Sponsors Link

13 Gejala Polio Secara Umum

ads

Polio merupakan sebuah penyakit dimana penyakit itu menyerang syaraf. Jika pada kondisi tersebut tidak segera diobati maka dapat menyebabkan gangguan pada setiap syaraf yang ada di dalam tubuh. Keadaan parah dari virus yang menyebabkan polio ni dapat menbuat kesulitan untuk bernafas, penderita menjadi lumpuh dan juga dapat membuat penderita sampai mati. Kematian pada penderita dapat terjadi bila tidak segera di obati atau virus yang menyebabkan polio tidak segera di hilangkan. Penyakit polio ini sebenarnya memiliki gejala yang mudah dan tampak, namun sejatinya para penderita kebanyakan kurag menyadari akan hal itu. Para penderita biasanya tidak sadar bahwa dirinya sedang mengindap virus yang menyebabkan sakit polio itu. Sakit polio terdapat tiga macam jenis penyakitnya.

Adapaun jenis penyakit polio itu adalah :

  • polio non paralis

polio yang satu ini adalah tipe polio yang masih ringan, polio pada polio non pararis ini biasanya tidak sampai menyebabkan kelumpuhan. Gejala polio yang ditimbulkan pun masih menunjukan gejala-gejala yang ringan. Lama pada penderita polio pararis ini biasanya hanya berlangsung paling lama sepuluh hari saja.

  • polio pararis

polio ini adalah polio yang menyebabkan kelumpuhan, beda halnya dengan polio non paralis, jika polio non pararis tidak menyebabkan kelumpuhan namun polio pararis menyebabkan kelumpuhan. Biasanya untuk penderita polio pararis ini yang diserang adalah saraf tulang belakang atau saraf batang otaknya. Sehngga dapat menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya.

  • sindrom pasca polio

sindrom pasca polio adalah sindrom pada sistem syaraf yang menyerang orang yang berumuran sekitar 30-40 tahun dimana orang yang berumuran 30-40 tahun ini belum pernah menderita polio sebelumnya.

Dimana ketiganya itu sebenarnya menimbulkan dampak pada penderitanya sehingga jika penderita itu peka dapat menyelesaikan atau menyembuhkan polio itu sebelum sampai pada polio yang akut. Untuk bebeapa gejala yang ditimbulkan adalah

  1. Muntah

Sering mual setelah makan biasanya merupakan gejala asam lambung. sehingga lambung merasa tidak sehat dan menyebabkan rasa mual itu, tetapi hal ini juga tidak hanya karena lambung saja, tetapi juga dapat terjadi karena terkena virus polio. Ketika virus polio menyerang bahkan tak hanya mual saja yang dirasakan namun kepala sering terasa bearat pusing dan mual ini juga menjadi gejala yang selalu ditampakan bagi para penderita virus polio itu tadi. Jadi jika sudah merasakan perut mual dan sering muntah segeralah periksa kedokter. Jangan pernah anggap spele penyakit yang datang pada tubuh sekecil apapun penyakit itu. Agar dapat ditangani sejak dini sehingga tidak menjadikan penyakit itu lebih parah lagi.

  1. Otot menjadi lemah

Pada dasarnya otot yang menjadi lemah ini merupakan ciri-ciri jantung lemah pada saat jangung lemah maka jantung akan membutuhkan kerja otot agar lebih maksimal, dan kerja otot itu membuat otot mudah merasa lelah karena saking kerasnya bekerja dan juga menyebabkan otot menjadi lemah. Kelemahan pada otot ini dapat membawa dampak negatif bagi hal-hal yang lainnya apalagi ketika lemah otot jantung maka dapat menyebabkan sesak nafas, cepat lelah dan jantung berdebar detak jantung tidak teratur da mengalami batuk-batuk yang agak sulit diselesaikan atau disembuhkan.

Sponsors Link

  1. Tubuh mulai demam

Demam pasti akan dirasakan pada penderita virus polio ini, karena demam biasanya menjadi gejala yang paling awal yang ditunjukan pada saat sakit. Seperti demam berdarah juga menunjukan demam pada awalnya. Demam memang menjadi gejala umum pada setiap penyakit, tetapi demam menjadi gejala yang paling sering dirasakan pada penderita sehingga penderita menjadi pusing dan tidak enak badannya. Jika tubuh sudah mulai merasakan demam atau suhu tubuh sudah tidak normal maka lakukanlah pemeriksaan secara benar-benar agar jangan sampai demam membuat penyakit yanglain malah timbul dan sebagainya.

