11 Cara Menambah Cairan Tubuh dengan Cepat dan Tepat

Tubuh sebagian besar terdiri dari air. Itulah mengapa kita lebih tidak bisa menahan haus daripada menahan lapar. Semua reaksi dalam tubuh bergantung pada kecukupan cairan dalam tubuh. Setiap hari tubuh melakukan proses metabolisme, dan air sangat berperan dalam proses ini. Setiap cairan yang hilang dari dalam tubuh harus digantikan dengan sumber cairan yang baru. Hal ini ditujukan agar setiap proses dalam tubuh dalam berjalan dengan baik tanpa ada hambatan.

Akibat Tubuh Kurang Cairan

Ketika tubuh kekurangan cairan, hal pertama yang terjadi adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kehilangan sebagian besar cairannya. Dehidrasi sendiri terbagi menjadi 3 kelompok yaitu dehidrasi ringan, dehidrasi sedang, dan dehidrasi berat. Setiap tingkatan dehidrasi ini akan menunjukkan gejala tersendiri dan juga menimbulkan akibat tersendiri. Ketika seseorang sudah memasuki menunjukkan gejala dehidrasi berat, maka penanganan medis adalah satu-satunya jalan. Bahkan bahaya dehidrasi paling buruk adalah risiko kematian.

Saat Anda sudah merasakan haus, itu adalah tanda bahwa tubuh harus segera ditambah cairan. Jangan pernah menunda-nunda untuk menambah cairan dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan menimbulkan masalah yang terkadang tidak kita sadari. Beberapa permasalahan yang dapat muncul akibat kurangnya cairan di dalam tubuh antara lain:

  • Bau Mulut
  • Susah Konsentrasi
  • Kulit Kering
  • Cepat lelah
  • Dehidrasi
  • Gangguan Pencernaan
  • Gangguan Ginjal
  • Gangguan Syaraf
  • Radang Sendi
  • Hipokalsemia (kondisi tubuh kekurangan kalsium yang mengakibatkan mudah terserang kram otot dan terjadi gangguan irama jantung)
  • Hipomagnesium (kondisi tubuh kekurangan magnesium yang mengakibatkan terganggunya sistem saraf sehingga sering mengalami halusinasi)
  • Hiponatremia (kondisi tubuh kekurangan cairan natrium yang mengakibatkan kejang hingga kematian)

Cara Menambah Cairan Tubuh dengan Cepat

Setiap hari tubuh akan melakukan berbagai fungsi organ tanpa henti, ditambah dengan beragam aktivitas yang kita lakukan akan semakin cepat mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Belum lagi jika kita terkena beberapa penyakit yang menguras cairan tubuh dengan sangat cepat, misalnya diare. Kondisi diare dapat menguras cairan atau ion dalam tubuh dengan sangat cepat. Jika kondisi ini terjadi, maka harus ada penanganan untuk mengantisipasi hal-hal yang lebih buruk lagi.

Cara paling cepat untuk menangani kondisi tubuh kurang cairan adalah segera minum cairan. Ada beragam cairan yang dapat dikonsumsi agar tubuh tidak kekurangan cairan. Beberapa cairan atau sumber cairan yang dapat digunakan sebagai cara menambah cairan tubuh dengan cepat antara lain:

1. Air Putih

Konsumsi air putih menjadi cara pertama dan cara paling mudah untuk menambah cairan dalam tubuh. Selain dapat diperoleh di mana-mana, air putih juga cairan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Akan tetapi, jika tubuh sudah mengalami dehidrasi berat maka minum air putih tidak dapat menjadi solusi. Untuk menghindari air putih, terapi air putih setiap hari adalah pilihan yang tepat.

2. Air Kelapa

Air kelapa terutama air kelapa hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika kita merasa sangat lelah. Air kelapa dipercaya dapat mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak ion yang dapat mengembalikan ion tubuh yang hilang. Air kelapa sangat efektif untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi karena merupakan minuman penambah ion tubuh yang efektif.

3. Oralit

Cara menambah cairan tubuh dengan cepat selanjutnya adalah minum oralit. Oralit biasa diberikan ketika seseorang mengalami diare. Hal ini dikarenakan oralit yang merupakan larutan campuran gula dan garam dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Ketika tubuh mengalami diare, harus diberikan pengganti cairan dengan cepat.

4. Markisa dan Madu

Minuman pengganti cairan atau ion tubuh dengan cepat selanjutnya adalah campuran antara markisa dan madu. Cobalah campur markisa dengan air hangat. Untuk pemanisnya Anda cukup menambahkan madu. Minuman ini sangat menyegarkan di tubuh dan akan mengatasi kelelahan tubuh.

5. Susu dan Madu

Untuk menambah cairan tubuh dengan cepat, Anda dapat menggunakan susu sebagai pengganti cairan tersebut. Anda bisa meminum susu seperti biasa. Atau Anda bisa juga membuat campuran antara susu dan madu. Perpaduan susu dan madu dapat menambah asupan cairan serta berbagai mineral dalam tubuh.

6. Apel, Daun Seledri, Air Lemon

Apakah ada persediaan apel, seledri, dan air lemon di rumah Anda? Jika iya, maka Anda dapat membuat jus sehat dari bahan-bahan ini. Caranya pun mudah, cukup blender ketiga bahan ini dan kemudian saring. Meminum jus ini sekali setiap harinya dapat menghindarkan tubuh dari kondisi kurang cairan.

7. Buah Kiwi

Konsumsi buah juga dapat menjadi salah satu cara menambah cairan tubuh dengan cepat. Pilihlah buah yang mengandung banyak cairan, salah satunya adalah buah kiwi. Buah kiwi mempunyai kandungan vitamin C dan kalium yang tinggi. Kedua kandungan ini sangat berperan untuk mengganti ion dalam tubuh. Selain itu, efektif juga untuk menghilangkan rasa haus dan lelah.

8. Pisang

Ketika tubuh kehilangan banyak ion, maka kita harus menambah asupan yang mengandung banyak ion pula. Ketika tubuh kehilangan cairan, kalium dapat berperan sebagai ion positif pengganti cairan dalam tubuh. Untuk mendapatkan kalium ini, Anda dapat rutin mengkonsumsi buah pisang.

9. Jambu merah, Mangga, Susu

Jus buah juga merupakan pilihan terbaik untuk mengganti cairan dalam tubuh. Jus aneka buah dapat menjadi pilihan terbaik. Misalkan campuran antara buah mangga, jambu merah, dan sedikit susu akan mampu memenuhi kebutuhan kalium dan kalsium dalam tubuh. Konsumsi jus ini dapat menjaga tubuh dari serangan berbagai radikal bebas sehingga tubuh tetap sehat.

10. Alpukat dan Susu

Jus alpukat dan susu terkadang dipercaya untuk menaikkan berat badan. Konsumsi jus ini juga dapat mengatasi kondisi tubuh yang sedang dehidrasi. Selain itu, ion yang hilang juga dapat tergantikan dengan mengkonsumsi jus alpukat dan susu ini. Sehingga minuman ini menjadi salah satu cara menambah cairan tubuh dengan cepat dan tepat.

11. Kuah Sup Ayam

Cara lain untuk menambah asupan cairan dalam tubuh yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kuah sup ayam. Sup ayam ini dapat ditambah dengan berbagai aneka sayuran untuk menambah kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh. Konsumsi kuah saja dari sup ayam dan sayuran merupakan salah satu cara mengatasi kekurangan cairan tubuh.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat