Home Diet & FitnessBerat Badan 5 Kebiasaan di Pagi Hari untuk Menurunkan Berat Badan

5 Kebiasaan di Pagi Hari untuk Menurunkan Berat Badan

by Tri Astuti

Tahukah Anda bahwa cara menurunkan berat badan bisa dilakukan sejak pagi hari? Banyak orang yang sedang mencoba diet untuk mencapai berat badan tertentu dan mereka melakukan usaha ini sepanjang hari. Akibatnya tubuh merasa tersiksa dan rasa sakit yang membuat mental ingin menyerah saja dari usaha untuk diet. Langkah diet sepanjang hari memang kurang tepat, karena yang terpenting adalah apa yang Anda lakukan di pagi hari, mulai bangun tidur. Berikut ini beberapa kebiasaan di pagi hari untuk menurunkan berat badan.

  1. Sarapan dengan Sumber Protein

Sarapan atau makan pagi memiliki peran yang sangat besar untuk menurunkan berat badan. Tapi jangan sampai mengonsumsi karbohidrat untuk menu sarapan, karena ini menjadi kebiasaan buruk untuk tubuh. Mungkin Anda berpikir jika karbohidrat bisa membuat perut kenyang sepanjang hari. Jadi langkah yang paling tepat adalah penuhi kebutuhan protein sejak pagi hari.

Protein yang membutuhkan waktu cerna yang lebih lambat sehingga bisa menahan lapar sepanjang pagi sampai siang. Kemudian juga bisa mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan. Beberapa sumber protein yang disarankan seperti telur, yogurt, susu, mentega kacang dan daging kalkun tanpa lemak.

  1. Minum Secangkir Kopi

Banyak orang yang sedang diet berusaha untuk meninggalkan kopi di pagi hari. Namun mereka menjadi tidak nyaman karena protein penting untuk menjaga adrenalin. Jadi dalam diet yang disarankan ini tetap boleh minum kopi di pagi hari. Cukup satu cangkir kopi hitam tanpa gula atau susu yang akan membantu membakar kalori lebih cepat. Jadi jangan sampai membuat kopi dengan banyak gula dan susu berlemak di pagi hari.

  1. Gerakan Cepat di Pagi Hari

Biasanya orang yang sedang diet juga banyak melakukan olahraga pada malam hari sehingga mereka tidak perlu repot di pagi hari. Tapi ternyata itu memberi efek yang kurang baik untuk tubuh. Jika Anda ingin membakar kalori lebih cepat maka cobalah untuk membuat tubuh banyak bergerak di pagi hari. Beberapa rutinitas seperti senam aerobik, lari dan jalan pagi sudah cukup membantu mengendalikan berat badan.

  1. Bersihkan Rumah Tanpa Elektronik

Jika Anda tidak sempat melakukan olahraga maka cobalah untuk membersihkan rumah dengan tubuh Anda dan kurangi penggunaan alat elektronik. Langkah ini lebih baik untuk membuat tubuh bergerak lebih banyak tapi rumah juga bersih dan lebih sehat. Gerakan aktif di pagi hari juga sangat penting untuk merubah hormon leptin dan ghrelin sehingga memperpanjang rasa kenyang.

  1. Timbang Berat Badan

Menimbang berat badan mungkin terasa menakutkan untuk siapa saja yang sedang diet. Tapi usaha ini sangat penting untuk menjaga agar berat badan tetap terkendali. Mengetahui berat badan juga akan membantu Anda mencapai tujuan diet. Namun ketika tahu berat badan naik atau belum turun maka cobalah untuk bersikap tenang agar tidak depresi. Ketika Anda tahu berat badan yang sebenarnya setiap pagi, maka Anda juga bisa menguatkan niat untuk menjaga berat badan di sepanjang hari.

Inilah beberapa kebiasaan di pagi hari untuk menurunkan berat badan. Keberhasilan untuk menurunkan berat badan juga sangat tergantung dengan pola makan dan gaya hidup. Karena itu pertimbangkan kondisi itu juga saat siang sampai menjelang tidur di malam hari.

You may also like