13 Efek Samping Fitness bagi Wanita Haid

Dewasa ini, fitness atau nge-gym tidak hanya diminati oleh kaum laki-laki saja tetapi juga kaum wanita. Kaum wanita ingin mempunyai tubuh yang bagus dan proporsional. Sehingga salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan aktivitas fitness secara rutin. Kegiatan ini lebih disukai karena di tempat tersebut ada beragam alat olahraga sesuai dengan kebutuhan. Waktu fitness pun bisa dilakukan kapan pun. Selain itu, ada juga instruktur yang dapat memandu agar olahraga yang dilakukan tepat sasaran dan sesuai dengan cara fitness yang baik dan benar.

Berbeda dengan kaum laki-laki, kaum wanita memiliki batasan tertentu dalam berolahraga. Misalnya saja ketika wanita sedang menstruasi. Ketika waktu ini, tentunya ada batasan dalam melakukan fitness. Hal ini karena selama masa menstruasi atau haid, wanita cenderung merasakan nyeri di perutnya. Nyeri ini muncul akibat peluruhan dinding rahim. Lalu bagaimana efek samping fitness bagi wanita yang sedang haid? Berikut ulasannya:

  1. Melakukan aktivitas fitness saat seorang wanita sedang haid akan mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah. Walaupun berolahraga tetap disarankan saat wanita sedang haid, akan tetapi aktivitas fitness dapat meningkatkan hormon selama haid dan membuat tubuh mengalami kelelahan.
  2. Nyeri perut yang dialami akan semakin terasa sakit, bahkan mengarah kepada nyeri perut yang hebat. Ketika seorang wanita memaksakan diri untuk melakukan fitness, maka otot perut akan akan dipaksa untuk bekerja lebih berat.
  3. Selain nyeri perut, aktivitas fitness juga dapat menyebabkan nyeri otot di seluruh tubuh. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kekuatan otot yang menurun drastis ketika sedang haid.
  4. Fitness juga dapat membuat haid menjadi tidak teratur. Hal ini dapat terjadi jika ketika sedang haid mereka melakukan aktivitas fitness. Sebenarnya, bukan merupakan suatu pantangan ketika seorang wanita haid melakukan aktivitas fitness. Akan tetapi harus diketahui bagaimana pola latihan yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Fitness membuat tubuh semakin merasa tidak enak badan. Merupakan hal yang lumrah jika selama masa haid seorang wanita akan merasa seperti sedang sakit dan badan lemas. Beberapa wanita menganggap aktivitas fitness justru dapat menyembuhkan rasa sakit itu. Padahal nyatanya adalah justru dapat membuat tubuh semakin lesu.
  6. Waspadai jika melakukan fitness selama masa haid karena meningkatkan risiko terjadinya kram perut bawah. Hal ini sering terjadi jika jenis olahraga yang dilakukan melibatkan aktivitas otot perut.
  7. Wanita haid yang menjalani fitness akan mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Kondisi ini bisa berupa tidur yang sering terbangun di pertengahan malam atau justru tidak bisa tidur sama sekali. Insomnia dapat merupakan pertanda ia sedang mengalami kelelahan fisik. Kualitas tidur yang buruk akan berpengaruh juga terhadap kesehatan tubuh.
  8. Fitness ketika sedang haid dapat meningkatkan risiko terkena gejala osteoporosis. Semakin meningkat kadar hormon estrogen dalam tubuh maka manfaat kalsium yang ada di tulang belakang juga akan menurun. Penurunan kalsium yang terjadi dalam jangka waktu lama atau terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan munculnya gejala osteoporosis.
  9. Latihan fisik yang berlebih dalam fitnes ketika wanita sedang haid dapat menyebabkan ia tidak mendapatkan haid secara berkelanjutan untuk beberapa bulan berikutnya. Kondisi ini disebut dengan amenorrhea. Wanita dengan kondisi amenorrhea harus segera berkonsultasi dengan dokter agar tidak mengalami hal yang lebih parah dan berpengaruh terhadap kondisi reproduksinya.
  10. Hati-hati bagi para wanita yang melakukan fitness dengan pola yang salam ketika haid. Efek samping fitness bagi wanita ketika haid dapat memunculkan permasalahan kesuburan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang mengakibatkan kelelahan yang tinggi ketika haid mempunyai risiko 3 kali lipat lebih besar untuk mengalami gangguan kesuburan.

Walaupun ada banyak efek samping fitness bagi wanita  ketika haid, namun jika dilakukan dengan benar maka fitness justru akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagaimana cara agar manfaat ini bisa Anda rasakan? tentunya dengan mengetahui cara berolahraga yang tepat saat haid. Berikut adalah manfaat fitnes bagi wanita ketika haid:

  1. Berolahraga ketika haid jika dilakukan secara tepat dapat melancarkan sirkulasi darah. Dampak selanjutnya ketika sirkulasi darah sudah lancar adalah badan menjadi lebih bugar dan tidak lemas. Olahraga fitness justru dapat menjadi salah satu cara mengatasi nyeri haid.
  2. Kondisi haid seringkali membuat para wanita tidak stabil kondisi emosinya. Dengan berolahraga secara benar, kondisi emosi seseorang dapat menjadi lebih baik. Keseimbangan hormon estrogen dan progesteron akan membuat seorang wanita yang sedang haid merasa lebih baik dari segi emosi.
  3. Selain rasa nyeri di perut, wanita yang sedang haid sering mengeluhkan sakit kepala. Ketika sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh lancar, maka gejala sakit kepala bisa berkurang.

Berolahraga atau melakukan aktivitas fitness bagi wanita adalah suatu kegiatan yang baik dilakukan. Tidak akan ada efek samping fitness bagi wanita jika semua dilakukan dengan benar, termasuk ketika wanita tersebut dalam kondisi haid. Selain fitness, beberapa olahraga juga disarankan untuk dilakukan selama haid. Misalnya jalan-jalan ringan, senam, yoga, hingga melakukan lari ringan.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Tips Fitness