Begini 18 Cara Mengencangkan Kulit Kendur Setelah Diet Berhasil

585

Sesudah diet berhasil dalam menurunkan berat badan, terkadang kulitlah yang masih menjadi masalah, apalagi kalau diet tidak diimbangi dengan olahraga yang rutin. Kulit kendur pun menjadi salah satu hasil dari diet yang sukses tanpa banyak olahraga. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara mengencangkan kulit kendur setelah diet yang sebaiknya Anda intip.

  1. Tidak Merokok

Pastikan bahwa setelah diet berhasil dan Anda mendapati kulit kendur, hindari aktivitas merokok. Merokok secara aktif maupun pasif mampu membuat kulit kering dan hal ini dapat berpengaruh pada elastisitas kulit. Ketika kulit sudah mengendur, maka Anda perlu menjaganya agar tak makin kehilangan elastisitas dengan cara menghindari asap rokok dan kegiatan merokok itu sendiri.

  1. Tidur

Jangan salah, tidur juga merupakan suatu aktivitas yang baik untuk mengencangkan kembali kulit mengendur akibat diet. Tidur adalah waktu di mana seluruh jaringan tubuh mengalami regenerasi, dan hal ini pun meliputi kesehatan kulit. Tidurlah secara berkualitas, yakni setidaknya 7-8 jam setiap hari; segera atasi insomnia bila Anda memilikinya.

  1. Menghindari Paparan Klorin

Klorin bersumber utama dari air laut di mana bentuknya adalah gas untuk suhu kamar, namun juga zat ini rata-rata terdapat di kolam renang. Jika kulit mengendur, Anda perlu menghindari aktivitas renang terlalu lama. Bukankah olahraga renang bisa mengencangkan lengan dan bagian tubuh lainnya?

Olahraga renang sendiri memang berguna dalam mengencangkan otot bagian atas maupun bawah tubuh secara efektif, namun di dalam air kolam renang terdapat zat klorin yang mampu mengikis elastisitas kulit Anda. Jika pun ingin renang, batasi waktunya agar tak terlalu lama dan imbangi dengan aktivitas lain pengencang kulit dan otot.

  1. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Untuk mengatasi masalah kulit kendur sesudah diet sukses, Anda bisa memastikan untuk tidak lupa menghidrasi tubuh. Setiap harinya, Anda bisa mengonsumsi 3 liter air putih yang tergolong sederhana namun perlu konsistensi. Cara ini bukan hanya menjadi cara mencegah dehidrasi, mendetoks tubuh, melainkan juga mampu menghaluskan serta mengencangkan kulit tubuh.

  1. Mengonsumsi Protein

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging ayam (bagian dada khususnya), ikan, ayam kalkun, dan kacang-kacangan adalah salah satu cara untuk menjaga berat badan sambil turut membantu kulit kendur lebih kencang. Anda bisa rutin memberi tubuh asupan protein yang cukup dan tidak secara berlebihan.

  1. Minum Susu

Susu adalah sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi dan juga tergolong makanan sehat untuk tulang dan sendi, oleh karena itu Anda perlu untuk meminum susu setiap hari untuk kulit lebih kencang. Jika khawatir terhadap kandungan lemaknya, maka susu rendah lemak bisa dijadikan pilihan.

  1. Makan Telur

Telur tak hanya termasuk dalam makanan berprotein tinggi, sebab pada dasarnya telur juga adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan berbagai macam vitamin. Untuk membuat kulit kendur sesudah diet kembali kencang, Anda dianjurkan mengonsumsi 1 butir telur 2 hari sekali.

  1. Makan Keju

Keju pun adalah produk olahan susu yang tak hanya kaya kalsium tapi juga kaya akan vitamin B12. Anda bisa mencoba mengonsumsi keju secara berkala dan pastikan pilihan keju bukanlah keju olahan yang menggunakan pewarna dan merupakan salah satu makanan yang mengandung sodium tinggi. Keju cottage biasanya jauh lebih disarankan untuk dikonsumsi.

  1. Mencukupi Kebutuhan Lemak dan Karbohidrat

Diet menjaga berat badan bukan lantas berarti Anda harus benar-benar menghindari lemak dan karbohidrat. Kedua nutrisi tersebut tetap diperlukan tubuh selain dari protein, mineral dan vitamin. Hanya saja, Anda perlu memilih sumber asupan karbohidrat dan lemak yang tepat, seperti kacang mete, selai kacang, beras merah dan oatmeal.

