi.

Olahraga itu yang baik adalah secukupnya, yakni 4-5 hari per minggu di mana masing-masing bisa dilakukan selama setengah jam supaya detak jantung bisa terjaga tetap stabil antara 120-130 denyut setiap menitnya. Pria juga lho, olahraga berlebihan mampu memengaruhi kualitas sperma yang juga berdampak pada kesuburan.

  1. Stres / Banyak Pikiran

Faktor stres dan banyak pikiran tak hanya membuat fisik jadi mudah terserang penyakit. Para wanita dengan tingkat stres tinggi mampu memengaruhi tingkat kesuburan sehingga menghambat untuk bisa cepat hamil. Supaya tak mudah stres, cobalah untuk rileks dan carilah cara untuk santai dan cara menghilangkan stres pikiran sesuai yang dibutuhkan.

  1. Minum Minuman Beralkohol

Beberapa wanita pecinta minuman beralkohol dan cukup sering mengonsumsinya, cobalah untuk membatasi asupan alkohol ini dan bahkan menghindarinya jika ingin cepat punya momongan. Proses kehamilan dapat terhambat lho karena tetap mengonsumsi minuman beralkohol.

  1. Mengonsumsi Kafein Terlalu Sering

Konsumsi kafein yang sering-sering seperti teh dan kopi padahal sedang berencana hamil bisa menjadi faktor penghambatnya lho. Walau menjadi penikmat kopi, pastikan deh untuk menghindari konsumsi kafein berlebihan karena mampu menyebabkan masalah bagi kesuburan sekaligus kehamilan.

  1. Makan Junk Food atau Fast Food

Makan makanan yang mengandung lemak jenuh, minyak, gula, lemak trans dan kolesterol tinggi seperti junk food, serta makanan cepat saji atau fast food tak hanya menimbulkan risiko terserang penyakit degeneratif. Memiliki kebiasaan makan makanan jenis ini bisa cukup buruk dampaknya bagi wanita yang ingin segera hamil sebab kesuburan dapat terganggu.

  1. Merokok

Ada sejumlah wanita yang memiliki kebiasaan merokok, nah inilah salah satu faktor yang memicu susah hamil. Kebiasaan merokok tak hanya menimbulkan masalah kulit, paru-paru dan tenggorokan karena kandungan pada rokok yang berbahaya pun mampu memicu gangguan kesehatan reproduksi wanita.

Itulah beberapa kebiasaan yang membuat wanita susah hamil namun seringkali tidak disadari. Kebiasaan-kebiasaan tersebut dianggap sepele karena zaman pun semakin modern, hanya saja ketika telah memahami betapa bahayanya hal-hal ini, segera hindari ya jika memang tengah merencanakan kehamilan.

You may also like