Badan Tinggi Dengan Mudah, Gunakan Cara Ini !

83

Mempunyai tubuh tinggi menjadi idaman banyak orang. Banyak keuntungan yang bisa didapat jika bertubuh tinggi antara lain menaikkan tingkat percaya diri, tidak mudah terlihat gemuk serta tidak kesulitan saat mengambil barang dengan posisi tinggi, Postur tubuh yang tinggi paling dominan dipengaruhi oleh bawaan genetik dalam tubuh. Tetapi ada juga beberapa cara agar tubuh tinggi di luar faktor genetik. Yuk ketahui 5 cara meninggikan badan yang alami dan pastinya aman.

1. Minum susu berkalsium tinggi

Kalsium adalah salah satu kebutuhan utama untuk perkembangan tulang. Kebutuhan kalsium tiap orang berbeda sesuai dengan usianya. Untuk remaja yang sedang tumbuh (usia 10 – 18 tahun) disarankan mengkonsumsi kalsium sebanyak 1200 mg/hari (berdasar Angka Kecukupan Gizi / AKG 2013).

Beberapa sumber kalsium adalah susu, kacang – kacangan dan sayuran hijau. Susu merupakan salah satu sumber kalsium umum yang mudah didapat. Ada jenis susu yang mengandung kalsium dalam jumlah tinggi. Untuk meninggikan badan disarankan meminum susu tinggi kalsium dua gelas sehari yaitu pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

2. Minum air mineral

Agar mempunyai tubuh tinggi secara alami, disarankan mengkonsumsi air mineral secara rutin minimal 8 gelas sehari. Air mineral yang dimaksud adalah air yang mengandung mineral atau bahan larut lain.

Kandungan mineral dalam air yang kita minum dapat membantu pertumbuhan karena mudah larut dan sangat cepat diserap oleh tubuh. Selain itu mineral dapat menggantikan dan memulihkan sel tubuh yang rusak.  Hal ini dapat kamu rutinkan dengan melakukan terapi air putih.

3. Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi

Makanan yang kita makan juga mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan perkembangan. Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, maka pertumbuhan tulang dan gigi akan maksimal. Makanan tinggi kalsium bisa didapat dari biji – bijian seperti biji wijen, biji poppy dan biji chia. Bisa juga dari kacang – kacangan dan olahannya seperti kedelai, kacang merah, almond, tofu, tempe, tahu.

Sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium pun beragam, misalnya brokoli, bayam dan pok choy. Beberapa jenis ikan segar mengandung kalsium dalam jumlah cukup tinggi bahkan melebihi kandungan kalsium dalam susu. Ikan ini antara lain ikan sarden, ikan salmon dan ikan teri. Olahan susu seperti keju dan yogurt juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

4. Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi

Pertumbuhan serta perkembangan tulang dan gigi tidak hanya dipengaruhi oleh asupan kalsium dan mineral saja, tetapi juga dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, agar dapat menjadi tinggi sebaiknya perhatikan juga asupan nutrisi dari makanan. Contoh makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup tinggi adalah gojiberi, blueberry, sawi, alpukat, daging merah, dan sebagainya.

5. Istirahat yang cukup

Salah satu hal penting yang sering terlupakan adalah istirahat atau tidur. Dengan tidur minimal 8 jam sehari, kesehatan tubuh akan selalu terjaga. Selain itu, tidur juga berhubungan erat dengan proses pertumbuhan karena hormon pertumbuhan (HGH) diproduksi saat tubuh sedang beristirahat atau tidur.

Kurang tidur juga dapat berakibat kurangnya konsentrasi, lemahnya sistem imun, mempercepat penuaan dini dan tekanan darah tidak stabil. Untuk anak dan remaja disarankan untuk tidur 8 – 10 jam tiap hari. Adapula ciri-ciri orang yang kurang tidur, jika sudah demikian, luangkan waktu mu untuk istirahat.

Itulah beberapa cara membuat tubuh menjadi tinggi. Tetapi perlu juga olahraga secara teratur agar tulang dan badan kuat serta tidak mudah terserang penyakit. Asupan makanan pun harus diperhatikan dengan benar sehingga kebutuhan kalsium, mineral dan nutrisi tubuh selalu tercukupi.