Inilah 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Sel Darah

485

Darah terdiri dari sel-sel darah merah, darah putih dan plasma darah yang memiliki peranan yang berbeda di dalam tubuh. Peranannya sangat krusial dalam mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, dan akan sangat fatal bagi organ tubuh jika darah mengalam gangguan kesehatan.

Nah, agar selalu sehat, kesehatan darah juga perlu diperhatikan, agar dapat menjalani perannya dengan baik. Apalagi darah sangat rentan terpapar racun baik dari udara yang masuk ke paru-paru maupun dari makanan yang setiap hari dikonsumsi. Berikut ini ada cara mudah untuk menjaga kesehatan sel darah agar tidak gampang terserang penyakit.

1. Menghirup Udara Segar

Udara segar mengandung lebih banyak oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, setiap harinya usahakanlah untuk meluangkan waktu di pagi hari untuk khusus menghirup udara yang masih segar dan belum banyak terkontaminasi polusi. Banyaknya oksigen yang masuk akan menyehatkan sel darah termasuk organ tubuh lainnya sehingga darah dapat berfungsi lebih optimal.

2. Minum Air yang Cukup

Mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya akan membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh, mengencerkan darah dan dan membantu melancarkan peredaran darah. Tubuh manusia dewasa secara normal membutuhkan air sekitar 2 liter atau setara dengan 8 gelas per harinya. Jika banyak melakukan aktivitas fisik atau berolahraga maka kebutuhan air akan semakin banyak dan penting untuk dipenuhi.

3. Menghindari Rokok

Tahukah Anda kalau setiap hisapan rokok mengandung ratusan senyawa berbahaya dan akan masuk ke aliran darah setiap kali Anda mengisapnya. Karena itu, sebisa mungkin jauhi asap rokok, bukan hanya berlaku untuk perokok aktif saja namun perokok pasif pun harus menghindarinya demi menjaga sel darah tetap sehat.

4. Menghindari Makanan dengan Zat Kimia Tambahan

Demi mendapatkan rasa yang menggugah selera, banyak makanan yang sekarang ini diolah dengan mencampurkan berbagai zat kimia tambahan untuk makanan. Zat tersebut biasanya berupa pengawet, penyedap rasa, pemanis buatan atau bahkan pewarna sintetis untuk membuat warna makanan semakin menarik. Jika sesekali dikonsumsi mungkin tidak akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Namun jika sering atau bahkan setiap hari maka senyawa berbahaya yang ada dalam makanan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada sel darah.

5. Olahraga Secara Teratur

Untuk menjaga darah tetap sehat dan aliran darah dapat berjalan lancar, kita dapat melakukan berbagai aktivitas fisik atau berolahraga. Gerakan yang memacu jantung untuk berfungsi dengan baik akan membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh lebih optimal. Tentu saja olahraga perlu dilakukan dengan rutin dan teratur, jika hanya sesekali justru dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Cara menjaga kesehatan sel darah di atas sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, dan tentunya perlu konsisten agar hasil yang didapat juga maksimal. Dengan menjaga kesehatan sel darah maka kebutuhan akan oksigen dan nutrisi seluruh sel pada tubuh dapat terpenuhi dengan baik.