Apakah Wanita Kurus Bisa Hamil? Begini Tipsnya !

Berat badan sangat memengaruhi peluang kehamilan seorang wanita dan hal ini masih dipertanyakan oleh banyak wanita yang sangat ingin memiliki anak. Baik itu wanita yang terlalu gemuk, maupun mereka yang memiliki berat badan di bawah angka ideal alias terlalu kurus dikatakan akan sulit untuk punya anak, benarkah demikian?

Apakah wanita kurus bisa hamil?

Bagi wanita pemilik tubuh yang terlalu gemuk maupun kurus akan tergolong sulit untuk memiliki anak. Karena tingkat kesuburan seorang wanita dipengaruhi oleh jumlah lemak di dalam tubuh, otomatis bagi yang berat badannya di bawah ideal termasuk sulit untuk punya anak dan hamil.

Perlu diketahui bahwa siklus menstruasi dan ovulasi pada wanita harus terlebih dulu berjalan lancar. Masalahnya, siklus keduanya bisa berkurang dan terganggu ketika hormon estrogen berkadar rendah. Kadar rendah hormon estrogen dipengaruhi oleh jumlah lemak tubuh yang terlalu sedikit sehingga produksi hormon juga mengalami perubahan dan gangguan.

Lemak tubuh yang sangat rendah kadarnya bisa juga membuat proses ovulasi terhambat karena aliran hormon yang seharusnya sampai ke kelenjar hipofisis dari otak mengalami gangguan. Padahal, kelenjar hipofisis inilah yang bertugas sebagai pengirim sinyal kepada ovarium untuk memulai proses ovulasi (pelepasan sel telur). Karena sinyal tak terkirim, otomatis ovulasi pun terhambat atau tidak bisa terjadi sama sekali.

Karena proses ovulasi tidak lancar atau tidak terjadi, siklus menstruasi pun ikut terganggu. Jadi bila Anda bertanya haid tidak teratur kenapa alasannya, tentunya karena ada suatu masalah pada proses ovulasi yang bisa saja disebabkan oleh jumlah lemak yang kurang. Ketika menstruasi tidak lancar, otomatis Anda pun bisa sulit hamil; sehingga untuk bisa hamil, perlu untuk lebih dulu memperbaiki gizi tubuh dan proses ovulasi sekaligus siklus menstruasi.

Tips Agar Wanita Kurus Bisa Hamil

Kurusnya wanita bisa dikarenakan diet, namun ada pula yang memang sulit untuk menaikkan berat badan walau sudah makan banyak. Meski demikian, tetap perlu untuk mencoba berbagai cara berikut ini untuk bisa hamil apabila Anda memiliki tubuh yang kurus dan ingin segera memiliki seorang anak.

  • Memiliki pola hidup seimbang dan sehat

Bagi wanita kurus yang ingin cepat hamil, penting untuk bisa mengelola stres dengan tepat, memiliki istirahat yang cukup serta membatasi aktivitas (terutama menjauhi kegiatan yang terlalu berat). Pola hidup sehat bukan hanya meliputi asupan makanan, melainkan juga mencari cara mengatasi stres yang benar dan sesuai dengan kondisi Anda sekaligus menjaga agar metabolisme tubuh tetap baik.

Tak hanya itu, pola hidup sehat juga meliputi olahraga yang teratur, menghindari rokok serta kebiasaan meminum minuman mengandung alkohol. Jangan ragu untuk melakukan check up ke dokter bila Anda khawatir terhadap kondisi kesehatan tubuh dan hendak mengetahui risiko-risiko gangguan kesehatan dalam tubuh sekaligus ingin mencegahnya.

  • Mengasup makanan bernutrisi tinggi

Untuk wanita kurus di mana berat badan kurang dari idealnya, diharapkan pula untuk bisa mengonsumsi makanan-makanan yang penuh nutrisi. Supaya bisa cepat hamil atau setidaknya meningkatkan kesuburan, Anda perlu menerapkan pola makan yang tinggi gizi, seperti makanan dengan kandungan DHA, asam folat, zat besi, mineral dan vitamin sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat daya tahan tubuh normal dan stabil, ini pun bisa menjadi pendukung bagi rahim untuk proses pembuahan. Hanya saja Anda pun perlu memerhatikan berbagai pantangannya, seperti pantang terhadap makanan berpengawet tinggi. Makanan-makanan yang kurang bergizi seperti junk food dan makanan cepat saji sebaiknya dibatasi.

  • Memilih waktu yang tepat untuk berhubungan intim

Proses pembuahan bisa terjadi secara lebih cepat apabila waktu dalam melakukan hubungan intim juga tepat. Karena itulah, setiap wanita perlu tahu betul kapan masa suburnya sehingga hubungan intim bisa dilakukan di saat masa subur tersebut. Jika sudah melakukan berbagai upaya dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda bisa mencoba melakukan hubungan intim di waktu yang paling tepat.

  • Minum suplemen khusus untuk kehamilan

Jika sudah berhasil hamil, maka penting untuk mengonsumsi suplemen kehamilan bagi ibu-ibu hamil yang masih juga kurus. Suplemen ini dapat diminum dengan tujuan agar bayi bisa bertumbuh kembang dengan lancar dan baik. Bahkan suplemen ini diketahui bisa menurunkan risiko keguguran jika Anda takut keguguran bisa terjadi karena tubuh kurus Anda. Namun konsumsi suplemen sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter dan tidak asal beli serta menggunakannya.

Jadi, apakah wanita kurus bisa hamil? Tentu bisa, dengan berbagai upaya pemenuhan nutrisi bagi tubuh, pengelolaan pola hidup yang tepat, serta pemeriksaan kesuburan yang pastinya turut diperlukan. Konsultasikan segala keluhan yang Anda alami dengan dokter dan biarkan dokter membantu Anda untuk bisa cepat hamil.