Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 15 Cara Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Tinggi Badan Alami Demi Mendapatkan Tinggi Ideal

15 Cara Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Tinggi Badan Alami Demi Mendapatkan Tinggi Ideal

by Erlita

HGH (Human Growth Hormone) atau hormon pertumbuhan manusia adalah salah satu hormon penting yang dapat mendukung kita memperoleh tinggi badan yang ideal. Kelenjar pituitarilah yang memroduksi hormon penting ini di mana HGH adalah hormon yang berfungsi tak hanya mendukung pertumbuhan fisik, melainkan pergantian sel metabolisme tubuh, komposisi tubuh, serta kekuatan otot. Adakah cara meningkatkan hormon pertumbuhan tinggi badan supaya bisa mendapatkan tinggi ideal?

  1. Tidur Cukup

Pasti pernah mendengar bukan bahwa tubuh mengalami proses pertumbuhan saat kita sedang tidur? Nyatanya memang demikian, karena produksi hormon pertumbuhan 50 persen lebih terjadi saat tidur. Itulah mengapa tidur cukup, yakni 8-9 jam setiap malamnya merupakan hal paling penting dilakukan, khususnya oleh para remaja.

  1. Menurunkan Kadar Asupan Gula

Ketika asupan gula tinggi, insulin meningkat, namun produksi hormon pertumbuhan untuk tinggi badan malah menurun. Jadi, perhatikanlah dosis makanan yang Anda makan mulai saat ini karena ada kemungkinan gula yang menjadikan insulin naik malah menghambat produksi hormon pertumbuhan tubuh. Bukan tidak boleh mengonsusmi gula, hanya saja tak perlu berlebihan.

  1. Olahraga Teratur

Produksi HGH rupanya juga ditentukan oleh intensitas latihan fisik yang Anda jalani. Meningkatkan intensitas olahraga adalah salah satu cara untuk meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Beberapa jenis olahraga yang bisa mendukung hormon pertumbuhan tinggi badan meningkat antara lain adalah:

  • Lompat tinggi
  • Lari cepat
  • Berenang
  • Bersepeda
  • Menggelantung
  1. Menghindari Makan Banyak Sebelum Tidur

Pada malam hari, produksi hormon pertumbuhan justru lebih aktif dan terjadi secara signifikan, namun pada malam hari jugalah biasanya level insulin naik dengan mudah. Itulah mengapa, pastikan untuk menghindari makan sebelum tidur, apalagi makan makanan manis atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Berilah jeda 2 jam paling tidak setelah makan menuju tidur karena dalam waktu 2-3 jamlah biasanya kadar insulin bisa turun. Masih harus dilakukan penelitian lebih jauh tentang hal tersebut, namun masuk akal bila sebaiknya Anda menghindari makan berat atau manis tepat sebelum tidur.

  1. Berpuasa Berkala

Berpuasa tak hanya bisa dilakukan ketika memasuki bulan Ramadhan. Puasa juga banyak dilakukan orang sebag cara diet di mana asupan makanan dibatasi dengan waktu singkat. Untuk membuat HGH meningkat, berpuasa adalah cara yang boleh dicoba sebab hasil sebuah studi menyatakan bahwa ada peningkatan kadar HGH pada 3 hari menjelang puasa dan juga peningkatan terus terjadi bahkan ketika puasa dijalankan selama 1 minggu.

  1. Mengurangi Asupan Lemak

Lemak memang pada dasarnya diperlukan oleh tubuh, namun lemak berlebihan juga justru tidak baik bagi kesehatan. Dengan kadar lemak tinggi di dalam tubuh justru hanya akan membuat produksi hormon pertumbuhan tinggi badan kurang maksimal atau bahkan terganggu. Dengan kadar lemak tinggi, jumlah HGH pun tak akan cukup tinggi dibandingkan dengan orang-orang bertubuh kurus yang otomatis kadar lemak di dalam tubuh lebih sedikit.

  1. Menurunkan Berat Badan Bila Obesitas

Masih berkaitan dengan asupan lemak berlebih, berat badan dapat meningkat dan berujung pada obesitas ketika tubuh menerima banyak lemak. Hasil dari sebuah studi pun menunjukkan bahwa seseorang dengan masalah obesitas dapat mempunyai kadar HGH rendah. Namun ketika berat badan kembali ideal, kadar HGH yang tadinya turun akan meningkat dan bahkan normal kembali.

  1. Menjaga Asupan Vitamin D

Vitamin D yang bisa didapat dari sinar matahari serta makanan-makanan bernutrisi rupanya sangat mendukung dalam peningkatan kadar HGH pada tubuh. Jadi ketika tubuh kekurangan asupan vitamin D, sudah bisa dipastikan bahwa kadar HGH pun turut terpengaruh. Tak hanya hormon pertumbuhan tinggi badan, kadar testosteron dapat meningkat di mana ini pun mampu memengaruhi pertumbuhan tubuh lebih baik.

  1. Menghindari Alkohol

Bukan hanya mengancam kesehatan sistem saraf otak, berbagai masalah kesehatan bisa ditimbulkan karena mengonsumsi alkohol, salah satunya adalah hormon pertumbuhan tinggi badan yang terhambat. Ini karena produksi dan pelepasan HGH akan tertekan selama tidur. Bahkan walau hanya konsumsi satu minuman beralkohol, penurunan produksi HGH selama tidur dapat terjadi sebanyak 75 persen.

Alkohol juga adalah salah satu faktor yang menurunkan kadar testosteron yang otomatis menghambat pertumbuhan kekuatan otot. Bila memang menyukai jenis minuman beralkohol, batasilah, namun akan jauh lebih baik bila Anda benar-benar menjauhinya karena bahaya minuman keras bagi kesehatan tidak main-main.

  1. Melakukan Tips Diet Sehat

Diet yang paling penting untuk dilakukan jika hendak meningkatkan HGH adalah diet rendah karbohidrat. Untuk membuat kadar HGH normal sekalipun, Anda perlu melakukan diet dengan protein 20 persen, protein 40 persen, dan karbohidrat 40 persen. Dalam upaya menjaga nutrisi tetap seimbang sambil meningkatkan hormon pertumbuhan, asupan vitamin C juga layak dipertimbangkan untuk Anda menambahnya.

  1. Tertawa

Bukan hanya diketahui mampu membakar lemak dalam tubuh, tertawa itu sehat di mana salah satu khasiatnya adalah meningkatkan secara alami hormon pertumbuhan tinggi badan. Tentu saja tertawa adalah cara mengatasi stres yang sangat ampuh tentu hal ini jugalah yang mendukung proses produksi hormon tertentu di dalam tubuh, termasuk HGH.

Tak perlu kesulitan untuk mencari hal-hal lucu untuk ditertawakan karena di zaman modern ini, Anda bahkan bisa mencari video-video yang bisa mendukung Anda tertawa setiap hari. Tertawa selama 10 menit adalah sehat dan tentunya ada berbagai macam penyakit yang bisa diatasi.

Itulah sejumlah cara meningkatkan hormon pertumbuhan tinggi badan alami demi mendapatkan tinggi ideal yang bisa Anda terapkan. Tetaplah jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi sehat sekaligus melakukan olahraga tepat yang bisa mendukung produksi HGH.

You may also like