Home Featured Kenali 6 Tanda Kulit Muka Sensitif Agar Berhati-hati Memilih Produk Kecantikan

Kenali 6 Tanda Kulit Muka Sensitif Agar Berhati-hati Memilih Produk Kecantikan

by Erlita

Ada beberapa wanita yang ingin mencoba produk-produk kecantikan baru atau produk perawatan kulit namun merasa khawatir kalau produk tersebut malah memicu masalah pada kulit. Kulit jadi bermasalah apabila kulit termasuk jenis sensitif. Untuk tahu apakah kita punya kulit sensitif atau tidak, ini lho beberapa tanda kulit muka sensitif agar bisa lebih hati-hati dalam memilih dan menggunakan produk skincare dan kosmetik.

  1. Kemerahan pada Kulit

Kulit yang bahkan tak terlalu sensitif mungkin mengalami kemerahan, hanya saja pada jenis kulit sensitif, kemerahan jauh lebih mudah timbul apalagi usai memakai produk-produk kecantikan yang kurang cocok. Biasanya jika tanda kemerahan di kulit muncul, itu tandanya kita perlu mulai mempertimbangkan penggunaan produk natural dan herbal.

  1. Kulit Perih dan Ada Sensasi Terbakar

Pada kulit sensitif, penggunaan tabir surya atau pelembab dan foundation kerap kali memicu rasa perih di kulit. Bahkan rasa perihnya bisa sampai menimbulkan efek sensasi seperti terbakar. Reaksi seperti ini datang karena bahan kimia dari produk yang dipakai, khususnya jika ada kandungan alkohol di dalam produk tersebut (umumnya dijumpai di produk krim anti-aging).

  1. Kulit Gatal

Sensitivitas tinggi pada kulit bisa ditandai pula dengan rasa gatal yang kerap muncul terutama pada penggunaan produk yang bertekstur terlalu kasar bagi kulit seperti scrub misalnya. Kulit gatal juga dapat disebabkan oleh pemakaian produk berbahan kimia tinggi dalam waktu jangka panjang. Namun saat gatal melanda, hindari menggaruknya agar masalah kulit tidak makin parah.

  1. Iritasi Hingga Infeksi Kulit

Kita seringkali tanpa sadar menggunakan produk-produk perawatan dan kecantikan kulit yang mengandung bahan kimia berlebih dalam waktu yang lama. Inilah yang membuat kulit mengalami iritasi dan bahkan lebih parahnya dapat mengalami infeksi.

  1. Beruntusan/Jerawatan

Kulit sensitif paling sering juga ditandai dengan jerawat atau justru beruntusan. Ini karena tingkat kelembaban yang rendah sekaligus produksi minyak yang tinggi sehingga menimbulkan beruntusan. Faktor inilah yang kemudian menjadi sebab timbulnya jerawat dan juga komedo. Untuk mengatasinya, pakailah produk pembersih wajah yang sesuai untuk kulit berjerawat dan memiliki tekstur krim.

  1. Muncul Ruam

Tanda kemerahan biasanya disertai dengan ruam pada kulit bertipe sensitif. Penggunaan krim atau gel untuk membersihkan wajah secara kurang bersih mampu menjadi faktor penyebab munculnya ruam dan memar. Untuk mengetahui apakah produk krim/gel ini cocok bagi kulit, lakukan tes uji coba d bawah lengan dulu ya, tunggu hasilnya seharian supaya tahu apakah membahayakan bagi kulit kita atau tidak.

Itu dia beberapa tanda kulit muka sensitif yang bisa kita kenali sehingga dapat lebih waspada terhadap produk-produk bagi wajah yang hendak digunakan. Pada dasarnya, kulit bisa terjaga kesehatannya ketika kita semakin sedikit memakai produk untuk kecantikan serta rajin membersihkan wajah memakai air bersih.

You may also like