Inilah 4 Cara Efektif untuk Menyembuhkan Keputihan

289

Keputihan disebut sebagai hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau.

Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi. Sehingga, keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal.

Berikut ini cara menyembuhkan keputihan dari bagian intim wanita :

1. Mengonsumsi rebusan daun sirih

Daun sirih memiliki banyak manfaat, selain itu pun memiliki efek samping daun sirih, namun selama ini kita hanya menganal daun sirih sebagai obat yang bisa membantu penyembuhan gangguan vagina dari luar dan aneka gatal pada tubuh. Ternyata daun siri juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi keputihan. Anda bisa merebus beberapa kembar daun sirih lalu diminum rutin setiap hari.

Nah, itulah cara mengatasi keputihan secara alami yang bisa coba. Hal penting lain yang harus diperhatikan terkait cara menghilangkan keputihan adalah apabila keputihan yang Anda alami terjadi lebih dari seminggu setelah pengobatan mandiri. Segera periksakan diri ke dokter.

Jika keputihan ini disertai pembengkakan, rasa perih saat buang air kecil, kemerahan, Anda juga perlu memeriksakan kondisi ini dengan dokter. Penanganan akan diberikan dokter berdasarkan penyebab keputihan yang Anda alami.

2. Mengonsumsi bawang putih

Cara mengatasi keputihan yang pertama adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih adalah herba yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Umbi kecil ini memiliki kandungan antioksidan tinggi dan zat anti bakteri yang cukup masif. Mengonsumsi bawang putih akan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam vagina dan mencegah masuknya radikal bebas dari luar.

Jika Anda ingin memanfaatkan bawang putih, olah sesuai dengan selera. Anda bisa memasaknya dengan sayuran atau daging. Selanjutnya kalau ingin efek langsung bisa dikonsumsi mentah atau dibuat menjadi manisan terlebih dahulu. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi bawang putih mentah, kerana tetap terdapat bahaya bawang putih mentah

3. Mengonsumsi olahan kunyit

Kunyit memiliki dua buah fungsi jika digunakan untuk obat tradisional. Pertama, zat di dalam kunyit bisa berfungsi sebagai antioksidan dan anti radikal bebas. Kedua, kunyit juga berguna sebagai zat anti inflamasi atau pembengkakan jaringan yang ada di dalam tubuh termasuk vagina.

Mengonsumsi kunyit secara rutin akan membuat Anda semakin sehat dan gangguan pada vagina seperti keputihan bisa diminimalkan. Selanjutnya, kunyit juga baik untuk memperlancar aliran darah serta mengurangi rasa nyeri saat wanita menstruasi.

4. Jaga agar vagina tetap kering dan tidak lembap dengan selalu mengeringkannya setelah buang air kecil

Menjaga agar vagina tetap kering dapat juga dilakukan dengan, menggunakan celana yang tidak terlalu ketat, tidak terlalu sering menggunakan stoking, dan memakai celana dalam berbahan katun, bukan sintetis.

Itulah bebarapa hal yang kamu harus ketahui mengenai keputihan dan bagiamana cara menyembuhkan keputihan tersebut. Mengatasi keputihan memang tidak mudah, atau dapat dikatakan susah susah gampang. Hanya saja jika kamu merawatnya dengan rutin tentu kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal kok, keputihan akan dapat segera diatasi dengan mudah.

Bagiaan kewanitaan memang bagian yang sangat penting dan memang harus dijaga, apalagi bagi kalian yang masih remaja, jangan sampai bagian kemaluan Anda mengalami peramsalaan yang serius ya, seperti keputihan yang sudah parah. Untuk itu jika kamu mengalami keputihan segera gunakan cara di atas agar segera mendapat mengobatan dan penyembuhan.