Dumolid – Kegunaan, Dosis dan Efek Samping

Dumolid merupakan salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan tidur atau yang sering dikenal dengan insomnia. Selain dapat digunakan untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia parah ternyata dumolid juga dapat digunakan sebagai obat kejang-kejang, gangguan kecemasan, dan juga obat depresi. Kandungan yang terdapat di dalam dumolid diantaranya adalah nitrazepam. Nitrazepam merupakan kandungan yang termasuk ke dalam golongan obat benzodiazepin. Benzodiazepin merupakan golongan obat penenang.

Dumolid hampir sama seperti narkoba Yaitu dumolid dapat dikonsumsi untuk mendapatkan efek meningkatkan kepercayaan diri dan lebih berkonsentrasi. Obat dumolid juga dijual di berbagai apotek, obat dumolid tersedia dalam bentuk tablet 5 mg dan 10 mg. Penggunaan obat dumolid ini harus sesuai dengan dosis dari dokter. Hal ini disebabkan karena didalam dumolid mengandung nitrazepam yang dimana nitrazepam merupakan obat yang termasuk ke dalam psikotropika golongan IV. Jika seseorang mendapatkan obat dumolid ini tanpa resep dari dokter maka dikhawatirkan akan disalahgunakan.

Dumolid juga tidak dianjurkan  dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki hipersensitifitas terhadap komponen-komponen yang terdapat di dalam kandungan obat dumolid ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dumolid maka perlu kita ketahui Bagaimana kenggunaan obat dumolid apa saja efek sampingnya, bagaimana dosis dumolid.

baca juga : efek samping obat penenang yang berbahaya

Kenggunaan Obat Dumolid

1. Menghilangkan depresi

Penggunaan obat dumolid sesuai saran dari dokter dan memakai dosis dari dokter akan membantu untuk mengurangi rasa depresi anda. Untuk itu Ketika anda merasa depresi Anda dapat mengkonsumsi dumolid. Namun perlu diperhatikan bahwa didalam dumolid mengandung nitrazepam yang di mana kandungan nitrazepam dapat mengakibatkan seseorang menjadi kecanduan. Untuk itu bagi anda yang ingin mengkonsumsi dumolid konsultasikan kepada dokter Anda dan Mintalah dosis kepada dokter Anda. Mengkonsumsi dumolid tidak sesuai saran dan dosis dari dokter bukan malah menghilangkan depresi tapi malah menjadikan depresi bertambah parah.

baca juga : akibat depresigejala depresi

2. Mengatasi insomnia

Sama halnya seperti menghilangkan depresi pada seseorang, kegunaan dari dumolid ini membantu seseorang yang terkena insomnia agar segera teratasi. Untuk mengobati insomnia yang sedang anda Derita dengan mengkonsumsi dumolid maka konsultasikan kepada dokter Anda. Hal ini bertujuan agar kedepannya Ketika anda sudah tidak mengkonsumsi dumolid lagi Anda tidak menjadi kecanduan. Kandungan nitrazepam yang terdapat di dalam dumolid akan menyebabkan penggunanya menjadi kecanduan. Untuk itu konsumsilah dumolid sesuai saran dari dokter dan sesuai dosis dari dokter.

baca juga : ciri-ciri insomia – cepat lelah 

3. Menimbulkan rasa nyaman

Dumolid merupakan salah satu obat yang memiliki kandungan nitrazepam. Kandungan nitrazepam yang terdapat di dalam obat dumolid akan membuat seseorang yang mengkonsumsinya merasa nyaman dan lebih rileks. Untuk itu dumolid dapat dikonsumsi agar mendapatkan rasa nyaman. Namun yang perlu diperhatikan adalah gunakan ahli sesuai dengan anjuran dari dokter.

4. Mengatasi gangguan kecemasan

Banyak sekali manfaat yang akan anda peroleh dari dumolid. Manfaat lainnya adalah ketika anda mengkonsumsi dumolid akan membantu untuk mengatasi gangguan kecemasan pada diri Anda. Biasanya Ketika anda memiliki gangguan kecemasan dokter akan memberikan obat-obatan yang mengandung nitrazepam. Karena kandungan nitrazepam dapat membuat seseorang yang mengkonsumsinya menjadi lebih tenang dan terhindar dari gangguan kecemasan. Namun Ketika anda mengkonsumsi obat ini melebihi dosis yang diberikan kepada dokter bukan mengatasi gangguan kecemasan, namun mengkonsumsi dumolid yang mengandung nitrazepam secara berlebihan dapat menyebabkan Anda depresi dan lebih cemas. Kecemasan dan gelisah dapat diatasi dengan mengetahui cara menghilangkan cemas dan gelisah


Efek Samping Dumolid

1. Gangguan emosi

Efek samping dari mengkonsumsi dumolid salah satunya adalah gangguan emosi. Ketika seseorang mengkonsumsi dumolid yang memiliki kandungan nitrazepam tidak akan mampu mengontrol emosinya sehingga mengalami gangguan emosi. Namun hal ini jarang terjadi ketika anda mengkonsumsi sesuai dengan dosis dokter. Apabila hal ini terjadi ketika anda telah mengkonsumsinya sesuai dosis dari dokter maka segera konsultasikan kepada dokter. Agar anda dengan cepat mendapat penanganan.

