Home Tips KesehatanKesehatan Mulut 5 Menu Ini Wajib Untuk Anda Konsumsi Agar Gigi Sehat

5 Menu Ini Wajib Untuk Anda Konsumsi Agar Gigi Sehat

by Nila

Gigi yang sehat sangat mudah diupayakan dimana pendukungnya adalah beberapa jenis makanan dan minuman dipercaya ampuh buat menjadikan gigi anda lebih sehat.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan lebih lanjut tentang makanan dan minuman apa saja yang berkhasiat untuk menjadikan gigi anda lebih sehat. Berikut di bawah ini makanan dan minuman yang dapat anda konsumsi guna memperoleh kondisi gigi dan mulut lebih indah dan sehat.

  • Secangkir Teh Hangat

Teh Hitam atau Teh Hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang banyak mengandung senyawa ‘polifenol’ ampuh buat memperlambat proses pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan gigi anda berlubang sehingga muncul masalah gusi. Riset menjelaskan bahwa mereka yang berkumur dengan menggunakan Teh Hitam selama 1 menit berturut – turut dalam 10 kali sehari, akan mengalami pengurangan plak menumpuk pada permukaan gigi.

Sedangkan orang yang hanya berkumur memakai air biasa saja tidak memiliki dampak apa pun. Juga Teh Hitam ampuh buat mengatasi bau mulut karena mampu mengontrol bakteri penyebab masalah bau pada mulut.

  • Segelas Susu Hangat

Riset yang diselenggarakan oleh ‘Journal of The American Dental Association’ menjelaskan bahwa dengan meminum segelas susu hangat akan menjadi lebih efektif dalam menurunkan kadar zat Asam dalam mulut anda dibandingkan dengan meminum air putih atau segelas Jus Apel. Hal ini disebabkan karena susu ampuh buat menetralkan zat Asam dihasilkan oleh bakteri jahat yang menyebabkan munculnya plak.

Hindari mencampurkan susu dengan bahan penyedap lainnya karena hanya akan menyebabkan kemampuan susu untuk menetralkan zat Asam menjadi kurang optimal. Disarankan untuk minum susu tanpa bahan pemanis usai anda mengonsumsi makanan manis guna melindungi kesehatan gigi.

  • Permen Karet Rendah Gula

Dengan mengunyah permen karet ternyata memberi khasiat bagus untuk melindungi gigi anda. Seperti halnya susu tanpa gula, hindari memilih permen karet yang mengandung kadar gula tinggi. Belilah permen karet tanpa gula lalu anda kunyah. Dengan mengunyah akan berfungsi meningkatkan sekresi air liur yang bermanfaat guna membersihkan bakteri di area mulut dan gigi anda.

  • Makanan renyah seperti wortel

Makanan renyah yang dimaksudkan di sini adalah buah – buahan segar seperti Apel, Mentimun, atau Wortel dan aneka buah – buahan segar lainnya yang jika anda gigit akan mengeluarkan suara ‘kriuk’. Nah dengan anda mengonsumsi makanan renyah maka anda akan diberi kesempatan banyak untuk mengunyah sehingga plak pada permukaan gigi akan lebih mudah dibersihkan. Semakin sering anda mengunyah maka bakteri akan enggan mengendap di permukaan gigi.

  • Keju

Sebuah riset yaitu ‘General Dentistry’ baru – baru ini melaporkan tentang anak – anak berusia antara 12 s/d 15 tahun yang gemar mengkonsumsi Keju jenis ‘Cheddar’ ternyata mempunyai kadar Asam lebih sedikit di area mulut mereka dibandingkan dengan anak – anak yang tidak suka makan keju. Keju terbukti ampuh buat mengembalikan dan menjaga tingkat / kadar pH di dalam mulut terutama untuk anak – anak. Keju merupakan makanan pokok yang tercepat dalam mengerjakan kondisi ini apabila anda bandingkan dengan susu atau yoghurt.

Nah makanan dan minuman tersebut di atas mudah sekali dijumpai di pasar – pasar tradisional hingga supermarket. Maka dari itu mulai sekarang jagalah selalu kesehatan gigi anda dengan berbagai cara terutama tersebut di atas. Upayakan agar anda mulai sekarang memiliki gigi yang sehat sehingga di masa depan anda bisa tersenyum dengan penuh percaya diri.

You may also like