Home Featured 7 Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Alami Penuaan Dini

7 Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Alami Penuaan Dini

by Erlita

Para wanita tentunya menginginkan kulit yang cantik, segar, sehat dan kencang. Namun terkadang, masalah kulit kendur menjadi masalah yang harus dialami oleh banyak wanita di usia yang masih tergolong muda, yakni usia 30an. Agar dapat menghindari kulit kendur, ketahui dulu apa saja faktor yang dapat mampu menjadi penyebab kulit wajah kendur.

  1. Paparan Polusi

Sering beraktivitas di luar ruangan cukup berbahaya bagi kulit, sebab udara berpolusi mampu membuat risiko penuaan dini meningkat. Dan kulit mengendur adalah salah satu tanda penuaan dini yang perlu diwaspadai. Menjaga pola hidup benar sekaligus melindungi diri dari paparan polusi dengan memakai masker atau kacamata hitam sewaktu bepergian cukup dapat menolong.

  1. Stres

Stres bukan hanya merugikan kesehatan mental, pikiran dan jiwa kita lho, karena faktanya banyak orang yang kemudian fisiknya jadi rentan sakit, rambut mulai rontok dan bahkan kulit kusam dan kendur karena stres. Kenali penyebab stres dan hindarilah sekaligus ketahui cara mengelola emosi dengan baik agar tidak gampang stres.

  1. Paparan Sinar Matahari

Bahaya sinar matahari di siang hari tak dapat dipungkiri lagi, apalagi bahaya sinar ultravioletnya yang dapat memicu kerusakan sel-sel kulit. Jika kulit wajah mulai kendur, kusam, atau bahkan sampai iritasi, pastikan untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV melalui penggunaan tabir surya, topi, masker, hingga kacamata hitam.

  1. Penggunaan Produk Kecantikan yang Salah

Produk kecantikan apapun itu tak lepas dari bahan-bahan kimia walaupun mungkin setengahnya dapat dicampur dengan bahan alami. Masalahnya, ada beberapa jenis kulit yang baik-baik saja tapi ada pula yang tak bisa menerima bahan-bahan kimia tersebut sehingga bisa saja menyebabkan kekusaman, iritasi, hingga kulit kendur, seperti orang-orang dengan tanda kulit muka sensitif.

Produk kecantikan atau skincare yang dipakai dapat dipertimbangkan yang lebih alami saja, seperti halnya masker-masker yang terbuat dari bahan alami. Masker putih telur, masker bubuk teh, hingga masker buah jauh lebih aman lho sehingga sangat kecil risikonya menimbulkan masalah bagi kulit kita.

  1. Kebiasaan Merokok

Penyakit akibat merokok tak diragukan lagi bahayanya bagi kesehatan dan hal ini bisa juga memengaruhi kulit. Rokok mengandung zat racun yang mampu memicu kerusakan pembuluh darah sehingga proses peredaran dan penyerapan oksigen terhambat, termasuk aliran nutrisi ke dalam tubuh; inilah yang kemudian membuat kulit jadi tak bisa terawat dari dalam dan jaringannya jadi cepat rusak.

  1. Makanan Manis

Menyukai dan sering mengonsumsi makanan-makanan manis apalagi yang terlalu manis bukan hanya mampu memicu kenaikan kadar gula darah dan penyakit diabetes. Makanan terlalu manis pun jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang malah memunculkan gejala penuaan dini, semacam kulit kendur, kerutan serta garis halus.

  1. Gen

Faktor gen menjadi faktor yang bisa saja utama dalam terjadinya kekenduran kulit. Ketika gen berperan, maka inilah faktor penentu kapan dan kenapa kulit bisa kehilangan elastisitas di mana hal ini lalu ditandai dengan kulit kendur lalu di wajah juga muncul kerutan dan garis halus walau usia masih tergolong muda.

Apapun faktor penyebab kulit wajah kendur, hindarilah dengan rajin menghidrasi tubuh (minum banyak air putih), memenuhi kebutuhan protein, berolahraga rutin (termasuk senam wajah), memakai pelembab yang sesuai, menghindari kebiasaan mandi dengan air hangat, melindungi diri dari bahaya sinar matahari langsung, makan makanan bernutrisi dan juga mengonsumsi suplemen yang menyehatkan kulit. Dengan langkah-langkah ini, kita jadi bisa menjaga kulit wajah dengan lebih baik.

You may also like