Home Tips KesehatanKesehatan Kulit Apa Itu Purging? Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Purging? Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

by Putri Yohani Masnun

Apa Itu Purging? Purging merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukkan kulit yang mengalami bintik kemerahan karena memakai produk kecantikan atau skincare tertentu. Kondisi umum terjadi saat seseorang baru memakai sebuah produk, atau baru beralih dari produk yang satu ke produk lainnya. Purging terjadi karena reaksi zat kimia dalam produk kosmetik atau skincare yang sedang berupaya untuk menembus lapisan kulit terdalam demi melakukan pembersihan sekaligus perbaikan lapisan bawah kulit. Purging jelas berbeda dengan jerawat biasa atau breakout yang muncul karena ketidakcocokan terhadap produk perawatan kulit tertentu.

Lamanya Proses Purging

Purging muncul untuk membersihkan kulit dari sel kulit mati, minyak berlebih dan kotoran di permukaan kulit, dan sebagai reaksinya kulit akan menjadi berjerawat dalam jumlah yang banyak. Namun jangan khawatir jika Anda sedang mengalami purging, karena fase ini hanya terjadi sementara yaitu sekitar 2-4 minggu, dan akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus.

Tentunya reaksi pada setiap orang berbeda-beda, ada yang mengalami purging dalam waktu sangat singkat namun ada pula yang cukup lama. Jika purging tidak mereda setelah 4 minggu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kulit. Dokter akan memastikan apakah gejala yang dialami memang murni purging atau justru breakout yang menandakan Anda tidak cocok dengan produk yang Anda pakai, atau justru terdapat kandungan zat berbahaya yang sebaiknya dihindari.

Apa yang Harus Dilakukan Selama Purging?

Semestinya purging tidak memerlukan tindakan khusus karena pada dasarnya kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun, untuk menghindari berbagai dampak dari purging yang semakin parah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Cara berikut ini akan menghindari purging memburuk dan bisa segera reda.

  • Biasakan mencuci tangan sebelum memegang kulit wajah.
  • Hindari memegang atau memencet jerawat selama masa purging.
  • Hindari paparan asap rokok.
  • Kurangi atau bahkan hentikan sementara penggunaan scrub wajah.
  • Selalu menggunakan tabir surya ataupun pelembap jika akan keluar rumah.
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih untuk mencegah kulit kering.
  • Melakukan olahraga secara teratur.
  • Tidur yang cukup dan berkualitas.
  • Hindari menggunakan produk perawatan wajah campur-campur.

Terjadinya purging bukan berarti menandakan sebuah produk cocok di kulit kita, karena pada kenyataannya ada sebagian wanita yang sama sekali tidak mengalami masa purging saat mencoba produk baru atau baru beralih ke produk perawatan wajah yang lain. Jadi, tidak ada yang salah dengan proses purging, namun sangat penting untuk waspada jika purging terjadi terlalu lama.

Selama purging terjadi, cobalah untuk menghindari kebiasaan yang memicu jerawat agar purging tidak bertambah parah. Selain itu, jika muncul jerawat yang besar dan membuat wajah terasa tidak nyaman hingga menimbulkan bekas, Anda bisa mencoba masker bedak bayi hilangkan bekas jerawat sehingga wajah bisa kembali mulus.

You may also like