17 Cara Mengobati Leher Tengeng Tanpa Perlu Ke Dokter

Pernahkan merasakan ketika bangun tidur dan menggerakkan leher terasa kaku? Leher tidak bisa bergerak ke salah satu arah kanan atau kiri. Masyarakat Indonesia menyebutnya salah bantal atau leher tengeng. Secara medis dokter menyebutnya tortikolis spasmodik. Penyebab leher tengeng ini bermacam-macam, baik itu penyebab biasa atau karena penyakit. Penyebab tersebut antara lain :

  • Posisi tidur yang salah
  • Kelelahan
  • Serangan panik atau panic attack
  • Seseorang yang jarang beraktivitas dengan banyak gerakan, misalnya selalu duduk di depan meja karena kerja nberhubungan dengan computer.
  • Penyakit berbahaya seperti meningitis dan syaraf kejepit pada leher.

Karena kita tidak mengetahui secara dini penyebab leher tengeng sebelum ke dokter, maka dapat dilakukan beberapa cara mengobati leher tengeng tanpa harus ke dokter lebih dulu karena Anda dapat memraktekkannya di rumah, yaitu :

1. Kompres Leher

Kompres dilakukan secara bergantian antara panas dan dingin setiap 10 sampai 15 menit sekali. Pastikan saat mengompres, kain untuk kompres benar-benar diperas agar air tidak menetes. Kompres dapat dilakukan terus sampai sakit hilang.

2. Peregangan

Gerakan peregangan dapat dilakukan untuk mengatasi leher tengeng. Gerakan ini adalah dengan menggerakkan kepala ke depan, ke belakang, miring ke kanan dan ke kiri, putar ke kanan dan ke kiri.  Masing-masing gerakan dilakukan sampai hitungan ke-8. Untuk bagian yang sakit, gerakan dilakukan perlahan.

3. Pijat Lembut

Pijatan lembut terkadang dapat mengatasi leher kaku atau tengeng. Anda bahkan bisa juga melakukannya dengan bantuan minyak di leher yang sakit dengan arah pijitan satu arah.

4. Menjemur Bantal

Menjemur bantal akan membuatnya hangat ketika digunakan. Ini akan mengobati leher tengeng percaya atau tidak. Dari sini mungkin asal kata salah bantal, jadi tak ada salahnya dicoba.

5. Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri jenis Acetaminophen dapat diminum bagi leher kaku yang sangat sakit. Biasanya ini hanya mengatasi beberapa waktu. Sementara obat dengan jenis Ibuprofen dapat dikonsumsi dengan resep dokter. Efek samping Ibuprofen harus diwaspadai.

6. Bantal Penghangat

Pada dasarnya, leher tengeng akan hilang sedikit demi sedikit jika dihangatkan. Pembuluh darah akan lebih lancar, sakit hilang. Ini yang dilakukan ketika menjemur bantal dan menggunakannya. Di apotek sekarang dijual bantal penghangat yang siap pakai.

7. Handuk Panas

Handuk panas dapat diletakkan di leher secara melingkar. Diamkan selama sekitar 5 sampai 7 menit. Fungsi handuk panas ini sama dengan bantal yang sudah diulas sebelumnya di atas.

8. Mengurangi Aktivitas Berat

Leher tengeng dapat berlangsung satu sampai tiga hari. Salah satu langkah mengobatinya adalah dengan mengurangi aktivitas berat, khususnya yang berhubungan dengan tangan dan punggung sampai ke leher. Aktivitas berat akan menambah beban leher dan menyulitkan pengobatan.

9. Obat Perileks Otot

Obat perileks otot yang dijual bebas dapat diminum. Namun, disarankan tidak meminum obat ini kecuali jika sakit sangat menggangu aktivitas. Perhatikan betul aturan minum obat agar tak membahayakan kesehatan Anda.

10. Tidur dengan Menyangga Kepala

Salah satu penyebab leher tengeng adalah cara atau posisi tidur yang salah. Oleh karena itu, perhatikan bantal yang digunakan. Pastikan posisinya lebih tinggi sedikit dan cukup untuk menyangga posisi kepala. Untuk menyangga kepala, dapat juga menggunakan bantal memory. Perhatikan untuk mengganti bulu bantal setahun sekali dan kasur yang kekerasannya sudah berkurang.

11. Tidur Tanpa Bantal

Daripada tidur menggunakan bantal menyebabkan sakit pada leher, maka lebih baik tidak tidur dengan bantal.  Saat leher tengeng, tidur tanpa bantal juga lebih efektif dibandingkan menggunakan bantal.

12. Hindari Tidur Tengkurap atau Telungkup

Menghindari tidur dengan posisi tengkurap sangat disarankan. Tidur tengkurap membuat kepala tidak tersangga dengan baik. Selain itu, banyak organ tubuh tidak berfungsi normal ketika tidur tengkurap atau telungkup karena tertekan posisi badan.

13. Akupuntur

Mendatangi ahli akupuntur terdekat juga menjadi solusi leher tengeng. Ahli akupuntur akan membebaskan titik mana saja dari peredaran darah yang harus ditusuk dan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Sakit pada leher akan hilang.

14. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat akan memberi efek yang sama dengan kompres leher dan melingkarkan handuk panas ke leher.    Mandi air hangat juga akan membuat tubuh merasa lebih nyaman. Demam panas yang mungkin mengikuti juga dapat diatasi dengan mandi air hangat.

15. Minyak Zaitun

Minyak zaitun hangat dapat dioleskan pada leher yang kaku. Untuk mendapatkan minyak zaitun hangat, simpanlah minyak zaitun beberapa lama di microwave. Setelah hangat baru dikeluarkan dan digunakan; penggunaan minyak zaitun ini sama dengan minyak gosok penghangat tubuh.

16. Garam Epsom

Garam Epsom dapat dibeli di apotek dan di dalamnya pun mengandung Magnesium Sulfat. Fungsi Magnesium Sulfat tersebut adalah meringankan dan meregulasi aktivitas enzim dan memperbaiki sirkulasi darah. Mandi dengan air campuran garam Epsom akan membuat tubuh lebih nyaman. Caranya juga mudah, hanya mencampurkan 2 cangkir garam Epsom ke dalam bak air bak mandi.

17. Cuka Apel

Cuka yang berasal dari buah apel ini diakui banyak pihak dapat mengatasi berbagai penyakit. Cara mengobati leher tengeng dengan cuka apel cukup mudah. Kita dapat merendam tisu makan atau tisu kertas ke dalam cuka apel dan menempelkannya di leher selama beberapa saat. Tempelan diganti dan dilakukan berulang-ulang hingga kaku hilang. Cuka dapat juga dicampurkan dalam air bak mandi sebanyak dua cangkir dan berkhasiat seperti garam Epsom.

Demikian cara mengobati leher tengeng tanpa perlu ke dokter karena Anda bisa melakukannya di rumah dengan sangat mudah. Namun, jika lebih dari 3 hari tidak ada perubahan dengan menggunakan salah satu pengobatan di atas, leher kaku diiringi muntah, demam panas, nyeri dada kiri, dan pusing, barulah segera ke dokter. Dokter akan mendiagnosa penyebab leher tengeng dan memberi pengobatan lebih tepat; semoga bermanfaat bagi Anda.