Home Featured Sering Dilakukan, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Memicu Jerawat

Sering Dilakukan, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Memicu Jerawat

by Lia Yuliana

Jerawat adalah kondisi yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel – sel yang mati. Bagi para wanita, jerawat adalah salah satu musuh yang sangat tidak disukai. Salah satu penyebab jerawat adalah dari segi hormonal seperti siklus bulanan, konsumsi pil KB dan stres.

Banyak hal akan dilakukan asalkan terbebas dari jerawat. Tapi siapa sangka kebiasaan kecil yang sering kita lakukan juga dapat memicu munculnya jerawat di wajah. Apa saja ya? Mari kita simak ulasan lengkapnya.

1. Memakai body lotion pada tangan sebelum tidur

Memakai body lotion memang bermanfaat bagi kulit karena dapat menjaga kulit tetap halus dan kencang dan menjadi obat penghilang daki paling ampuh. Selain itu bau dari body lotion yang wangi dapat menambah kepercayaan diri dan kenyamanan. Ada banyak orang yang menggunakan body lotion sebelum tidur. Sayangnya penggunaan body lotion sebelum tidur adalah salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah.

Hal ini terjadi apabila tangan yang diberi body lotion menempel pada wajah saat tertidur. Kandungan parfum pada body lotion dapat memicu munculnya jerawat. Jadi untuk kalian yang suka tidur dengan tangan menempel di wajah sebaiknya hindari mengoleskan body lotion sebelum tidur ya.

2. Sarung bantal kotor

Selain dari segi kebersihan, salah satu faktor yang membuat tempat tidur sedap dipandang adalah menggunakan sprei dan sarung bantal dengan motif atau gambar yang kita sukai. Tapi jangan lupa untuk rutin mengganti sprei dan sarung bantal paling tidak 2 minggu sekali agar kotoran atau bahaya tungau tidak sampai menumpuk.

Sprei dan sarung bantal yang lama tidak diganti dapat menjadi sarang kotoran, bakteri, debu dan minyak. Kotoran tersebut dapat menempel pada wajah dan menyumbat pori – pori sehingga memicu munculnya jerawat. Sprei dan sarung bantal yang bersih tentu akan menambah kenikmatan istirahat dan pastinya lebih sehat untuk tubuh.

3. Makan di kasur atau makan sebelum tidur

Makan di atas kasur sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kasur kotor dengan sisa makanan yang terjatuh. Selain itu juga dapat mengundang semut ikut menjelajah kasur untuk memunguti sisa makanan.

Hal ini tentu saja sangat tidak disukai. Tapi ada juga akibat buruk lain karena remahan makanan di kasur, yaitu jerawat. Remahan makanan di kasur dapat menempel pada wajah dan menyumbat pori – pori sehingga membuat jerawat kembali muncul di wajah mulus kita.

Makan sebelum tidur pun dapat mengakibatkan jerawat, jika setelah makan, wajah dan terutama area sekitar mulut tidak dibersihkan dengan baik. Sisa makanan bisa menempel pada bantal yang kemudian menyumbat pori – pori wajah dan mengakibatkan jerawat. Karena itu pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di wajah setelah makan.

Apalagi ketika kamu makan ditempat tidur akan memicu kamu untuk segera tidur setelah makan, padahal kita ketahui bersama bahwa bahaya tidur setelah makan sangat berbahaya dan harus segera dihindari.

4. Tidur dengan rambut kotor

Aktivitas sehari – hari dapat membuat rambut kotor. Apalagi jika cuaca panas dan membuat kita berkeringat. Adanya keringat dapat membuat kotoran mudah menempel pada rambut. Jika rambut tidak dibersihkan dengan benar dan kemudian mengenai wajah saat tidur, maka jerawat pasti akan muncul lagi. Untuk mencegah kembalinya jerawat bisa dilakukan dengan rutin membersihkan rambut atau mengikat rambut saat tidur.

Itulah beberapa kebiasaan yang tidak disadari dapat memicu munculnya jerawat di wajah. Agar jerawat enggan muncul lagi, sebaiknya bersihkan wajah secara teratur dan dengan cara yang benar. Selain itu perbanyak juga minum air putih dan makan makanan yang sehat. Wajah bebas jerawat, kecantikan pun semakin terpancar.

You may also like