Sponsors Link
     Sponsors Link

17 Cara Mengobati Mata Lelah Paling Alami

ads

Mata yang digunakan terlalu keras tentu akan begitu mudah lelah, khususnya bila Anda mempunyai segudang pekerjaan yang harus dikerjakan sampai harus begadang. Bermain game, menggunakan gadget, dan menonton TV terlalu lama dan berlebihan walau untuk hiburan pun bisa berdampak buruk bagi mata. Gejala mata lelah dapat terjadi ketika Anda kurang tidur juga. Berikut bisa Anda coba beberapa cara mengobati mata lelah secara alami.

(Baca juga: penyebab mata berkedip cepat – efek tidak tidur 3 hari)

1. Memberi Pijatan pada Wajah

Memberikan pijatan merupakan salah satu cara untuk merilekskan area wajah dan juga bagian mata yang lelah. Pijatlah wajah secara perlahan dan lembut, namun awalnya Anda harus menyiapkan sebuah handuk kecil yang sudah direndam di dalam air hangat. Handuk hangat ini bisa diusapkan ke leher, dahi dan pipi lalu pijat-pijatlah wajah Anda secara perlahan (tapi tidak boleh mengenai area mata). Mata yang lelah dapat disebabkan oleh ketegangan dan untuk merilekskannya kembali, cara ini cukup efektif.

2. Menggunakan Air Mawar

Air mawar memiliki banyak manfaat dan apapun yang menjadi penyebab mata sayu dan lelah, cobalah menggunakan bahan alami ini untuk mengobatinya. Karena memiliki sifat penenang alami, maka air mawar banyak dimanfaatkan. Bahkan selain itu, khasiatnya sangat bagus dalam membuat area kulit mata teremajakan.

Mata yang tak hanya lelah tapi juga mengalami pembengkakan serta memiliki lingkaran hitam juga bisa diatasi dengan bahan ini. Percikan air dingin secukupnya ke area mata dan keringkan, lalu celup 2 buah kapas ke air mawar. Berbaringlah dan tutup mata Anda sebelum menempatkan kapas basah tadi ke mata. Perawatan semacam ini bisa dilakukan setiap hari di mana seharinya lebih baik 2 kali penggunaan.

(Baca juga: gejala mata minus)

3. Memakai Susu Murni

Susu tak hanya bisa dikonsumsi demi memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh saja, tapi susu murni juga mampu membantu mengatasi mata lelah dan sayu. Kandungan lemak pada susu murni rupanya adalah yang paling berkhasiat dalam menenangkan dan merilekskan mata. Risiko iritasi mata juga bisa berkurang karena bahan ini.

Untuk mengobati mata lelah, silakan siapkan susu murni dingin dan celupkan kapas ke dalamnya, lalu usap-usapkan pada sekitar mata, termasuk juga kelopak mata saat Anda memejamkan mata. Diamkan selama beberapa menit dan cobalah untuk merilekskan diri. Cara ini sangat ampuh dan bisa dilakukan sehari sekali setiap hari secara rutin.

4. Memanfaatkan Mentimun

Dapatkan khasiat timun untuk kesehatan, termasuk juga untuk kesehatan mata Anda yang super lelah dan terlalu sering digunakan bekerja. Irisan mentimun bisa menjadi solusi yang terbaik bagi mata Anda yang lelah dan juga membengkak. Karena adanya agen astringent di dalamnya, maka mentimun mampu merilekskan otot-otot mata yang tegang.

Sediakan mentimun dengan ukuran sedang dan simpanlah lebih dulu di dalam lemari es selama kurang lebih 20-30 menit. Ketika hendak memakainya, keluarkan dari kulkas dan irislah tebal-tebal, lalu pejamkan mata dan taruhlah irisannya di atas mata Anda. Sehari Anda bisa melakukan cara ini 1-2 kali demi memperoleh hasil maksimal.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit mata)

5. Menggunakan Teh Kamomil

Kantong teh kamomil adalah yang juga paling efektif untuk mengatasi masalah mata yang kelelahan dan super tegang. Sifat alami untuk menenangkan dan merilekskan otot mata dengan sangat baik sehingga tak perlu khawatir lagi akan stres yang terjadi pada area mata. Awali dengan menyeduh lebih dulu 2 kantong teh kamomil dalam secangkir air hangat selama 5 menit.

Setelah itu, Anda bisa mengambil kantong tehnya dan simpan satu di dalam lemari es sementara yang satunya lagi selagi masih hangat bisa dikompreskan langsung ke area mata selama 5 menit. Setelah proses kompres hangat, kompres dingin dengan menggunakan kantong teh dari lemari es dengan waktu yang sama.

sponsored links

6. Istirahat dengan Cukup

Kurang tidur dapat menjadi alasan mengapa mata terasa begitu lelah, apalagi bagi yang senang bepergian atau bekerja sampai subuh. Kebiasaan tersebut tidaklah baik untuk kesehatan mata maupun seluruh tubuh. Maka hindarilah kegiatan begadang dan ambil waktu untuk istirahat saja.

Untuk kegiatan esok hari, Anda memerlukan energi dan energi bisa kembali ada di dalam tubuh ketika Anda mendapatkan tidur yang cukup. Kurangnya tidur ditambah dengan kerap menonton televisi serta menggunakan komputer mampu memperburuk kondisi mata yang tegang dan lelah. Mulai sekarang, cobalah untuk menjaga kesehatan mata dengan tidur 8-9 jam sehari.

(Baca juga: akibat kurang tidur malam)

7. Memakai Kentang

Kentang adalah alternatif dari mentimun untuk mengobati mata Anda yang terasa lelah, sayu dan bahkan membengkak. Penuh dengan karbohidrat, biasanya kentang menjadi pengganti nasi dalam sebuah program diet, namun kini kentang bisa digunakan untuk merawat mata. Dinginkan sebuah kentang di dalam lemari es, lalu parutlah setelah dikeluarkan.

Parutan kentang tersebut bisa Anda bungkus dengan menggunakan kain tipis bersih, kemudian pakailah untuk mengompres kelopak mata Anda yang lelah. Selama beberapa hari, cobalah untuk menggunakan cara ini karena efeknya sangat bagus. Mata yang bengkak dan lelah bakal kembali bercahaya dengan bantuan efek alami dari kentang ini.

8. Memanfaatkan Putih Telur

Putih telur dikenal baik untuk merawat kulit karena efeknya yang bisa mencerahkan, mengencangkan sekaligus menghilangkan komedo secara sempurna. Namun tak hanya itu, putih telur juga bisa Anda gunakan sebagai obat bagi mata yang lelah. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan menyiapkan putih telur lebih dulu.

Anda bisa mengocoknya lebih dulu, tapi ini opsional; larutan putih telur kemudian bisa dioles merata pada bagian kelopak serta bawah mata. Biarkanlah selama kurang lebih 15 menit dan setelah itu bisa Anda lanjutkan dengan membasuhnya menggunakan air dingin. Kulit area mata tak hanya bisa lebih rileks dan segar, tapi juga akan terasa lebih kencang.

(Baca juga: bahaya tidak tidur di malam hari)

9. Menggunakan Lidah Buaya

Seperti kita tahu, lidah buaya merupakan tanaman dengan segudang manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali bagi kesehatan mata. Khasiat lidah buaya untuk kulit mungkin sudah tidak perlu diragukan lagi dan kali ini untuk mata yang lelah berikut kulit area mata bakal kelihatan segar bila diobati dengan bahan alami ini.

Caranya sangat mudah untuk menggunakannya karena Anda cukup memanfaatkan ekstrak lidah buaya dari gelnya . Campurkan ekstrak gel lidah buaya dengan sedikit air dingin, lalu siapkan kapas yang dicelupkan ke dalamnya. Kapas tersebut kemudian bisa Anda gunakan untuk mengompres atas mata Anda yang dalam kondisi terpejam.

10. Memakai Daun Ketumbar

Daun ketumbar merupakan bahan yang juga efektif digunakan untuk mengobati mata lelah. Anda bisa memakainya dengan cara menghancurkannya lebih dulu dan sari-sarinyalah yang diambil. Manfaatkan sari-sarinya sebagai obat tetes mata untuk kembali menyegarkan mata yang lelah. Perawatan ini bisa dilakukan sehari 2 kali; manfaatnya juga bisa mengobati mata pedih serta gatal.

11. Irisan Lemon

Jeruk lemon memang diketahui menjadi bahan alami yang sering digunakan untuk memutihkan kulit, tapi ternyata lemon juga sangat baik untuk mengobati mata yang lelah dan tegang. Mudah sekali, caranya cukup dengan mengiris sebuah jeruk lemon, dan irisannya Anda pakai untuk diusap-usapkan lembut pada area sekeliling mata.

Hanya saja, pada penggunaannya Anda harus lebih hati-hati supaya air lemon tidak masuk ke mata. Akan sangat pedih nantinya jika air sampai masuk ke mata, maka sebaiknya Anda pejamkan mata rapat-rapat, lalu oles perlahan di area mata dengan merata. Bila cocok, lakukan perawatan ini secara rutin.

(Baca juga: penyakit akibat kurang tidur)

12. Kompres dengan Es

Es batu adalah bahan paling sederhana yang bisa digunakan untuk mengobati mata lelah. Caranya pun tergolong simpel karena Anda cukup menyediakan beberapa potong es batu yang kemudian dibungkus dengan handuk tipis. Kompreskan saja langsung ke area mata, terutama bagian bawah mata. Atau, gosokkan es batu pelan-pelan ke area mata dan rasa dinginnya akan menyegarkan serta merilekskan mata yang tegang dan lelah.

Sponsors Link

13. Kompres Hangat

Selain kompres dingin menggunakan es batu, kompres hangat juga bisa menjadi pilihan yang tepat, yakni dengan cara mencelupkan lebih dulu handuk tipis ke dalam air hangat. Peras lebih dulu sebelum Anda berbaring dan menempelkan handuk tadi ke atas kelopak mata yang terpejam. Tempelkanlah handuk hangat selama 1-2 menit dan ulangi prosesnya sekitar 4 kali berturut-turut; lakukan cara ini setiap hari di mana dalam sehari Anda bisa melakukan 1-2 kali.

14. Menggunakan Potongan Alpukat

Ada banyak jenis buah yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, termasuk juga alpukat. Mata lelah dapat diredakan cukup dengan mengiris buah alpukat di mana potongan atau irisannya dapat Anda kompreskan ke area bawah mata secara langsung. Pastikan bahwa buah yang Anda pakai adalah buah alpukat matang.

(Baca juga: bahaya akibat tidur larut malam bagi kesehatan)

15. Memakai Stroberi

Satu lagi buah yang lezat dan bisa bermanfaat menyegarkan kembali mata lelah, yakni stroberi. Untuk penggunaannya, Anda bisa secara sederhana menumbuknya atau ambil sari-sarinya saja yang kemudian dioleskan ke area sekeliling mata. Diamkan selama 15-20 menit supaya sarinya terserap ke dalam kulit. Alangkah lebih dianjurkan kalau stroberi bisa disimpan lebih dulu di dalam lemari es agar ada efek dingin yang dirasakan saat menggunakan.

16. Menggunakan Sendok Dingin

Alat makan seperti sendok ternyata sangat berguna untuk mengobati mata lelah. Caranya adalah dengan memasukkan lebih dulu sendok ke dalam lemari es selama beberapa waku, dan sesudah dingin bisa Anda keluarkan. Sendok kemudian dapat ditaruh pada mata yang terpejam; cara ini begitu ampuh dan banyak digunakan ketika mata sedang begitu lelah.

17. Mencuci Mata

Pada konteks ini tentunya mencuci mata bukanlah melihat-lihat, melainkan lebih kepada seberapa sering Anda membersihkan atau membilas mata. Untuk menyegarkan mata yang lelah, cobalah untuk membilas wajah atau mata menggunakan air dingin beberapa kali dalam sehari. Percaya atau tidak, cara ini mampu membuat mata lebih rileks dan ketegangan pun bakal berkurang.

(Baca juga: ciri-ciri kurang tidur yang cukup – akibat begadang malam terus-menerus bagi kesehatan)

Demikianlah daftar 17 cara mengobati mata lelah paling oke dan terbukti mujarab. Karena sebagian cara lebih memanfaatkan bahan-bahan alami, tentunya Anda tak perlu khawatir akan efek sampingnya. Kecuali pada bahan lemon, waspadai air bisa masuk ke mata dan menjadikan mata perih.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 05th, December 2016 / 18:17 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mata