Home Diet & FitnessBerat Badan Badan Menggemuk Efek Stop Merokok? Ini 6 Cara Mencegahnya

Badan Menggemuk Efek Stop Merokok? Ini 6 Cara Mencegahnya

by Erlita

Memang tak gampang untuk benar-benar total dalam berhenti merokok, tapi sebenarnya banyak pula yang berhasil melakukannya. Namun sebagai efek samping dari berhenti merokok, beberapa mudah memiliki badan yang menggemuk, alias kenaikan berat badan. Naiknya berat badan adalah efek dari turunnya kadar nikotin dalam tubuh sekaligus meningkatkan selera makan, jadi bagaimana cara mencegah gemuknya badan usai berhenti merokok?

  1. Tidak Diet Terlalu Ketat

Usai berhasil berhenti merokok, sebaiknya tak lakukan diet yang ketat-ketat. Saat berdiet, rasa lapar mudah datang bukan? Inilah yang akan memicu kembalinya keinginan untuk merokok semakin besar sebagai ganti dari mengurangi makan. Selama mencoba berhenti merokok, jangan sampai melewatkan makan pagi, siang ataupun malam; makanlah seperti biasa dan tak berlebihan.

  1. Mengemil yang Sehat-sehat

Akibat berhenti merokok secara tiba-tiba akan membuat Anda seperti ingin makan atau ngemil apa saja, dan yang perlu diperhatikan adalah ngemil-lah yang sehat. Hindari makan makanan manis karena bahaya makan manislah yang bisa memicu obesitas.

Hindari permen, kue, hingga jus buah yang bergula tinggi (khususnya jus buah kemasan) dan minuman bersoda. Daripada jus buah kemasan, lebih baik konsumsi jus buah segar yang tak ditambah banyak gula atau makan saja buah segarnya langsung. Kandungan serat tingginya pun siap memperlancar sistem pencernaan.

  1. Sering Berolahraga

Selain bisa menjadi pengalih perhatian dari keinginan merokok yang besar, rutin dan sering berolahraga jelas akan membantu supaya berat badan tetap stabil dan tak gampang naik. Pilih aktivitas fisik yang Anda suka sebagai cara menghindari rokok sekaligus menghindari kenaikan berat badan karena berhenti merokok.

  1. Memakai Uang Rokok Untuk Beli Jajanan Sehat

Kalau sebelumnya Anda begitu boros dengan rokok, tak ada salahnya kini uang rokok digunakan untuk membeli jajanan yang sehat-sehat. Jika uang rokok dipakai untuk membeli makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi, yang ada tentu saja berat badan langsung naik drastis. Oleh sebab itu, belilah makanan-makanan yang sudah pasti enak tapi tak bikin gemuk saja.

  1. Banyak Minum Air Putih

Saat berhenti merokok, keinginan merokok cukup tinggi di mana sebagai pengalihan banyak orang kemudian makan lebih banyak dan sering. Daripada demikian, asuplah air putih lebih banyak supaya tubuh lebih tenang, segar dan terdetoksifikasi secara alami yang artinya nikotin akan terhapus dari tubuh. Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah tubuh terhindar dari yang namanya dehidrasi lho.

  1. Menjaga Pikiran dan Sudut Pandang Tetap Positif

Kalau membandingkan berat badan yang sedikit bertambah dengan efek bahaya merokok bagi kesehatan dalam jangka panjang di masa mendatang, tentu hal ini tak ada apa-apanya bukan? Ingatlah bahwa tak masalah kalau usai berhenti merokok berat badan sedikit naik, sebab selalu ada cara membakar lemak dan kalori yang bisa diterapkan kapan saja.

Apabila fokus Anda adalah menjadi sehat, gemuk sedikit usai berhenti merokok tak masalah, asalkan Anda tak kemudian membiarkan pola makan sembarangan terus berlanjut. Yang perlu dihindari pada dasarnya adalah makan secara berlebihan; jika sudah bisa mengendalikannya dengan baik, berat badan pasti normal dan stabil lagi kok.

You may also like