Menstruasi Tidak Teratur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

293

Menstruasi merupakan peristiwa bulanan pada wanita dimana terjadi peluruhan dinding rahim (endometrium) akibat tidak ada proses penempelan janin. Siklus normal terjadinya menstruasi berkisar antara 21 hingga 35 hari, dimana rentangnya akan berbeda pada setiap wanita. Peluruhan endometrium ini berupa darah yang akan keluar melalui lubang kelamin wanita atau vagina.

Proses Terjadinya Menstruasi

Hormon esterogen dalam tubuh wanita memicu dinding rahim menebal. Pada wanita hamil endometrium akan menjadi tempat perlekatan jadin sekaligus melindungi janin serupa sebuah bantal. Nah, pada wanita yang tidak hamil, dinding rahim akan meluruh kemudian menebal lagi sesua siklus. Normalnya, waktu yang dibutuhkan endometrium untuk menebal lalu meluruh adalah sama pada setiap bulannya sehingga wanita dapat mengetahui masa suburnya.

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Lalu, apa saja penyebab siklus menstruasi  menjadi tidak teratur? Penyebab tersering dari siklus yang tidak teratur adalah rasa stres yang berlebih. Rasa lelah dan stres dapat merubah keseimbangan hormon dalam tubuh. Biasanya hal ini terjadi pada remaja wanita karena hormon pada remaja juga belum terlalu stabil.

Selain rasa lelah dan stres, penggunaan obat-obatan juga dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berujung mengakibatkan siklus menstruasi tida teratur. Obat-obat yang mengandung hormon seperti pil KB akan mengganggu regulasi hormon wanita meskipun Anda sudah tidak lagi mengonsumsi pil KB. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam memproduksi hormon sejak hormon sengaja dikendalikan oleh konsumsi pil KB.

Cara Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat diatasi dengan mengonsumsi obat alami dan juga perubahan gaya hidup. Berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Mengonsumsi wortel dan tomat

Wortel mengandung beta karoten, vitamin V, dan banyak antioksidan yang membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Selain wortel, tomat juga dipercaya dapat memperlancar siklus menstruasi. Dikutip dari Livestrong.com mengenai manfaat jus tomat, mengonsumsi setengha cangkir jus tomat mampu memenuhi 10 persen kebutuhan harian vitamin C dan 35 persen keutuhan vitamin dalam tubuh.

  • Mengurangi aktivitas yang menyebabkan stres dan kelelahan
  • Menerapkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok dan alkohol serta istirahat cukup
  • Mengonsumsi minuman berbahan kunyit

Kunyit adalah salah satu sumber esterogen yang baik untuk wanita. Tak hanya membantu melancarkan siklus menstruasi, kunyit juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sindrom pra menstruasi (PMS) seperti nyeri perut, nyeri punggung, dan rasa lelah luar biasa. Anda bisa mencampurkan kunyit yang telah dihaluskan dan diminum bersama dengan susu atau madu. Menu minuman ini bisa dikonsumsi setiap pagi selama beberapa minggu.

Jika Anda sudah mencoba hal di atas namun siklus menstruasi tetap tidak teratur, segera periksakan diri ke dokter. Semoga ulasan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Jangan lupa share ke orang-orang terdekat ya!