Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh secara Alami

ads

Meski kebanyakan orang sudah tahu betul bahaya minuman keras bagi kesehatan, namun tetap saja ada orang-orang yang tetap menggemari minuman beralkohol. Mengonsumsi alkohol dengan takaran yang tak begitu banyak ditambah dengan tak terlalu sering tidaklah begitu masalah. Baik itu mengonsumsi banyak atau sedikit, tetap saja ada efek alkohol yang ditinggalkan di dalam tubuh, jadi lalu bagaimana cara menghilangkan alkohol dalam tubuh kita?

(Baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia)

1. Minum Banyak Air Putih

Langkah pertama dan yang paling utama untuk menghilangkan alkohol di dalam tubuh adalah dengan minum banyak-banyak air putih. Konsumsi alkohol, khususnya yang berlebihan, mampu membuat pengonsumsinya mengalami dehidrasi hebat. Bahaya dehidrasi ini dapat dicegah dengan secepatnya mengambil dan meminum air putih.

2. Menjauhi Minuman Berkafein

Kopi jelas adalah minuman dengan kandungan kafein paling tinggi, dan bagi Anda yang sehabis mengonsumsi alkohol hendaknya tidak menyentuh apalagi minum minuman berkafein. Justru dengan konsumsi minuman berkafein, rasa dehidrasi akan makin hebat saja nantinya. Selain itu, pembuluh darah dapat menyempit akibat kafein dan memicu tekanan darah tinggi sehingga gejala hangover pun memburuk juga.

(Baca juga: efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial)

3. Mengonsumsi Teh Jahe

Untuk Anda yang ingin mengusir alkohol dari dalam tubuh secara alami, Anda bisa mencoba membuat teh jahe hangat. Bagi pecinta minuman beralkohol, efek dari alkohol yang kerap dialami pasti adalah rasa mual dan keinginan untuk muntah-muntah.

Dengan meminum teh jahe, khususnya yang hangat, ini akan meredakan rasa mabuk, mual dan muntah dan otomatis juga bakal menghilangkan efek alkohol secara tuntas. Tak perlu khawatir akan efek samping jahe karena kali ini kandungan jahe akan membantu membuat kadar glukosa darah lebih stabil. Teh jahe juga jauh lebih baik daripada meminum air jahe berkarbonas.

4. Mengonsumsi Jus Buah

Selain dari air putih dan teh jahe, rupanya Anda juga dapat mengusir efek alkohol dari dalam tubuh dengan mengonsumsi jus buah yang kaya akan fruktosa. Fruktosa ini merupakan gula yang terkandung di dalam jus buah di mana tugasnya adalah memengaruhi fungsi hati serta energi tubuh.

Kandungan vitamin dan mineral di dalam jus buah juga akan mampu mendetoksifikasi tubuh dan salah satunya, yaitu vitamin C, mampu menjaga daya tahan tubuh Anda. Untuk jus buah yang dianjurkan adalah jus jeruk, jus tomat, serta air kelapa yang pasti akan menghilangkan alkohol dengan baik.

(Baca juga: etanol dan metanol bagi kesehatan)

5. Minum Minuman Isotonik

Masih ada lagi jenis minuman yang bisa Anda andalkan setelah mengonsumsi alkohol dan ingin menghilangkannya dari tubuh. Minuman isotonik sangat berguna ketika Anda mabuk karena tugasnya sebagai pengganti cairan yang hilang. Bahkan minuman ini jugalah yang akan memberikan energi baru bagi tubuh.

Ada kandungan karbohidrat di dalam minuman isotonik yang bisa membantu pelepasan energi secara pelan-pelan di mana ini bermanfaat untuk Anda supaya bisa terus beraktivitas seperti normalnya. Minuman berelektrolit adalah yang paling baik, tapi sebaiknya hindari yang ada kandungan kafeinnya juga. Ini juga akan mencegah Anda dari efek dehidrasi.

6. Minum Oralit

Bicara soal oralit, tak salah bila Anda menganggap bahwa ini adalah obat diare paling alami dan sederhana yang bisa dibuat di rumah. Larutan oralit ternyata juga berguna dalam menghilangkan alkohol serta mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Sebagai obat dehidrasi, oralit dapat Anda gunakan setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

sponsored links

7. Minum Madu

Banyaknya manfaat madu murni merupakan keuntungan bagi kita semua karena bahkan madu juga bisa menghilangkan alkohol dalam darah. Senyawa fruktosa di dalamnya bakal berperan sebagai pemecah unsur racun alkohol yang memasuki tubuh. Alkohol adalah racun bagi tubuh sehingga orang-orang perlu membatasi atau menghindari minuman ini sama sekali.

Apabila Anda minum alkohol di malam hari dan mabuk, sangat dianjurkan untuk esok paginya setelah bangun tidur menikmati sarapan roti plus madu. Anda bisa menjadikan madu sebagai selai pada roti dan menikmatinya sebelum berangkat kerja atau berkegiatan. Madu ini efektif menjadi sumber natrium dan kalium bagi tubuh untuk melawan efek alkohol.

