Home Featured Ini 7 Manfaat Makan Coklat Putih, Apakah Lebih Baik dari Coklat Hitam?

Ini 7 Manfaat Makan Coklat Putih, Apakah Lebih Baik dari Coklat Hitam?

by Erlita

Kalau kita kerap mendengar manfaat dari coklat hitam (dark chocolate) bagi tubuh dan kita juga lebih familiar dengan coklat hitam, sebenarnya ada pula white chocolate atau coklat putih. Keduanya sama-sama berkandungan kakao, hanya saja kalau coklat putih pembuatannya dari cocoa butter, gula dan susu, coklat hitam tidak ada kandungan susunya.

Coklat putih berdasarkan kandungannya memang tak menyerupai coklat sebab tak ada sari atau bubuk kokoa. Dari rasanya pun coklat putih akan lebih terasa susunya, namun coklat putih punya tesktur yang dijamin lebih lembut dari coklat hitam walau agak lengket kalau kita menikmatinya. Lalu, apa sih manfaat makan coklat putih? Benarkah lebih baik dari coklat hitam?

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Coklat putih diketahui mengandung dopamin kadar tinggi sehingga sangat baik dan efektif dalam merilekskan otak sekaligus menurunkan risiko stres sehingga setiap malam bisa tidur dengan nyenyak. Bagi penderita gangguan tidur karena pikiran yang sering stres, cobalah konsumsi coklat putih.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Para peneliti membuktikan kalau untuk kesehatan sistem kardiovaskular maupun jantung, coklat putih sangat berefek positif. Kalau makan coklat hitam bisa menjadi cara melancarkan peredaran darah sekaligus mencegah penyakit jantung, makan coklat putih mampu mencegah penyempitan dan sumbatan pada arteri sehingga risiko penyakit jantung turut berkurang.

3. Mencegah Penuaan Dini

Karena coklat putih kaya akan sifat antioksidan, maka mengonsumsinya pun bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini lho. Asal tak berlebihan, memakan coklat putih rutin mampu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah yang bahkan sudah mulai muncul.

4. Menurunkan Kadar Tekanan Darah dan Kolesterol

Mengonsumsi coklat putih dalam jumlah moderasi atau secukupnya juga berguna dalam menurunkan kadar tekanan darah yang tinggi. Sifat antioksidan yang besar pada coklat inilah yang lagi-lagi dijamin begitu baik dalam membuat pembuluh darah bekerja secara lebih efisien dan mudah. Terlebih, LDL atau kolesterol jahat juga dapat menurun kadarnya karena HDL atau kolesterol baik bakal naik.

5. Melindungi Gigi

Terlalu banyak makan coklat bisa bikin sakit gigi, ya benar, kalau dibarengi dengan konsumsi berlebihan apalagi jarang menggosok gigi. Coklat putih yang kaya suus ini berkandungan fosfat tinggi sehingga akan memberikan proteksi pada gigi dari kerusakan lho.

6. Mencegah Nyeri Sendi

Arthritis atau radang sendi dapat terjadi pada siapapun, baik itu orang muda atau orang tua. Siapapun yang mengalami, coba deh memakan coklat putih karena antioksidannyalah yang akan membuat asam urat terpecah dan tercegah untuk menimbun pada sendi yang memicu rasa nyeri.

7. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Suatu hasil studi membuktikan bahwa wanita yang cukup sering mengonsumsi coklat putih justru mampu menurunkan potensi kanker payudara berkat kandungan polifenol di dalam coklat jenis ini. Polifenol masih tergolong antioksidan yang bersifat baik dalam melakukan pencegahan perkembangan sel kanker.

Itu dia serangkaian manfaat makan coklat putih yang kaya nutrisi dan antioksidan. Kandungan antioksidan pada coklat hitam memang lebih tinggi, namun tidak salah kok kalau memilih coklat putih karena sama besar manfaatnya. Namun karena kandungan susu dan gula pada coklat putih lebih tinggi, pastikan ya asupannya tidak berlebihan.

You may also like