  1. Mudah merasa lelah

Cepat lelah atau mudah merasa lelah itu dikarenakan depresi pada tubuh, ada banyak ciri-ciri depresi yang juga tak kalah penting untuk diketahui. Mudah merasa lelah dapat menjadi salah satu gejala yang ditimbulakan oleh penyakit polio ini karena pada dasarnya polio menyerang segala sisetem syaraf yang ada pada tubuh. Yang dimana sistem syaraf itu sebenarnya mengatur tubuh agar tubuh menjadi lebih sehat dan dapat mempertahankan sistem tubuh agar tidak mudah lelah. Untuk menghindari rasa lelah dapat melakukan pola gaya hidup sehat untuk awet muda dan bebas dari penyakit agar tubuh menjadi fress kembali

  1. Tenggorokan sakit

Polio merupakan penyebab sakit tenggorokan saat menelan hal ini dikarenakan karena pada penderita polio mengalami kerusakan atau infeksi pada tenggorokan dan juga sistem yang lainnya sehingga pada saat menelan pun akan merasakan saakit dan kesulitan untuk menelan. Dengan demikian diperlukan cara mengatasi sakit tenggorokan agar tenggorokan dapat berfungsi dengan normal kembali. Dengan dilakukan mengobatan pada tenggorokan akan membuat tenggorokan menjadi sehat kembali sehingga perasaan sakit pada tenggorokan akan berkurang.

  1. Kepala sakit

Sering sakit kepala akan membuat penderita menjadi sulit mengatasi apa yang terjadi pada tubuh, dalam kata lain penderita akan kesulitan untuk mengontrol dirinya. Sakit kepala ini ditimbulkan karena sistem saraf pada otak yang dikarenakan virus itu menyerang syaraf pada otak, sehingga sistem syafaf yang terserang itu memberikan respon pada kepala sehingga kepala menjadi sering merasa sakit. Bahkan sakit kepala ini dapat menyebabkan penderitanya kekurangan daya pikirnya sehingga orang yang kehilangan daya pikir akan kesulitan berkonsentras dan mengatasi segala masalah yang timbul dihadapannya itu

  1. Pungung kaku

Punggung akan menjadi kaku pada saat virus itu sudah menyerang sistem syaraf yang ada didalam tubuh tersebut. Untuk mengatasi ke kakuan pada tubuh biasanya tubuh harus memiliki daya tubuh yang sudah terukur. Apa maksudnya ? maksudnya tubuh harus paham seberapa kuat tubuh pada bagian punggung itu menumpu semua yang ada pada organ manusia. Jika daya tahan punggung sudah tidak kuat rebakanlah tubuh penderita itu, jangan sampai punggung merasa kaku terlebih dahulu, karena hal itu justru akan menyebabkan rasa sakit yang berlebih pada tubuh. Beda halnya jika tubuh sudah diistrirahatkan terlebih dahulu sebelum merasa kaku. Pasti tubuh akan lebih terasa rileks.

  1. Kaki dan tangan sakit

Rasa sakit yang diraskaan pada kaki dan tangan ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena sakit yang dirasakan oleh sistem syaraf yang terserang penyakit virus polio tersebut. Jika tangan dan kaki sudah sering merasaka sakit atau baru awal meraskan sakit padahal tidak melakkan apa-apa maka segeralah bawa dan periksa ke dokter. Jangan sampai kasep sehingga membuat masalah dan penyakit yang lainnya yang seharusnya tidak terjadi pada tubuh anda. Dengan memastikan sakit sejak sedini mungkin maka tubuh sejak sedini mungkin juga akan terjaga dan akan tetap sehat. Meskipun sakitpun tidak sampai pada tahap yang begitu parah.

  1. Kesulitan bernafas
sponsored links

Kesulitan untuk benafas atau sesak nafas ini harus ditangani, bhkan harus segera ditangani, karena kesulitan untuk bernafas jika tidak segera ditolong akan dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Meskipun banyak cara-cara alami untuk mengobati sesak nafas, tetapi bukan berarti hal tersebut mengabaikan dokter. Jangan sampai hanya karena percaya obat tradisional saja hingga tidak harus periksa kedokter. Karena sesak nafas bukanlah hal yang ringan. Sesak nafas bila dibiarkan saja akan dapat menybabkan kematian. Apalagi jika sebenarnya sesak nafas itu terjadi karena merupakan gejal daripada penyakit yang lainnya tentun hal ini menjadi lebih sulit untuk ditanngani, penganganan menggunakan alat tradisional saja tidak cukup. Karnea tidak akan ketahuan sebenarnya apa yang menyebabkan nafas menjadi sesak itu.