  1. Makan Sayur Mentah

Sayur mentah tidak semengerikan yang Anda kira, sebab sayur mentah seperti selada bisa Anda buat sebagai sandwich, jus atau bahkan salad bersama jenis sayur lain sesuai kesukaan Anda. Jika ingin, menambahkan ikan dan dada ayam pun diperbolehkan. Asalkan mencuci bersih sayuran dengan benar, maka mengonsumsi sayur mentah sangatlah aman.

  1. Mengonsumsi Buah

Untuk proses mengencangkan kulit kendur sesudah diet, makan buah apel, jeruk, mangga, semangka, kiwi, pepaya, pisang, anggur, dan buah berry adalah yang paling tepat. Bahkan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut setiap sehabis olahraga atau setiap pagi; Anda bisa memakannya langsung atau menjadikannya minuman jus.

  1. Mandi Air Garam Laut

Garam laut sebanyak 2 sendok makan yang dicampur bersama tanah liat putih 2 sendok makan lalu ditambah dengan sesendok makan yogurt dan juga minyak mint beberapa tetes merupakan sebuah ramuan scrub yang bisa Anda balurkan ke bagian kulit kendur. Atau, langsung saja mencampurkan garam laut secukupnya dengan air mandi hangat Anda dan berendamlah di sana dalam beberapa waktu.

  1. Latihan Kekuatan

Supaya kulit dan otot kencang sekaligus sehat, Anda perlu mulai mempertimbangkan melakukan latihan kekuatan paling tidak seminggu 3 kali secara rutin. Saat melakukan latihan kekuatan ini, Anda perlu menambah pula asupan kalori untuk tubuh bisa tetap berenergi.

  1. Menghindari Paparan Matahari

Paparan sinar matahari langsung ke kulit mampu membuat kulit yang sudah kendur makin mengalami penurunan elastisitas. Bahaya sinar ultraviolet memang sangat besar bagi kulit, oleh karena itu jika perlu Anda bisa berada di dalam ruangan saat cuaca panas, atau gunakan payung dan alat pelindung lainnya jika ingin berada di luar ruangan.

  1. Rajin Melembabkan Kulit

Menggunakan pelembab kulit herbal jauh lebih dianjurkan agar kulit bisa jauh lebih kencang, halus dan terehidrasi secara alami. Pelembab kulit alami yang dapat Anda gunakan antara lain adalah minyak zaitun, minyak kelapa atau bisa juga minyak almond. Selain kencang, tentu kulit akan lebih sehat dan bercahaya.

  1. Memperoleh Pijatan

Setelah berhasil diet, kulit kendur biasanya bisa dikencangkan kembali dengan mendapatkan pemijatan atau body massage setidaknya seminggu 2 kali. Anda bisa saja memanggil terapis pijat ke rumah atau jika tidak malas Anda dapat datang ke spa. Selain kulit kencang, tubuh akan jauh lebih rileks dan ini juga bisa dijadikan cara menghilangkan stres.

  1. Crunches, Air Biking dan Sit Up

Apabila masalah utama kulit kendur ada pada bagian perut ke bawah, maka olahraga seperti sit up, air biking (gerakan seperti sedang mengayuh sepeda sambil berbaring), dan crunches bisa Anda lakukan di rumah. Setiap harinya Anda bisa melakukan sekitar 15 menit per olahraga untuk hasil maksimal.

  1. Operasi

Ketika berbagai cara alami tak mudah membuahkan hasil bagi kulit yang kendur, maka solusi terakhir untuk ini adalah operasi. Liposuction adalah tindakan medis yang diperlukan, jadi jika memang tindakan ini satu-satunya pilihan terakhir, konsultasikan secara detil dengan dokter Anda sebelum memutuskan menjalaninya.

Walau telah menjalani operasi sekalipun sebagai cara mengencangkan kulit kendur setelah diet, saat Anda kembali mengalami kenaikan berat badan, tentu kulit bisa mengembang dan mengendur lagi. Itulah kenapa sangat penting untuk terus mengikuti tips diet sehat dan seimbang sekaligus rajin olahraga supaya kulit dan otot tetap kencang.