13 Posisi Duduk di Depan Komputer Paling Tepat untuk Kesehatan Tubuh

Memiliki posisi duduk yang salah saat menggunakan komputer bisa berakibat buruk bagi kesehatan otot, sendi dan tulang kita. Entah itu kita bekerja menggunakan komputer, mengerjakan tugas, atau bahkan bermain games, penting untuk mengetahui bahwa ada bahaya terlalu lama duduk di depan komputer. Akibat bahayanya bisa mengganggu kesehatan bila dilakukan secara jangka panjang.

Oleh karena itu, posisi duduk di depan komputer harus benar karena dengan posisi duduk dan postur tubuh yang benar, kita akan terhindar dari segala bahaya atau efek buruk. Berikut ini adalah sejumlah penjelasan untuk cara atau posisi duduk yang paling tepat ketika di depan komputer supaya tubuh tetap sehat.

  1. Duduk Dekat dengan Keyboard

Duduk Dekat dengan KeyboardPastikan ketika menggunakan komputer atau laptop, tubuh bisa diusahakan untuk berada dekat dengan keyboard secara lurus. Mungkin ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan berbeda di mana duduknya berposisi menyamping ke kiri atau kanan. Penting untuk diketahui bahwa posisi seperti itu justru adalah yang perlu dihindari.

Jarak keyboard yang dekat dengan tubuh kita justru akan membantu kita supaya lengan tak terasa tegang. Pada banyak kasus, lengan yang menjulur ke depan terlalu jauh mampu menjadikan lengan cepat lelah. Dengan mendekatkan tubuh dengan keyboard, otomatis lengan dapat bekerja secara lebih nyaman dan mencegah ketegangan otot.

  1. Tidak Menyilangkan Kaki

Duduk dalam Posisi TegakPosisi kaki ketika duduk pun perlu diperhatikan, yang artinya ketinggian tempat duduk harus diatur dengan baik. Pastikan kaki Anda menapak di lantai secara rata. Atau bisa dikatakan, Anda dapat memosisikan paha agak lebih bawah dari pinggul. Satu hal penting juga yakni kaki tak dianjurkan untuk disilangkan karena mampu menyebabkan tulang belakang sulit untuk lurus serta mampu membuat gampang kesemutan karena aliran darah tak lancar.

  1. Duduk dalam Posisi Tegak

Penting untuk memosisikan tubuh secara tegak untuk menurunkan risiko rasa lelah ketika menggunakan komputer, apalagi bagi seseorang pengguna komputer berjam-jam. Postur tubuh terutama ketika duduk biasanya pada beberapa orang akan melengkung karena bungkuk di mana bila dibiarkan terus demikian akan membuat postur tubuh tak lagi ideal.

Jadi demi tak cepat merasa lelah dan juga sekaligus membuat postur tubuh terjaga tetap ideal, duduk harus tegak. Pinggang pun posisinya perlu diusahakan untuk lurus dengan sandaran punggung. Maka dari itu, carilah kursi yang ada sandarannya lalu punggung dapat disandarkan di mana kemudian posisi duduk adalah membentuk sudut 100 derajat.


  1. Mengatur Kemiringan Keyboard

Mengatur Kemiringan KeyboardSelain dari posisi duduk yang berdekatan dengan keyboard dan posisi tubuh yang perlu tegak ketika menggunakan komputer, kemiringan keyboard adalah kunci berikutnya. Bila Anda menggunakan komputer, alangkah baiknya juga untuk memakai penyangga keyboard yang ditaruh di bagian bawah keyboard tersebut.

Apabila posisi duduk memang sudah tinggi, posisi keyboard bisa rata saja alias tak memerlukan penyangga. Namun apabila posisi duduk lebih rendah, keyboard memerlukan penyangga di mana keyboard kemudian dimiringkan ke depan. Dengan pengaturan ini pun Anda pasti akan merasa berbeda karena tingkat kenyamanan selama penggunaan komputer yang lebih tinggi dan mampu menjauhi bahaya duduk terlalu lama dalam menggunakan komputer.

  1. Mengatur Posisi Keyboard

Mengatur Posisi KeyboardTak hanya kemiringannya saja, posisi keyboard sendiri pun perlu untuk diatur dengan baik di mana tujuan utamanya adalah supaya pengguna komputer bisa mengetik dengan nyaman. Menyesuaikan posisi duduk supaya posisi selama mengetik tak tegang adalah hal yang penting. Ketika posisi keyboard kurang tepat dan posisi duduk juga tak sesuai maka lengan dan tubuh akan mudah pegal dan tegang.

Pastikan bahwa bagian bahu dalam kondisi rileks dan bagian siku pun tak dibatasi oleh apapun selama pemakaian komputer. Posisi keyboard yang sudah pas juga harus diimbangi dengan keadaan posisi siku lengan yang dalam posisi terbuka dengan lurusnya pergelangan tangan. Dijamin memraktikkan poin satu ini akan membantu Anda mendapatkan posisi duduk benar.

