Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Penyebab Mulut Pahit Paling Umum

ads

Seseorang yang sedang sakit biasanya otomatis akan merasakan rasa pahit di mulutnya dan inilah yang menyebabkan tak selera makan. Kesembuhan seseorang ketika sakit akan melambat ketika mulut pahit dan tak nafsu makan. Untuk mengetahui potensi penyebab mulut pahit, ada sederet faktor yang bisa Anda lihat di bawah ini supaya dapat menanganinya secara tepat.

(Baca juga: penyebab ulser pada rongga mulut)

1. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin sangat penting untuk tubuh, termasuk juga vitamin B kompleks di mana salah satunya adalah vitamin B12. Untuk kesehatan mulut dan gigi Anda, nutrisi yang tepat sangat Anda butuhkan, tak terkecuali vitamin B12 yang bakal mampu menjaga kesehatan mulut dengan baik. Rasa pahit pada mulut juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral. Demi meningkatkan asupan vitamin B12, makanan yang mengandung vitamin B12 sebaiknya mulai Anda konsumsi setiap hari.

2. Kekurangan Zinc

Selain dari vitamin B12, zinc juga adalah nutrisi yang sama sekali tak boleh terlewat untuk tubuh Anda. Supaya kinerja tubuh dapat optimal dan mulut tak menjadi pahit, silakan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc tinggi. Mulut terkadang bisa terasa pahit karena Anda kekurangan nutrisi yang sebetulnya amat penting untuk tubuh, seperti vitamin B12 dan juga zinc ini.

(Baca juga: penyebab mulut terbuka saat tidur)

3. Kebersihan Mulut Kurang Terjaga

Selain menjaga kebersihan tubuh, kebersihan mulut pun sangat penting karena terkadang kebersihan yang kurang terjaga akan menimbulkan bau mulut serta penyakit mulut lainnya. Bahkan penyebab sering sariawan pada mulut pun bisa saja terjadi akibat dari mulut yang kurang bersih. Mulut yang terasa pahit dan kering bisa saja disebabkan oleh adanya banyak kuman dan bakteri di dalam mulut.

Bila Anda ingin mengatasi sekaligus mencegah mulut pahit, Anda bisa secara rajin menggosok gigi maupun juga membersihkan mulut dengan obat kumur. Ingat bahwa sumber atau asal-muasal dari gigi berlubang adalah kesehatan dan kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik. Jadi, pastikan bahwa Anda menggosok gigi secara rajin, yakni paling tidak 2-3 kali dalam sehari.

4. Lidah Kotor

Lidah yang kotor juga mampu menjadi penyebab dari mulut yang terasa pahit, apalagi ketika gigi sudah disikat dengan benar. Sangat penting bahwa tak hanya bagian mulut dan gigi saja yang dibersihkan, melainkan juga bagian lidah yang perlu Anda sikat. Mulut yang pahit biasanya berasal dari lidah yang tak terjaga dengan baik kebersihannya.

Kebanyakan dari kita bisa saja sering lupa untuk membersihkan bagian lidah karena berpikir bahwa yang paling penting adalah gigi serta gusi. Ingat bahwa elemen utama untuk mengecap makanan serta minuman adalah lidah. Pembentukan dan penumpukan kotoran bisa terjadi pada lidah dengan tanda warna putih di lapisannya. Inilah yang menyebabkan mulut tak nyaman dan pahit.

(Baca juga: penyebab bibir atau mulut bengkak tiba-tiba)

5. Minum Kopi

Banyak orang yang menggemari minuman ini meski kenyataannya, kopi dapat menyebabkan mulut terasa pahit sesudahnya. Selain menjadi pemicu dari tekanan darah tinggi, bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan apabila tak dapat membatasinya dengan benar. Walaupun kopi merupakan sumber tenaga, kopi juga berisiko bagi kesehatan.

Rasa pahit otomatis akan muncul seusia Anda menenggak habis kopi dan untuk menghindari kondisi mulut yang bertambah pahit dan tak nyaman, dianjurkan minum air putih lebih dulu sebelum menyantap makanan Anda. Bila tidak, mulut dipastikan akan terasa lebih pahit sehingga Anda tak akan berselera makan sama sekali.

sponsored links

6. Asam Lambung Kambuh

Mulut yang pahit ternyata juga bisa berasal dari lambung Anda yang sedang bermasalah, seperti asam lambung yang kambuh. Alasan mengapa asam lambung dapat menjadi faktor pemicu mulut pahit adalah karena adanya kondisi reflux yang naik sampai ke kerongkongan serta tenggorokan. Mulut pun terkena imbasnya, yakni menjadi pahit dan bau.

Akan ada sensasi panas serta rasa mual yang akan dirasakan penderita mulut pahit di mana naiknya asam lambung adalah penyebabnya. Selain bau mulut, mual serta mulut pahit, nafas pun dipastikan tidak sesegar biasanya. Bahkan menggosok gigi secara lebih sering pun biasanya tak bertahan lama dan mulut akan bau serta pahit kembali.

(Baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan vitamin c)

7. Kelebihan Vitamin C

Seperti yang semua orang sudah tahu betul, vitamin C adalah sumber nutrisi penting bagi tubuh karena mampu menjaga daya tahan tubuh tetap baik dan stabil. Bahkan vitamin C jugalah yang menjadi pencegah infeksi dan penyembuh bila sariawan datang mengganggu kesehatan mulut kita.

Hanya saja, mulut yang terasa pahit ternyata juga dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya mengonsumsi vitamin C. Segala sesuatu yang kiranya berlebihan tak akan baik, begitu pula mengonsumsi vitamin, termasuk segala sumber makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi. Yang paling benar, dosis yang dibutuhkan Anda adalah 1000 mg dalam sehari, jadi sebaiknya tidak lebih dari itu.

8. Hormon Tidak Seimbang

Hormon yang tidak pada kadar yang seimbang ternyata bisa juga menjadi faktor utama penyebab mulut terasa pahit. Turunnya kadar estrogen di dalam tubuh adalah salah satu faktornya di mana ini akan terjadi pada wanita selama dalam siklus datang bulan. Para wanita hamil pun kerap juga mengalami penurunan estrogen ini sehingga mampu memicu rasa mulut yang berubah menjadi pahit.

9. Obat-obatan Tertentu

Mulut yang terasa pahit pasti selalu ada sebabnya dan penyebab tersebut dapat bermacam-macam, seperti misalnya konsumsi obat-obatan tertentu. Tak semua obat kemudian dapat menyebabkan mulut pahit dikarenakan rasa obat yang rata-rata pahit. Ada jenis-jenis obat tertentu yang perlu Anda waspadai seperti:

  • Obat diabetes (metformin).
  • Obat tiroid (propylthioracil).
  • Obat antikanker (carboplatin).
  • Obat tekanan darah dan jantung (propafenone).
  • Antibiotik (klaritromisin).
  • Obat arthritis (natrium thiomalate).
  • Obat glaukoma (methazolamide).
  • Obat tidur (eszopiclone).
  • Obat osteoporosis (suplemen vitamin D).
  • Obat mulas (dexlansoprazole).

(Baca juga: penyebab gigi berlubang)

10. Air Liur yang Kurang

Mulut serta lidah berpotensi menjadi pahit dikarenakan adanya air liur yang kurang. Padahal seperti yang kita tahu, air liur merupakan elemen penting yang membuat mulut dan lidah berfungsi maksimal. Kekurangan air liur ini secara otomatis memengaruhi kinerja pengecapan makanan, ditambah juga membuat mulut terasa pahit.

Sponsors Link

11. Merokok

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bahaya merokok bagi kesehatan tubuh sangat mematikan cukup banyak dan mengancam jiwa, namun masih banyak yang melakukan kebiasaan satu ini secara sering. Jangan heran bila mulut terasa pahit, apalagi kalau Anda adalah seorang perokok aktif. Rokok memiliki kandungan nikotin serta tar dan juga bahan kimia lainnya pada setiap batangnya.

Kandungan-kandungan kimia berbahaya itulah yang mampu menjadi pemicu mulut pahit. Tak hanya mulut saja yang bisa menjadi pahit, gusi atau gigi pun dapat berubah warna menjadi hitam, ditambah juga dnegan gigi yang awalnya mulai menguning. Mulut akan terasa pahit setiap kali bangun tidur bagi setiap perokok.

(Baca juga: makanan penyebab sariawan)

12. Inhalasi Zat Tertentu

Selain merokok mungkin Anda juga terlalu sering menghirup zat kimia lain di lingkungan Anda. Mungkin Anda sudah terbiasa dengan aroma dan baunya sehingga tak menemukan masalah yang berarti. Namun ternyata efek dari bahan kimia lingkungan yang Anda hirup dari hari ke hari lama-kelamaan bakal memicu rasa logam pada lidah dan mulut Anda, termasuk seperti debu karet dan bensin.

13. Penyakit Tertentu

Seperti yang sudah disebutkan di awal, seseorang yang sakit akan mengalami yang namanya mulut pahit. Hanya saja, ada penyakit atau kondisi medis tertentu yang secara jelas memicu hal tersebut, seperti flu, demam berdarah, tifus, penyakit kuning atau penyakit liver, kanker, diabetes, hingga penyakit ginjal. Seseorang dengan penyakit-penyakit tersebut akan sulit dalam mengubah rasa di bagian mulut sehingga akan terus merasa tak nyaman dan pahit.

(Baca juga: penyebab mulut terasa pahit)

Itulah berbagai penyebab mulut pahit yang sebaiknya Anda kenali dengan baik agar nantinya bisa menanganinya secara tepat. Ketika mulut pahit ini berlangsung terlalu lama, silakan Anda menemui dokter supaya mendapat diagnosa yang tepat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 08:16 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mulut