Home Tips KesehatanKesehatan Mulut 12 Penyebab Lidah Gatal dan Perih Paling Sering Terjadi

12 Penyebab Lidah Gatal dan Perih Paling Sering Terjadi

by Henny Anugerah

Lidah yang gatal bisa menyerang anak, Dewasa dan orang tua yang biasanya dapat hilang dengan sendirinya hanya dengan metode pengobatan alami yang sederhana atau menghindari hal hal yang memungkinkan terjadinya gatal gatal.

Penyebab lidah gatal

1.Reaksi alergi

Penyebab lidah gatal pada penderita asma adalah berkaitan dengan reaksi alergi. Alergi makanan yang dimaksud adalah gatal pada permukaan lidah setelah mengkonsumsi makanan jenis laut yang mengandung zat logam atau merkuri misalnya Udang lobster, Kepiting, Kerang dan sebagainya.

2. kandidas albicans

Jamur merupakan salah satu penyebab lidah gatal yang paling sering menyerang manusia. Jamur yang dimaksud adalah jenis kandidiasis albicans  yang menyebabkan permukaan lidah mengalami bercak bercak putih tak beraturan hingga menyeluruh pada permukaan lidah. Kandidas albicans dapat dihilangkan dengan alat khusus peembersih lidah yang digunakan setelah gosok gigi dan sebelum berkumur dengan obat kumur antibakteri.

3. Alkohol

Alkohol adalah faktor eksternal penyebab lidah gatal yang terbentuk karena kebiasaan dan gaya hidup seseorang. Alkohol umumnya bersifat panas dan menggerus jaringan lidah hingga menyebabkan munculnya rasa sensasi seperti terbakar, gatal gatal. Melekatbya zat zat yang ada pada minuman beralkohol dapat mempermudah perkembangan bakteri yang berasal dari sisa makanan yang bersembunyi dibalik gigi lalu mengalami peguraian bakteri yang akhirnya menyebabkan rasa gatal pada permukaan lidah.

4. Merokok

Merokok merupakan faktor eksternal yang dapat menjadi ancaman bagi kesehatan rongga mulut. Bahaya tar pada rokok ternyata bukan hanya merusak saraf  dan aliran darah saja tetapi bisa meluas menjadi perusak jaringan lidah. Rokok dapat menjadi salah satu penyebab lidah gatal, Mudah terluka karena gesekan makanan saat mengunyah dan meninggalkan jejak berupa melekatnya zat beracun dari rokok yang membentuk plak plak lebar berwarna putih atau bahjan putih kekuningan.

5. Makanan dan minuman

Penyebab lidah gatal juga bisa disebabkan karena makanan dan minuman yang terlalu panas. Rasa panas dapat mencederai serabut tipis yang ada pada permukaan lidah dan menimbulkan rasa gatal. Permukaan lidah bersifat sensitif pada suhu yang terlalu panas sehingga bisa merangsang kelenjar ludah menjadi kurang aktif dalam memproduksi air liur secara normal.

6. Gejala atropic glossitis

Atropic glossitis merupakan faktor internal yang menjadi ancaman bagi kesehatan rongga mulut terutama lidah. Atropic glossitis  adalah salah satu penyakit lidah yang muncul akibat kurangnya perawatan pada rongga mulut yang telah berlangsunfg dalam jangka panjang. Gejala atropic glossitis dapat berupa lidah berwarana puith, Lidah nampak tebal, Gatal gatal  dan mengkilat. Kondisi ini muncul akibat didalm tubuh kekurangan zat besi yang berlebihan, Biasanya terjadi pada penderita gejala anemia.

7. Penyakit geografic tongue

Penyakit lidah geografic tongue merupakan salah satu faktor internal penyebab muncuklnya gangguan pada lidah. Penyakit ini adalah salah satu penyakit lidah yang kerab menjadi penyebab lidah gatal , Permukaan lidah membetuk plak plak dengan ukuran yang berbeda yang mirip seperti pulau pulau. Permukaan lidah nampak licin dan berwarna kemerahan dan kadang putih kekuningan yang menyerupai keju.

8. Fissured tongue

Faktor internal yang bisa memicu munculnya gangguan pada jaringan lidah adalah penyakit lidah yang bernama fissured tongue yang sering menyerang para dewasa. Fissured tongue adalah jenis penyakit lidah yang memungkinkan seseorang terserang lidah yang gatal gatal , Permukaan pecah pecah, Ada gumpalan putih yang membentuk garis  garis  atau bercabang cabang. Kondisi ini disebabkan karena serangan bakteri yang berasal dari sisa makanan yang melekat pada sekitar rongga mulut yang tidak segera dibersihkan.

9. Glossopyrosis

Penyakit lidah bernama glossopyrosis juga masuk sebagai faktor internal  yang bisa mengancam kesehatan jaringan lidah. Glossopyrosis merupakan penyakit yang dapat menjadi penyebab lidah gatal yang muncul akibat kelainan saraf lidah yang terbentuk karena hasil dari penumpukan zat kimia obat atau akibat infeksi bakteri yang belum disembuhkan secara total.

10.Buah nanas

Buah nanas merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Namun senyawa bromelain yang terkandung didalamnya justru dapat bersifat menggerus jika nanas dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak.  Senyawa bromelain mampu menghancurkan dan memecah protein yang ada dipermukaan lidah sehingga lidah menjadi terasa gatal dan pedih. Mengkonsumsi nanas secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping buah nanas bagi kesehatan yang penting anda ketahui misalnya salah satunya adalah naiknya asam lambung atau masalah gastroesophageal.

11.Iritasi dalam proses penyembuhan

Pada lidah yang pernah mengalai iritasi, Luka ringan atau tergores benda tajam maka ketika memasuki masa penyembuhan karena pengobatan maka akan muncul ras gatal yang timbul tenggelam. Rasa gatal pada lidah merupakan respon dari jaringan lidah yang sebenarnya memberi tanda bahwa proses penyembuhan iritasi atau luka sedang berjalan.

12.Betadine mouthwash

Penggunaan obat kumur terus menerus dan konsisten adalah faktor eksternal yang bisa mengganggu jaringan rongga mulut termasuk lidah.  Penggunaan obat kumur yang berlebihan dapat menjadi penyebab lidah gatal dan menyebabkan bakteri menjadi resisten terhadap antiseptik yang ada dalam obat kumur tersebut, Akibatnya bakteri tetap bisa berkembang dan menyebabkan rasa gatal yang tidak kunjung hilang. Sebaiknya gunakan obat kumur tidak setiap hari tetapi disesuaikan dengan kebutuhan . Obat kumur terbaik dan tetap digunakan sesuai aturan yang diberlakukan dalam kemasannya adalah betadine mouthwash .

You may also like