  1. Memosisikan Monitor Komputer secara Tepat

Memosisikan Monitor Komputer secara TepatPosisi duduk yang paling benar ketika menggunakan komputer adalah dengan memosisikan layar monitor secara tepat. Langkah satu ini tergolong penting karena cara ini akan membantu Anda jauh terasa lebih nyaman, terutama untuk bagian leher supaya tak tegang.

Layar monitor perlu diposisikan tak terlalu tinggi tapi juga pastikan untuk terlalu rendah juga karena ini yang seharusnya. Dengan posisi demikian, maka leher tak akan terbeban dan tak bakal merasa terlalu berat menjadi penyangga kepala. Apabila penggunaan komputer cukup lama, hal ini harus diperhatikan agar meminimalisir ketegangan leher dan kepala yang kemungkinan menjalar hingga punggung sebagai akibat duduk terlalu lama.

  1. Memakai Tempat Mouse dan Keyboard

Memakai Tempat Mouse dan KeyboardMungkin tak banyak orang yang mempertimbangkan penggunaan kedua perlengkapan ini, tempat mouse dan tempat keyboard. Hanya sedikit orang yang melakukannya dan memang hal seperti ini dianggap agak terlalu berlebihan. Namun sebetulnya, tempat mouse serta keyboard sangat bermanfaat bagi para pengguna komputer.

Selain penyangga keyboard, penting juga untuk memiliki dan menggunakan tempat keyboard sekaligus tempat untuk mouse. Pada dasarnya, fungsi keduanya adalah demi melindungi pergelangan tangan selama menggunakan komputer agar pengguna tetap merasa nyaman walau harus bekerja sangat lama. Karena harganya yang terjangkau, maka tak salah untuk memilikinya.

  1. Memakai Palm Rest bila Dirasa Perlu

Memakai Palm Rest bila Dirasa PerluUntuk posisi duduk tepat di depan komputer agar nyaman dan tak menyebabkan rasa tegang dan sakit pada anggota tubuh tertentu seperti lengan, cobalah menggunakan palm rest. Palm rest ini dikenal sebagai sebuah gundukan yang berada di depan keyboard.

Fungsi utama dari palm rest adalah sebagai penjaga pergelangan tangan supaya tetap terasa nyaman. Dengan cara ini, pergelangan tangan akan terhindar dari rasa sakit yang disebabkan oleh proses kontak atau bersentuhan dengan media yang bertekstur keras. Tak semua orang pengguna komputer memang mengandalkan palm rest, namun Anda dapat menggunakannya agar lebih nyaman.

  1. Meletakkan Sumber Ketikan dengan Tepat

Meletakkan Sumber Ketikan dengan TepatMungkin Anda menggunakan komputer untuk mengetik? Apabila ya, mungkin Anda menggunakan sumber atau referensi lain untuk pengetikan Anda. Apabila Anda menggunakan majalah atau koran, maka lebih dianjurkan untuk tak menaruhnya secara sembarangan. Yang paling baik adalah dengan menaruhnya sejajar di depan secara lurus dengan layar komputer.

Ketika media cetak menjadi sumber pengetikan Anda, segala buku, kerta atau semacamnya bisa berada di bawah layar namun pastikan Anda dapat melihatnya secara lurus dan tak kesulitan. Hal seperti ini sangat membantu Anda dalam meminimalisir gerakan leher sewaktu bekerja. Leher harus dalam kondisi yang rileks dan nyaman agar tak gampang tegang dan lelah.


  1. Peregangan Pergelangan Tangan dan Jari

Peregangan Pergelangan Tangan dan JariLakukanlah peregangan pada bagian pergelangan tangan dan jari-jari tangan Anda secara berkala. Paling dianjurkan untuk melakukan hal ini sebanyak 6 kali minimal dalam sehari. Tujuan dari melakukan peregangan ini tentunya supaya otot-otot jari dan tangan tidak pegal dan tak mengalami ketegangan.

Cara melakukan peregangan yang dimaksud di sini adalah dengan menekuk tangan ke arah atas dan bawah supaya mampu menarik pergelangan yang sedari tadi digunakan mengetik. Anda pasti tahu atau pernah mendengar tentang Carpal Tunnel Syndrome; dengan melakukan peregangan ini, Anda akan mampu menurunkan risiko gangguan kesehatan tersebut.

  1. Beristirahat Sejenak

Beristirahat SejenakIngat bahwa efek buruk serta bahaya kelamaan duduk apalagi sambil menggunakan komputer dapat mengincar Anda. Oleh karena itu, karena tak baik bagi tubuh ambil waktu sejenak untuk berdiri dan kemudian meregangkan tubuh. Berjalan-jalanlah kecil juga sekitar 5 menit sambil membiarkan mata beristirahat dari menatap komputer terlalu lama.

Demikianlah beberapa tips posisi duduk di depan komputer yang sangat efektif dan penting untuk dipraktikkan. Untuk menghindari rasa pegal, lelah hingga sakit punggung dan juga kondisi kesehatan lainnya karena penggunaan komputer yang terlalu lama setiap harinya, praktikkan segera langkah posisi duduk tersebut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik