15 Cara Agar Cepat Menstruasi Bagi Yang Belum Menstruasi untuk Remaja

3161

Menstruasi yang datang terlambat dapat disebabkan karena beberapa faktor misalnya akibat kelelahan, Tumbuhnya kista ovarium, Stres berlebihan dan lain lain. Tips mudah dan aman cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi, Diantaranya:

1.Tidak begadang

Kebiasaan tidur terlambat dapat menyebabkan kondisi hormon estrogen dan sel darah merah menjadi berkurang lalu menyebabkan tubuh kekurangan zat besi dimana kondisi tersebut menimbulkan siklus haid menjadi tidak teratur dan datang terlambat. Cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi adalah memperbaiki pola tidur agar meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh sehingga terhindar dari gangguan siklus haid .

2. Olahraga cukup

Olahraga ringan tetapi dilakukan  tidak berlebihan dan teratur misalnya jalan cepat atau bersepeda ternyata terbukti mampu menjaga kadar estrogen pada kondisi yang seimbang sehingga siklus haid tetap teratur dan datang tepat waktu. Melakukan olahraga ringan tetapi teratur merupakan salah satu cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi .

3. Hindari dehidrasi

Lancarnya peredaran darah sangat mempengaruhi kestabilan siklus haid bulanan. Ketika  tubuh dalam kondisi dehidrasi berat maka akan membentuk tekanan berulang pada organ reproduksi  yang akhirnya menyebabkan peluruhan sel telur pada lapisan rahim gagal terjadi.. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas perharinya atau disiplin untuk selalu minum air putih disela sela kesibukan. Tubuh yang tidak kekurangan cairan seacra konsisten merupakan salah satu cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi termasuk pada remaja.

4.Menjauhi alkohol

Alkohol bersifat panas dan melukai jaringan tubuh termasuk organ reproduksi misalnya rahim.  Ketika lapisan rahim dibebani dengan melekatnya zat zat berbahaya yang ada pada alkohol maka reaksi selanjutnya adalah dapat mengagalkan proses peluruhan sel telur atau terjadinya siklus haid secara normal. Cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi adalah menjauhi apapun bentuk minuman yang mengandung alkohol.

5. Kurangi kafein

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan beberapa hari menjelang jadwal haid tiba, Dapat memperlambat ovulasi dan siklus haid menjadi lebih lambat. Kafein berlebihan dapat mengikat sel darah  yang tidak dibuahi yang ada pada rahim sehingga haid terhanbat untuk muncul tepat pada waktunya. Cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi adalah kurangi asupan kafein atau hindari beberapa hari mengkonsumsi kafein sebelum masa haid muncul.

6. Hindari obat obatan

Obat obatan jenis aspirin atau obat untuk tekanan darah yang dikonsumsi berlebihan atau menjelang masa haid tiba maka dapat menghambat sirkulasi darah yang nantinya mempengaruhi siklus haid menjadi buruk. Zat zat pada obat obatan mampu menumpuk dan mengikat  lapisan rahim yang sebelumnya telah terdapat sel sel telur yang siap diluruhkan  menjadi sulit untuk terjadi secara cepat dan tepat waktu.

7. Terapi menghilangkan stres

Salah satu cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi adalah mengendalikan stres. Stres berat yang berkepanjangan dapat mengganggu fungsi reproduksi, Peredaran darah diseluruh tubuh termasuk rahim  sehingga menghambat siklus haid menjadi tidak teratur atau bahkan menghalangi proses alami peluruhan  sel telur untuk segera dikeluarkan melalui uterus selama berbulan bulan.  Untuk mengendalikan stres dapat dilakukan  dengan terapi stres. Salah satu terapi menghilangkan stres yang mudah dilakukan adalah dengan bermeditasi.

8. Teknik akupuntur

Akupuntur adalahmetode pemulihan dan penyembuhan gejala dan keluhan kesehatan tubuh termasuk efektif mampu menstabilkan hormon dalam tubuh, Melancarkan sirkulasi darahh, Dapat merangsang keluarnya haid relatif lebih cepat, Menjadi  teratur dan tepat waktu. Teknik akupuntur menitik beratkan pada simpul simpul atau titik tertentu pada pembuluh darah yang berkaitan dengan keluhan penderitanya termasuk kesehatan organ reproduksi.

9. Berendam air hangat

Berendam air hangat 20 hingga 30 menit yang didalamnya telah ditambahkna dengan beberapa tetes minyak esensial dan beberapa batang sereh ternyata terbukti secara klinis mampu melancarkan sirkulasi darah, Menenangkan pikiran  dan relaksasi tubuh menjadi lebih baik. Kondisi ini menyebabkan siklus haid menjadi lebih lancar.

10.Teh kamomil

Teh kamomil adalah sa;ah satu jenis teh herbal yang mampu melancarkan sirkulasi darah dan melindungi rahim menjadi lebih baik sehingga dapat merangsang siklus haid menjadi lebih lancara dan tidak pernah terlambat datang. Mengkonsumsi secangkir teh herbal jenis kamomil setiap hari dapat menjaga kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan daya tahan tubuh selama masa menstruasi .

11.Jahe dan kunyit

Jahe dan kunyit merupakan rimpang bumbu masakan yang mengandung zat antii inflamasi, Vitamin C dan mampu meningkatkan kesehatan reproduksi. Minuamn jahe kunyit dapat dikonsumsi 1 hingga 2 cangkir ukuran sedang setiap hari guna mempertahankan kesehatan rahim, Memperkuat jaringan lain yang dekat dengan  organ reproduksi dan meningkatkan kesehatan dan fungsi kelenjar tiroid sehingga siklus datang bulan tetap pada kondisi yang baik.

12.Jus seledri

Seledri merupakan jenis sayuran yang memilki kemampuan dalam hal melancarkan haid.  Seledri cocok digunakan sebagai bahan dasar  yang bersifat alami untuk cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi. Jus seledri dapat diminum 1 hingga 2 kali sehari yang dikonsumsi menjelang masa haid tiba atau bahkan selama masa haid berlangsung. Seledri memilki kemmapuan melindungi rahim dari infeksi, Melancarkan aliran darah dan menjaga metabolisme tubuh tertap berada pada kondisi yang terbaik sehingga datang bulan tetap stabil  dan teratur. 

13.Hindari gula berlebihan

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula dapat menghakangi proses haid menjadi kacau dan tidak teratur. Gula dapat mengendap dalam darah, Meningkatkan tekanan pada jaringan tiroid, Menurunkan metabolisme tubuh  dan mempengaruhi peredaran darah dan Merusak sel sel darah sehingga  menghambat proses penghancuran sel telur yang seharusnya dikeluarkan dalam tubuh secara normal menjadi abnormal.

14.Vitamin C

Tips cara agar cepat menstruasi bagi yang belum menstruasi  atau sering mengalami keterlambatan haid maka mengkonsumsi tablet atau minuman suplemen vitamin C atau bisa juga dengan membuat jus kombinasi buah dan sayuran yang mengandung serat dan vitamin C secara teratur setiap hari adalah solusi paling mudah untuk melancarkan haid. Suplemen vitamin C dan jus gabungan antar buah dan sayuran ternyata mampu meningkatkan kesehatan rahim dan efektif mempercepat haid.

15. Jus wortel dan labu

Wortel dan labu adalah jenis buah buahan yang mengandung zat karoten tinggi dan kaya akan serat sehingga dapat merangsang peluruhan sel telur pada lapisan rahim relatif lebih lancar. Mengkonsumsi jus kombinasi wortel dan labu disarankan diminum 1 hingga 2 kali sehari sebelum dan sesudah masa  haid berakhir. Hal ini untuk mempetahankan kesehatan organ reproduksi dari serangan bakteri, Untuk upaya pencegahan peningkatan  gula darah atau peradangan kelenjar tiroid dimana semua itu adalah penyebab  munculnya gangguan siklus haid pada wanita.