Sponsors Link

25 Bahaya Lemak Jenuh Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Bahaya lemak jenuh bagi kesehatan tubuh sangat mengerikan, terdapat 25 potensi yang dapat membahayakan kesehatan. Lemak jenuh adalah kumpulan lemak yang telah terkontiminasi dengan berbagai macam radikal bebas dan dapat menimbulkan keluhan penyakit dan mengancam kesehatan organ tubuh bagian dalam.

ads

Kerugian dari lemak jenuh bagi kesehatan tubuh

  1. Dapat menghambat penyerapan beberapa vitamin A, B, C, E, D dan K
  2. Dapat menghambat penyerapan vitamin D pada orang orang lanjut usia
  3. Merusak sel otak dan memperburuk kondisi penderita alzheimer dan parkinson
  4. Memicu peradangan otak dan menimbulkan menurunnya ketajaman berpikir
  5. Menghambat penyebaran energi keseluruh tubuh
  6. Menghambat sirkulasi peredaran darah menuju otak
  7. Menyebabkan penggumpalan darah yang menyebabkan penyumbatan pda darah
  8. Menghambat aliran darah ke jantung
  9. Menyebabkan kadar kolesterol meningkat
  10. Menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat
  11. Mempercepat serangan stroke pada penderita hipertensi
  12. Memicu penyakit diabetes
  13. Memicu obesitas atau kegemukan
  14. Menyebabkan kerusakan lever atau hati
  15. Menyebabkan kerusakan pada paru paru
  16. Menyebabkan kesulitan buang air besar
  17. Menyebabkan panas dalam
  18. Mengganggu kinerja hormon
  19. Menyebabkan Diplidemia atau kelainan lemak dalam darah
  20. Memicu luka dan infeksi pada limfa
  21. Menurunkan fungsi metabolisme
  22. Menurunkan daya tahan tubuh
  23. Menurunkan fungsi ginjal
  24. Mengganggu pembentukan struktur sel
  25. Mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi / Lemak jenuh dan perlu anda hindari

  • Daging sapi
  • Daging babi
  • daging kambing
  • Daging domba
  • kulit ayam
  • Berbagai jenis susu
  • Mentega
  • Keju campur susu atau margarin
  • Es krim
  • Minyak kelapa sawit
  • Minyak babi
  • Nugget ayam, sapi dan babi

Makanan laut yang mengandung tinggi kolesterol dapat bekerja sama dengan lemak jenuh mempercepat kerusakan jaringan tubuh, diantaranya:

Sponsors Link

Aneka macam jeroan yang memiliki kolesterol tinggi dan lemak jenuh yang dapat menyumbat pembuluh arteri lalu  mempercepat peningkatan kadar kolesterol, tekanan  darah tinggi dan serangan stroke, diantaranya:

  • Jeroan Kambing,
  • Jeroan Babi
  • Jeroan Sapi
  • Jeroan kerbau
  • Jeroan ayam
  • Jeroan Domba
  • Jeroan kelinci

Jeroan bisa berupa usus, babat, gajih (lemak putih yang kenyal), hati, jantung, paru, ampela , telur, otak sapi, otak babi, otak kambing, otak kerbau dan Murus atau darah hewan yang dibekukan .

Sedangkan produk susu yang termasuk lemak jenuh adalah :

  • berbagai produk susu yang berbentuk krim,
  • Kopi susu, Kopi full cream, es krim susu,
  • susu yang dibekukan bersama cokelat,
  • susu yang dibuat permen batangan
  • Susu yang ada pada creamer kopi
  • susu pada donat, susu pada aneka biskuit,
  • Susu keju yang diolah menjadi roti
  • Susu sapi yang sudah dicampur bahan pengawet
  • Susu yang dibekukan menjadi produk batangan
  • atau makanan berbahan dasar kentang dan susu atau susu sapi full cream.

Olahan hasil panggang atau bakar berpotensi mengandung lemak jenuh yang mengandung banyak radikal bebas, diantaranya:

Bahaya lemak jenuh bagi tubuh harus anda waspadai, oleh karena itu anda harus menghindari potensi makanan yang dapat menghasilkan lemak jenuh.

