Diet Air Putih Tanpa Makan Apapun Aman Tidak Sih? Ini Penjelasannya!

349

Beberapa orang meyakini bahwa diet air putih sejak populer di tahun 2016 menjadi metode penurunan berat badan yang tergolong efektif. Bahkan dalam metode Obsessive Corbuzier Diet atau OCD pun, sebelum masuk ke jendela makan, kita hanya boleh minum air putih, meski teh dan kopi pahit pun boleh. Lalu, jika melakukan diet air putih tanpa makan apapun apakah benar dan sehat?

Diet air putih tapi tidak makan apapun apakah baik?

Menurut hasil kutipan dari Today yang dilansir dari lama situs Detik Wolipop, Julie Upton, R.D., C.S.S.D. seorang pakar diet menyatakan bahwa metode diet air putih pada dasarnya hanyalah kata lain dari puasa. Meski begitu, bukan berarti diet air putih kemudian tidak makan apapun.

Hanya minum air putih tanpa makan apapun bukanlah cara menurunkan berat badan yang baik dan bahkan bukan langkah sehat untuk membuat tubuh langsing atau kurus. Walaupun memang orang yang sehat cukup dengan minum air putih saja bisa bertahan hidup, hal ini tidaklah dianjurkan.

Ketika Anda diet air putih saja yang artinya hanya air mineral yang dikonsumsi tanpa makan apapun, rasa lapar akan justru menjadi-jadi. Hal ini kemudian menjadikan Anda dapat kembali pada pola makan yang seperti dulu. Selesai diet air putih tanpa diimbangi makan apapun juga dapat meningkatkan risiko kembalinya berat badan seperti sebelum diet.

Cara diet seperti ini tergolong ekstrem dan sebaiknya tidaklah Anda coba terapkan sebab berbagai efek samping berbahaya pun turut mengintai kesehatan tubuh Anda, seperti misalnya:

  • Nutrisi penting yang diperlukan tubuh jadi hilang karena tidak makan apapun.
  • Berat badan memang turun dan bahkan secara cepat, tapi bukan lemak yang terbuang melainkan hanya air.
  • Efek penurunan berat badan tak akan lama, seperti yang sudah diulas sebelumnya.
  • Diet air putih tanpa makan kalaupun diterapkan hanya bisa sampai 3 hari saja dan tidak diperbolehkan untuk program diet jangka panjang walaupun tubuh pelaku diet sangat sehat.
  • Proses pencernaan makanan dan metabolisme tubuh dapat terganggu karena hanya asupan air putih yang diterima oleh tubuh, khususnya jika dilakukan lebih dari 3 hari.
  • Bagi penderita penyakit diabetes, para lansia, serta ibu hamil dan menyusui bisa membahayakan tubuh jika melakukan diet hanya meminum air putih tanpa makan apapun.

Bahkan puasa pun dalam sehari ada waktu sahur dan buka di mana kita tetap perlu memenuhi tubuh dengan asupan makanan bernutrisi walaupun diantaranya adalah waktu untuk tidak minum sama sekali. Jika memang Anda perlu untuk menurunkan berat badan secara dadakan, Anda bisa coba melakukan diet ini, tapi pastikan kondisi tubuh sedang sehat dan diet pun tak dilakukan dalam jangka panjang.

Tips Diet Air Putih yang Lebih Sehat

Jika pun Anda ingin menurunkan berat badan dengan memperbanyak asupan air putih, bukan berarti Anda harus sama sekali tidak makan dan hanya minum air putih saja. Hanya dalam jangka waktu pendek, cara diet ini pasti akan membuat Anda menderita malnutrisi nantinya. Oleh karena itu, inilah beberapa tips diet air putih yang lebih baik diterapkan.

  • Tetaplah makan dengan asupan kalori 500-800 kalori supaya proses metabolisme tetap berjalan dengan baik.
  • Makanlah seperti biasa, sarapan, makan siang dan makan malam, namun dengan porsi yang sedikit saja dan diantara jam makan Anda bisa lebih banyak minum air putih. Jika normalnya 8 gelas per hari, Anda bisa melebihkannya supaya nafsu makan yang berlebihan bisa ditekan.
  • Minumlah air putih yang suhunya tidak dingin maupun tidak hangat karena justru air putih yang suhunya normal malah jauh lebih baik ketimbang air hangat yang diyakini bisa melunturkan lemak. Air putih bersuhu normal malah akan lebih gampang bagi tubuh menyerapnya sehingga proses diet bisa lebih maksimal.
  • Jika ingin menghindari nasi, maka tetaplah konsumsi buah dan sayur, serta kacang-kacangan dan biji-bijian supaya tubuh tetap memperoleh nutrisi untuk keberlangsungan metabolisme tubuh.
  • Sambil memperbanyak minum air putih, Anda bisa mengurangi asupan lemak, kalori, karbohidrat dan gula.
  • Diet air putih yang diimbangi asupan makanan cukup juga perlu disertai dengan olahraga rutin supaya tubuh jauh lebih bugar walaupun berat badan turun.

Minum air putih memang mampu mendukung kesehatan tubuh secara alami, apalagi kalau dikonsumsi banyak akan mencegah sembelit, mengatasi dehidrasi, serta menangani sakit kepala. Ada banyak keuntungan dari rutin dan banyak minum air putih jika dilakukan setiap hari bukan?

Tapi, diet air putih tanpa makan apapun termasuk diet yang terlalu berlebihan dan ekstrem bagi tubuh Anda hingga efeknya justru bisa malah merugikan. Oleh karena itu, hindari diet yang membahayakan tubuh, tapi pastikan Anda berdiet air putih sambil tetap makan dan membatasi porsi makan Anda.