  1. Kesulitan melakukan konsentrasi

Konsentrasi akan sulit didapatkan oleh penderita virus polio ini tadi. Hal ini disebabkan karena penderita polio bagian syaraf otak yang berfugsi untuk menjaga konsentrasi menjadi hilang dna menyebabkan konsentrasi sulit didapatkan. Jika sudah demikian maka penderita akan lebih sering melamund dan bahkan fikiran akan menjadi mudah kosong dan tidak mengerti lagi apa yang sedang difikirkan saat ini. Ketika konsentrasi mulai hilang maka lakukanlah senam otak yang dapat menjaga konsentrasi itu agar konsentrasi tidak lepas begitu saja sehingga menyebabkan kelupaan atau kepikunan pada penderita.Sehingga semakin sulit penderita untuk disembuhkan nantinya. Bila sejak awal kehilangan konsentarasi sudah diajak senam konsentrasi dan diberi makanan yang dapat menunjang konsentrasi agar tetap terjaga makan konsentrasi tidak akan mudah hilang, bahkan akan tetap terajga dengan baik, sehingga konsentrasi tidak akan hilang meski penderita terkena virus polio.

  1. Depresi

Depresi ini tak lain tidak bukan dikarenakan perasaan muncul karena rasa sakit dan rasa khawatir yang timbul akibat penyakit yang ada pada tubuh itu. Pada dasarnya ketika orang mengindap penyakit virus polio ini, sedikit saja orang itu tidak tahan dan tidak dapat memahami keadaannya maka orang tersebut akan terserang depresi pada dirinya. Dimana depresi ini akan mengaggu proses penyembuhan pada virus polio.

  1. Tidur menjadi terganggu

Pada saat penderita polio ini mengalami gangguan pada syarafnya maka secara otomatis tidur tidak dapat menjadi tenang. Pada penderita ini akan mengalami kesulitan untuk tidur sehingga penderita akan merasa mudah lelah karena tidur pun menjadi terganggu. Kesulitan untuk tidur ini disebabkan karena depresi ataupun karena sesak nafas atau pun karena sakit kepala yang sudah tidak dapat ditahan lagi.

  1. Masa otot tubuh menurun

Tak hanya kesulitan pada saat tidur saja, namun otot pada tubuh akan turun daya kerjanya sehingga otot menjadi mudah lelah dan otot-otot menjadi tidak dapat berfungsi dengan normal kembali. Padahal pada dasarnya otot aka membantu kerja jantung sehingga janrtung tidak harus bekerja dengan keras. Namun jika otot sendiri saja tidak dapat bekerja dengan maksimal, maka kemungkinan jantung juga akan mengalami gangguan.

Itulah tiga belas gejala polio yang dapat menimbulkan polio, gejala-gejala tersebut dapat dilihat dan dirasakan namun harus benar-benar ceramat dalam menentukan gejala-gejala itu jangan sampai hanya mengatakan gejala biasanya, padahal memerlukan penanganan yang khusus, pada penderita ini jangan sampai terllau dekat dengan orang-orang yang kekebalan tubuhnya lemah. Karena pada dasarnya polio sama halnya dengan penaykit cacar. Penyakit ini dapat menuar pada orang lain. Ibaratnya virus polio itu dapat berterbangan dan menyerang orang yang lain sehingga orang yang lain terkena virus polio juga. Jadi jika ingin merawat orang yang terkena polio lebih baik menggunakan perlindungan terlbih dahulu.

Pada bayi, biasanya diberikan vaksin untuk menghindari virus polio yang akan menyerang sejak sedini mungkin. Jika hal tersebut sudah dilakukan sejak awal maka akan lebih mudah juga untuk menangani polio selanjutnya. Karena tubuh pada bayi sudah memiliki daya tahan tubuh yang seudah dibantu oleh vaksin. Jadi untuk menjaga kesehatan berasama harus melakukan vaksinisasi sejak kecil agar besarnya tidak menderita sindrom polio yang disebutkan bahwa sindrom itu menyerang orang dewasa. Karena orang dewasa itu saat kecilnya tidak melakukan vaksinisasi dengan benar sehingga mudah terserang saat dewasanya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 12th, June 2016 / 08:58 Oleh :
Kategori : Polio