sponsored links
  1. Bahan dasar untuk proses pemanggangan adalah arang. arang akan memuai ke udara dan mengeluarkan asap yang berisi serbuk serbuk halus berwarna hitam yang  melekat pada daging dan masuk dalam pori daging bersama olesan bumbu di permukaannya.
  2. Kondisi kelembaban udara di sekitarnya telah terkontiminasi dengan asap lain misalnya asap rokok, asap kendaraan atau partikel partikel kecil dari sampah atau dari jalanan yang terbawa oleh angin yang tidak sengaja hinggap diatas permukaan daging ayang akan dipanggang.
  3. Penggunaan bumbu untuk daging sebelum dipanggang yang telah dicampur dengan bahan pengawet, olesan minyak babi, olesan mentega atau margarin, minyak kelapa sawit atau pemanis buatan (baca : bahaya pengawet makanan).
  4. Daging yang setengah matang cenderung masih mengandung bakteri jahat yang masih hidup, termasuk telur cacing pita. Pada dasarnya bukan cuma daging babi saja yang memiliki cacing pita, namun daging sapi, kambing atau kerbaupun bisa  memiliki cacing pita didalamnya, akibat memakan rumput yang tak sengaja dihinggapi telur cacing. Maka masaklah sampai benar benar matang bukan setengah matang.
  5. Proses pencucian daging yang tidak steril atau menggunakan penggunaan bahan pemutih untuk membersihkan secara instant atau membiarkan daging mentah diudara bebas terlalu lama dan tidak mengalami proses pendinginan.
  6. Penggunaan jeroan usus yang diolesi minyak kelapa sawit, mentega atau margarin untuk pemanggangan. Semakin banyak usus hewan anda konsumsi maka berpotensi anda menderita hipertensi walaupun anda tidak mempunyai penyakit tekanan darah tinggi, tetapi akan berpotensi menjadi stroke jika anda penderita hipertensi.
  7. Daging guling utuh yang diolesi minyak babi, minyak kelapa sawit atau dengan mentega lalu pemanggangan  dilakukan dengan memutar kayu yang ditusukan pada daging yang dibawahnya ada arang atau menggunakan tumpukan kayu sebagai bahan untuk memanggang, berpotensi daging akan mengandung lemak jenuh dan trans serta terdapat banyak radikal bebas dipermukaan dagingnya, karena pemangggangan yang menggunakan api dan asap yang besar cenderung cepat menyerap partikel partikel kecil lewat udara.
  8. Ada beberapa kebiasaan orang yang memanggang daging menggunakan kipas angin agar menghemat tenaga dan mempercepat proses matang. Tetapi keluarnya angin buatan pada kipas angin berpotensi menarik lebih cepat dan banyak partikel kecil berbahaya lewat kelembaban udara , misalnya udara kering dan panas kipas akan menyedot  debu dan kotoran kasat mata dari udara sekitarnya lalu akan jatuh pada daging yang sedang dikipasi.
  9. Ikan adalah daging yang paling aman dan merupakan makanan yang mengandung protein yang tidak mengandung lemak jenuh tetapi jika dipanggang atau dibakar walaupun diolesi dengan minyak jagung atau zaitun yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, kondisi daging ikan tidak akan lagi memiliki manfaat bagi tubuh, karena daging ikan telah terkontiminasi dengan serbuk halus yang mengandung radikal bebas hasil dari pembakaran.
  10. Roti panggang yang diolesi mentega dan susu berpotensi mengandung lemak jenuh walaupun proses pemanggangannya tidak membutuhkan arang. Anak anak sebaiknya kurangi mengkonsumsi roti panggang yang diolesi mentega dan susu secara bersamaan. Sebaiknya roti gandum yang langsung disantap adalah solusi  yang terbaik.

Catatan penting :

Tahukah anda bahwa pada dasarnya semua lemak yang ada pada minyak kedelai, bunga biji matahari, minyak zaitun dan minyak jagung juga mempunyai lemak jenuh didalamnya hanya saja kadarnya sangat rendah dan tidak berbahaya bagi sistem pencernaan selama tidak digunakan dalam pemanggangan, maka minyak tersebut tidak masuk kategori lemak jenuh.

Mengendalikan lemak jenuh

  • Membiasakan makan buah buahan setelah mengkonsumsi makanan berlemak adalah kebiasaan yang baik untuk membantu sistem pencernaan untuk membakar kalori sebanyak mungkin agar terhindar dari penumpukan lemak jenuh di bagian pembuluh arteri .
  • Jika pembuluh arteri terjadi penumpukan lemak, kemudian akan menjadi endapan lalu menimbulkan penyumbatan sedikit demi sedikit yang akan memicu kadar kolesterol, tekanan darah dan kolesterol anda naik dalam hitungan hari. Jika penderita kolesterol tinggi tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh maka akan mempercepat terjadinya kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh.
  • Sebaiknya mengurangi makanan yang termasuk makanan siap saji atau tidak mengkonsumsinya sama sekali. atau jika  ingin aman, buatlah makanan siap saji sendiri dirumah yang digabung dengan beberapa sayuran dan buah sebagai makanan  penutup.  Disarankan tidak menggoreng dengan minyak kelapa sawit, campuran mentega dan margarin.

Semoga bermanfaat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 15th, December 2015 / 09:34 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi