Gejala Asma Bisa Reda dengan 9 Minuman Ini Lho, Mau Coba?

251

Penderita asma pasti kerap mengalami yang namanya ketidaknyamanan karena berbagai macam faktor pemicu alergi ada di mana-mana. Pantangan asma perlu selalu diperhatikan begitu juga sejumlah makanan yang bisa memperburuk kondisi asma. Namun perlu diketahui, deretan minuman ini bisa dikonsumsi justru sebagai pereda gejala asma mulai dari batuk dan sesak nafas lho.

  1. Jus Pisang

Kalau buah pisang sendiri saja diyakini efektif dalam membuat penyakit asma lebih ringan, apalagi bila dikonsumsi setiap hari, maka jus buah pisang jelas bakal sama efektifnya. Jus pisang telah dibuktikan mampu membuat sesak nafas berkurang pada para penderita asma, jadi tertarik mencobanya?

  1. Jus Apel

Dampak dari kebiasaan makan apel salah satunya adalah mengatasi sakit asma berkat kandungan flavonoid dan fenolik di dalamnya menurut hasil lansiran dari laman Liputan 6. Jadi tentunya meminum jus apel pun sama efektifnya dalam memberikan perlindungan pada tubuh agar tak mudah terserang asma. Karena di dalamnya ada quercetin tinggi juga, penyembuhan asma dengan konsumsi jus apel layak dicoba.

  1. Air Madu

Madu murni yang dicampur dengan segelas air bisa diminum sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh di mana hal ini otomatis juga akan membuat tubuh terlindung dari alergen pemicu gejala asma. Minum 2-3 kali dalam sehari alias 3 gelas air madu sehari dapat dicoba; tambahkan kayu manis ½ sendok teh jika suka.

  1. Air Kunyit

Kunyit merupakan rempah atau sumber makanan yang terbukti mampu menjadi pencegah asma, jadi jika mengonsumsi air kunyit tentu manfaatnya pun bakal sama. Sifat anti-inflamasi di dalam kunyit mampu membuat kesehatan paru-paru meningkat dan gangguan pernapasan semacam asma dapat diminimalisir.

  1. Jus Alpukat

Di dalam buah alpukat ada kandungan L-glutathione yang merupakan zat alami dengan fungsi sebagai pembersih saluran pernapasan. Zat tersebut jugalah yang memberikan perlindungan bagi tubuh dari berbagai gangguan radikal bebas; alpukat juga kaya vitamin E yang baik untuk penderita asma dengan kondisi alergi terhadap kacang.

  1. Jus Bayam

Minuman jus lainnya yang dijamin sehat dan baik untuk pengidap asma adalah jus bayam. Kandungan vitamin C, beta karoten, vitamin E serta mineral magnesium di dalam sayur bayam yang dibuat jus siap untuk menyembuhkan kondisi gejala asma yang menyerang.

  1. Air Jahe

Sebagai pereda asma alami yang dijamin efektif dan ampuh, air jahe adalah salah satunya. Untuk pencegahan atau langkah antisipasi, silakan mengonsumsi air jahe sehari 2-3 kali. Sifat anti-inflamasi/antiradangnya yang cukup besar, tak hanya mencegah radang, tapi juga melegakan tenggorokan sekaligus saluran pernapasan.

  1. Kopi atau Teh

Penderita asma dapat juga mengonsumsi kafein, seperti teh atau kopi hitam yang sangat bermanfaat dalam memperlancar saluran pernapasan sehingga proses masuk dan keluarnya udara sempurna. Namun, hendaknya asupan tidak berlebihan sebab yang paling baik adalah tak lebih dari 3 cangkir teh atau kopi per hari ya.

  1. Air Cengkeh

Air seduhan cengkeh layak pula untuk dicoba sebagai pereda gejala asma alami. Sediakan dulu air mendidih segelas penuh, lalu masukkan cengkeh 5-6 batang saja. Seduhlah dan kalau sudah boleh juga ditambah dengan madu sebagai penambah rasa. Minum sehari 2 kali agar kesehatan dapat meningkat secara keseluruhan.

Para penderita asma yang kerap khawatir gejala asma mudah kambuh, redakan dengan deretan minuman sehat dan alami tersebut saja. Gaya hidup sehat tentu perlu tetap diterapkan, mulai dari asupan makanan bernutrisi, pola tidur yang baik, rutin berolahraga, hingga pengelolaan stres dan penghindaran dari paparan alergen yang baik.