baca juga :  cara menenangkan pikiran

2. Mengantuk berlebihan

Seseorang yang mengkonsumsi obat dumolid juga dapat mengalami efek samping mengantuk secara berlebihan. Untuk itu jangan konsumsi dumolid Ketika anda akan melakukan aktivitas terutama melakukan aktivitas diluar rumah. Karena hal itu dapat membahayakan anda.

baca juga : susah tidur

3. Gangguan koordinasi dan berbicara

Gangguan koordinasi dan berbicara dapat terjadi ketika seseorang mengkonsumsi dumolid secara berlebihan. Dumolid dapat digunakan untuk mengobati insomnia depresi gangguan kecemasan dan lain-lain namun tidak dianjurkan digunakan dalam jangka waktu yang panjang atau dosis yang berlebihan. Mengkonsumsi dumolid dalam jangka waktu yang panjang dan dosis yang berlebihan akan menyebabkan efek samping efek samping yang tidak diinginkan. Bahkan yang lebih mengerikan efek samping tersebut dapat menyebabkan kematian.

baca juga : ciri-ciri stres

4. Depresi

Salah satu kegunaan dari mengkonsumsi dumolid yang memiliki kandungan nitrazepam adalah untuk mengatasi depresi. namun Tahukah anda bahwa ternyata mengkonsumsi dimulai secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang sangat tidak dianjurkan. Penggunaan dumolid yang berlebihan akan membuat penderitanya menjadi depresi. Sehingga bukan malah membuat seseorang sembuh dari depresi nya malah menjadikan seseorang depresi. Untuk itu ketika anda mengkonsumsi obat ini perhatikanlah dosis yang diberikan.

baca juga :  ciri-ciri depresi

5. Penurunan pada frekuensi nafas

Selain efek samping yang disebutkan di atas masih ada beberapa efek samping yang akan dirasakan ketika mengkonsumsi dumolid dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu efek sampingnya adalah seseorang yang mengkonsumsi dumolid dalam jangka waktu yang panjang akan mengalami frekuensi penurunan nafas.

baca juga : sesak nafas

6. Gangguan kebingungan

Terjadinya gangguan kebingungan juga merupakan salah satu dari efek samping Ketika seseorang mengkonsumsi dumolid.

7. Gangguan konsentrasi

Selain gangguan kebingungan efek samping dari mengkonsumsi dumolid adalah gangguan konsentrasi. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami gangguan kebingungan dan gangguan konsentrasi namun anda diharuskan mengkonsumsi dumolid maka anda harus mengkonsumsinya sesuai dengan aturan dari dokter. Tidak boleh dilebih-lebihkan atau digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

8. Penurunan pada tekanan darah

Sama halnya seperti penurunan pada frekuensi pernapasan, mengkonsumsi dumolid dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan pada tekanan darah.

baca juga :  penyebab dada sesak

9. Kecanduan.

Hal yang paling berbahaya ketika mengkonsumsi dumolid yang mengandung nitrazepam adalah menyebabkan kecanduan. Sebab biasanya seseorang yang kecanduan akan obat-obatan tertentu akan melakukan berbagai cara Agar mereka mendapatkan obat-obat tertentu. Ketika anda mengalami kecanduan pada suatu obat segera konsultasikan kepada dokter supaya dokter secepat mungkin memberikan solusi kepada anda dan anda terhindar dari kecanduan. Karena ketika anda sudah mengalami kecanduan pada obat-obatan tertentu dan anda tidak segera mengkonsultasikannya kepada dokter akan membahayakan diri Anda sendiri.

baca juga : bahaya menelan asap rokok

Dosis Dumolid

Dosis dumolid setiap orang berbeda-beda. Biasanya Ketika anda mengkonsumsi dumolid anda akan dianjurkan untuk mengkonsumsi dumolid sebelum tidur dengan dosis sebagai berikut: untuk dosis orang dewasa biasanya dianjurkan mengkonsumsi dumolid sebanyak 5 mg. Namun konsumsi ini dapat ditambahkan sampai ke 10 mg. Untuk lansia mengkonsumsi dumolid dibawah standar dosis orang dewasa yaitu 2,5 mg, atau bisa ditambah dosis hingga 5 mg. Untuk anak-anak yang berada di bawah umur 14 tahun dapat mengkonsumsi dumolid dengan dosis 5 mg saja. Sedangkan anak-anak yang mengkonsumsi dumolid dibawah 6 tahun hanya boleh dianjurkan mengkonsumsi 2,5 sampai 5 mg dumolid. Untuk anak yang kurang dari 1 tahun dosis yang dianjurkan 1,25 sampai 2,5 mg saja.