(Baca juga: bahaya alkohol untuk penderita diabetes)

8. Minum Susu

Bila Anda mencari cara lainnya yang aman dan gampang untuk menghilangkan alkohol dari dalam tubuh, susu adalah pilihan yang mudah sekaligus efektif. Bila Anda hendak minum alkohol, cobalah untuk minum susu lebih dulu segelas saja. Tujuannya adalah untuk membuat penyerapan alkohol menjadi tidak maksimal oleh tubuh.

9. Memanfaatkan Zinc dan Vitamin B

Zinc serta vitamin B (khususnya vitamin B1 atau thiamin) amat dibutuhkan oleh enzim hati untuk mendetoksifikasi alkohol di dalam tubuh. Ini karena enzim di dalam hati memiliki tugas untuk memroses pengubahan alkohol menjadi asetaldehida. Asetaldehida ini sendiri adalah zat yang memicu mual, sakit kepala, serta wajah memerah saat mabuk. Itulah mengapa penderita kerusakan hati pasti rata-rata adalah pecandu alkohol.

10. Minyak Kelapa

Sebagai penghilang alkohol yang ampuh dan alami, minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang luar biasa karena memang kaya akan sifat antioksidan. Cukup dengan meminum beberapa sendok makan minyak kelapa ekstra virgin setiap hari, Anda bisa menghilangkan efek alkohol yang berbahaya. Tak hanya itu, efek minyak kelapa yang baik juga bisa didapat dengan menambahkannya ke masakan atau minuman panas yang Anda nikmati.

(Baca juga: bahaya minum arak)

11. Menggunakan Dandelion

Bila Anda ingin sekadar menghilangkan alkohol dalam tubuh atau ingin sekalian berhenti dari kecanduan alkohol, dandelion dapat membantu. Ketika konsumsi alkohol Anda terlalu berlebihan, akan ada efek samping yang juga tak kalah mengganggu kesehatan. Kabar baiknya, hanya dengan mengonsumsi teh dandelion setiap hari, Anda akan mampu mendetoksifikasi tubuh dari alkohol.

12. Mengonsumsi Pare

Mungkin Anda adalah salah satu pecinta alkohol dan pare sekaligus, hal ini ternyata begitu bagus untuk menghilangkan efek alkohol di dalam tubuh. Pare atau labu pahit merupakan penawar alami yang bisa mencegah racun dari alkohol makin merajalela. Ingat bahwa kerusakan hati dapat terjadi dikarenakan mengonsumsi alkohol terlalu sering dan berlebihan.

Untuk mengusir alkohol di dalam tubuh, Anda bisa mengambil ekstrak jus dari beberapa lembar daun pare. Silakan mencampurkan sekitar 3 sendok teh dari ekstrak jus pare ke dalam 1 gelas buttermilk. Supaya hasilnya jauh lebih maksimal, Anda bisa meminumnya sehari 1 kali sebelum sarapan alias saat perut dalam kondisi masih kosong.

(Baca juga: bahaya minum alkohol 70 persen)

Sponsors Link

13. Menggunakan Seledri

Seperti yang sudah banyak orang tahu, seledri merupakan salah satu makanan yang baik untuk batu empedu, bahkan juga termasuk di dalam obat tradisional darah tinggi terampuh. Manfaat dari seledri ini begitu banyak selain menjadi pelengkap masakan. Seledri turut menawarkan khasiatnya dalam menghilangkan efek alkohol dari dalam tubuh secara alami.

Dengan mencampurkan ½ gelas jus seledri bersama dengan ½ gelas air, Anda bisa langsung meminum larutan ini untuk menghilangkan alkohol di dalam tubuh. Sehari 2 kali adalah anjuran konsumsi supaya Anda benar-benar terbebas dari racun. Bahkan dengan mengonsumsi solusi ini, keinginan Anda untuk mengonsumsi gula juga terminimalisir secara otomatis.

14. Minum Teh Hijau

Tak usah ditanya lagi mengapa teh hijau masuk di dalam deretan cara menghilangkan alkohol dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya sangat tinggi sehingga tak salah lagi kemampuannya sebagai pelancar metabolisme tubuh juga tinggi. Selain menghilangkan racun dari alkohol, teh hijau pun dapat mencegah penyakit-penyakit seperti masuk angin dan flu.

15. Menggunakan Teh Peppermint

Satu lagi cara menghilangkan alkohol adalah dengan meminum teh peppermint karena selain mampu menyembuhkan Anda dari mabuk, proses detoksifikasi tubuh juga didukung oleh bahan ini. Anda bisa meminum teh peppermint atau juga boleh mengunyah-ngunyah beberapa daun peppermint langsung selama seharian setelah minum alkohol.

(Baca juga: bahaya arak bagi kesehatan)

Itulah sejumlah cara menghilangkan alkohol dalam tubuh secara alami dengan bahan-bahan yang rata-rata dekat dengan kita. Supaya Anda tidak kemudian memiliki hasrat yang lebih besar untuk mengonsumsi alkohol, jauhi kebiasaan merokok.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 14th, October 2016 / 01:51 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya