15 Tips Supaya Otak Encer, Fokus dan Cerdas

840

Tak dapat dipungkiri bahwa otak merupakan salah satu bagian paling penting pada tubuh setiap manusia karena merupakan pusat kendali dari segala gerakan tubuh. Ketika otak dalam kondisi yang baik dan sehat serta dilatih dengan baik, otomatis tak hanya kemampuan fisik yang meningkat, tapi kemampuan kognitif juga ikut berkembang.

Banyak orang yang mengira bahwa kecerdasan otak dapat diperoleh secara instan, namun sebenarnya untuk memiliki otak yang encer diperlukan adanya latihan otak serta kebiasaan-kebiasaan yang baik. Pola hidup yang benar dan sehat adalah kunci untuk memiliki otak yang cerdas atau encer, lalu apa tips supaya otak bisa encer?

  1. Membaca Buku Fiksi Maupun Non-Fiksi

Bila membaca buku fiksi disebut menjadi cara mengatasi otak lambat berpikir karena mampu mengaktifkan kinerja otak dalam membuat alur cerita, maka kini untuk otak yang encer dan cerdas Anda perlu memperbanyak bacaan fiksi sekaligus non-fiksi. Buku fiksi memampukan Anda untuk memahami perspektif yang berbeda sekaligus pengenalan karakter, sementara buku non-fiksi akan memperluas pengetahuan.

  1. Menjelajahi Tempat Baru

Tak perlu berjalan-jalan atau berwisata ke tempat yang jauh, sebab Anda pun bisa menjelajah setiap tempat yang ada di area tempat tinggal saja sudah cukup dan enteng di kantong. Akan ada banyak orang baru yang bisa Anda ajak mengobrol dan ada banyak hal baru yang tak sekadar menambah pengalaman tapi juga pengetahuan.

  1. Memainkan Permainan Mengasah Keterampilan Tata Ruang

Dilansir dari TribunNews.com, bermain teka-teki, origami, catur dan juga puzzle adalah suatu cara untuk meningkatkan keterampilan tata ruang. Aktivitas tersebut paling baik untuk mengaktifkan dan meningkatkan fungsi otak kanan dengan ‘memanipulasi’ suatu benda sesudah membayangkan bentuknya di otak.

  1. Mengatasi Gangguan Kecemasan dan Stres

Untuk mengencerkan otak, melalui sebuah hasil penelitian para peneliti dari Universitas Gothenburg asal Swedia menunjukkan bahwa peningkatan kecemasan terjadi pada sekelompok wanita yang sudah berusia 40 tahunan. Khawatir dan cemas berawal dari stres sehingga berdampak pada mudah tersinggung dan marahnya mereka. Pengelolaan stres yang benar sangat diperlukan agar tak memicu disfungsi mental, yakni melalui cara menghilangkan stres yang baik dan aman.

  1. Menghafal Tanggal-tanggal Penting

Supaya dapat mengatasi penyebab lemah otak dan membuat otak jauh lebih encer, cobalah untuk mulai mengatasinya melalui penghafalan hal-hal yang sepele. Contohnya saja, hafalkan tanggal-tanggal penting seperti ulang tahun anggota keluarga dan teman, hingga tanggal perayaan penting lainnya.

  1. Menghafalkan Suatu Hal Favorit Anda

Apakah Anda suka mendengarkan lagu? Atau menyukai puisi? Tertarik mempelajari kosakata bahasa asing? Ketika Anda suka mendengarkan lagu, menghafal lirik lagu jelas sangat berguna bagi kinerja otak, begitu pula dengan menghafal puisi yang Anda suka, serta menghafal banyak kosakata bahasa asing yang Anda ingin kuasai.

  1. Menghitung Tanpa Kalkulator

Untuk melatih fungsi otak depan dan lobus parietal, cobalah untuk melakukan proses berhitung di luar kepala. Itu artinya, Anda tak perlu mengandalkan kalkulator di mana biasanya kalkulator adalah alat bantu yang memang mempercepat, tapi jika dibiasakan malah justru memanjakan otak.

  1. Aktif Berbicara dengan Orang Lain

Untuk Anda yang senang mengobrol, hal ini tentu bukan masalah. Jadi bagi Anda yang mungkin merasa pendiam dan cenderung pemalu, cobalah untuk mulai aktif bicara di depan orang lain. Setelah bicara, lakukan evaluasi terhadap respon yang lawan bicara berikan terhadap suara, bahasa tubuh dan kata-kata Anda.

  1. Olahraga

Kurang olahraga tak hanya menjadikan otot kurang fleksibel dan mudah tegang, tapi ternyata berpengaruh pada penurunan keaktifan otak. Baik olahraga secara tim atau olahraga sendiri, lakukanlah secara rutin supaya mampu melatih otak motor cortex. Otak akan jauh lebih encer ketika mampu menjadi koordinator gambaran otak menjadi gerakan.

  1. Menambah Asupan Vitamin C

Sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi bukan hanya menawarkan keuntungan untuk kesehatan kulit supaya lebih cerah atau menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh saja. Konsumsi makanan bervitamin C rupanya dapat meningkatkan fungsi mental, meningkatkan IQ dan menambah daya ingat.

  1. Menambah Asupan Vitamin B

Untuk otak lebih encer dan selalu tajam, asupan vitamin B kompleks juga jangan lupa untuk ditambah. Telur dan daging ayam adalah contoh makanan dengan kandungan vitamin B tinggi sehingga bagus untuk menjadikan neurotransmitter lebih kuat. Dengan begitu, penyakit semacam alzheimer juga dapat Anda hindari.

  1. Makan Kacang-kacangan

Kacang tanah, almond, kacang Arab, kacang kayak, dan lainnya rupanya adalah jenis kacang yang kalau dikonsumsi secara sering justru amat bagus untuk otak. Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung vitamin E tinggi sehingga baik dalam mempertahankan fungsi otak.

  1. Makan Sayuran

Makan sayur tak hanya menguntungkan untuk sistem pencernaan karena tingginya kandungan serat. Berbagai jenis sayur menawarkan nutrisi segudang yang mampu menjaga kesehatan dan keenceran otak, seperti brokoli yang kaya akan vitamin K, tomat yang kaya akan likopen sehingga dapat mencegah alzheimer, serta bayam dan selada yang kaya akan omega-3.

  1. Makan Ikan

Ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna dan makarel adalah contoh makanan yang baik untuk dikonsumsi sebagai pendukung kesehatan otak. Ada kandungan EPA dan DHA yang dibawa oleh omega-3 yang menurut penelitian baik untuk fungsi otak. Justru makanan dengan kandungan DHA yang rendah itulah yang bisa mengancam kesehatan otak.

  1. Makan Gandum dan Biji-bijian

Nasi merah, roti gandum dan oatmeal dapat Anda mulai masukkan ke dalam daftar menu diet harian sebab mengonsumsinya bukan hanya menjadi cara melancarkan peredaran darah, melainkan juga meningkatkan fungsi seluruh organ tubuh. Itu artinya, otak pun termasuk dapat lebih baik fungsi dan kesehatannya sehingga juga akan menjadi lebih encer.

Itulah beragam tips supaya otak encer yang bisa Anda terapkan mulai sekarang, mulai dari kebiasaan serta aktivitas baru yang bermanfaat, hingga pola makan yang perlu lebih sehat dan bernutrisi. Selamat mencoba dan tak lupa imbangi juga dengan istirahat cukup serta banyak minum air putih.