Dosis ini hanya sebagai referensi tidak menjadikan patokan khusus bagi Anda yang mengkonsumsi dumolid. Tetap konsultasi dana kepada dokter Anda untuk mengetahui dosis yang tepat dan Obat antidepresan apa yang harus anda konsumsi. Agar anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah mengetahui berapa saja dosis yang dianjurkan untuk lansia sampai anak-anak lebih baiknya Bagaimana cara menyimpan obat dumolid tersebut.

Cara menyimpan dumolid

Agar obat dapat berfungsi sebagaimana mestinya makkah obat-obatan tersebut harus disimpan dengan baik dan adapun cara penyimpanan obat tumor itu adalah sebagai berikut

1. Temperatur ruangan

Cara penyimpanan dumolid hampir sama dengan cara penyimpanan nitrazepa dan obat obat lainnya. Adapun cara penyimpanan dumolid adalah dengan menyimpannya di dalam temperatur ruangan. Selain itu alangkah lebih baiknya dan sangat dianjurkan untuk menyimpan dumolid jauh dari panas cahaya langsung. Setiap obat memiliki cara penyimpanan masing-masing untuk itu maka perhatikanlah cara penyimpanan pada kemasan.

baca juga : efek samping kolagen

2. Jangan membuang ke toilet

Ketika anda mengkonsumsi obat dumolid dan sudah tidak digunakan jangan membuangnya ke toilet kecuali di dalam kemasan tersebut menganjurkan untuk membuangnya ke dalam toilet. Obat-obatan yang dibuang ke dalam toilet atau ke drainase dapat membuat lingkungan terkontaminasi. Untuk itu agar tetap aman dan tidak merusak lingkungan maka konsultasi kalah kepada dokter atau apoteker yang anda percaya. Konsultasikan lah Bagaimana cara membuang dumolid dengan aman ketika sudah tidak diminum.

baca juga :  efek samping daun kumis kucing

3. Jauhkan dari anak-anak

Obat-obatan terutama obat-obatan yang mengandung penenang seperti harus dijauhkan dari anak-anak. Hal ini ditakutkan bahwa ketika tidak dalam pengawasan orang dewasa anak-anak akan mengkonsumsi obat tersebut secara berlebihan. Ketika itu terjadi maka tidak akan baik bagi anak-anak sebab akan menimbulkan berbagai masalah seperti kecanduan atau efek samping efek samping obat tersebut.

baca juga : efek samping brotowali


4. Jangan dibekukan

Jangan membekukan obat kecuali ketika obat tersebut memang dianjurkan oleh brosur di dalam kemasan untuk dibekukan.

baca juga : efek samping captopril

Tidak sembarang orang boleh mengkonsumsi dumolid tanpa saran dari dokter. Untuk mengkonsumsi dumolid maka kita memerlukan berbagai hal seperti peringatan dan cara penggunaannya. Adapun peringatan dan cara penggunaan dumolid adalah sebagai berikut.

Peringatan dan penggunaan dumolid

Untuk penggunaan dumolid harus sesuai dengan dosis yang diberikan kepada dokter. sedangkan sebelum mengkonsumsi dumolid ada beberapa hal atau berapa peringatan yang harus anda ketahui. Sebelum menggunakan dumolid anda perlu menginformasikan kepada dokter Anda obat-obatan apa saja atau Vitamin apa saja yang anda konsumsi akhir-akhir ini. Selain itu alangkah lebih baiknya Ketika anda mengetahui apakah anda memiliki alergi atau tidak. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi dumolid adalah sebagai berikut

  • Ketika anda hamil anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung nitrazepam seperti dumolid. Karena hal ini dapat membahayakan bagi anda. Untuk kepastiannya dan lebih jelas maka konsultasikan lah kepada dokter terlebih dahulu Ketika anda hamil. Apakah Anda memang dianjurkan mengkonsumsi dumolid yang mengandung nitrazepam atau tidak. Supaya Anda dan juga janin Anda tidak mengalami sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Jangan pernah mengkonsumsi dumolid Ketika anda memiliki alergi terhadap nitrazepam. Karena kandungan yang terdapat di dalam dumolid adalah nitrazepam. Untuk itu ketika anda dianjurkan mengkonsumsi dumolid maka konsultasikan lah kepada Dokter anda terlebih dahulu bahwa anda memiliki alergi terhadap nitrazepam. Maka dokter Anda akan segera memberikan solusi yang terbaik.
  • Penggunaan dumolid akan mengalami efek samping seperti yang telah dijelaskan diatas

Itulah beberapa hal yang berkaitan tentang dumolid. Karena dumolid termasuk psikotropika golongan 4 maka penggunaan dumolid harus sesuai dengan resep dokter. Selain Memberikan manfaat manfaat tertentu bagi tubuh Namun penggunaan tumbuhan secara berlebihan akan membuat seseorang terkena efek samping seperti yang telah dijelaskan diatas. Untuk itu gunakanlah dumolid secara bijak agar dapat terhindar dari berbagai permasalahan.

, ,
Oleh :
Kategori : Obat