Home Featured Ini 5 Manfaat Makan Singkong Rebus untuk Diet Sehat dan Sukses

Ini 5 Manfaat Makan Singkong Rebus untuk Diet Sehat dan Sukses

by Erlita

Banyak orang ingin menurunkan berat badan namun bingung apa yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Sebetulnya, singkong yang kaya akan vitamin C, vitamin B, zat besi, karbohidrat, rendah lemak, protein dan kalori ini bisa dijadikan pengganti nasi yang efektif lho. Ini dia sederet manfaat makan singkong untuk diet yang sehat dan berhasil.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kaya akan serat, singkong adalah makanan yang tepat untuk membuat saluran dan sistem pencernaan menjadi lebih lancar bila mengonsumsinya rutin. Singkong yang direbus jauh lebih menyehatkan ketimbang digoreng, namun proses pengukusan juga jangan terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang mengalami kelebihan berat badan, mengonsumsi singkong rebus justru dianjurkan karena tak mengandung minyak yang akan meningkatkan kadar lemak dan kolesterol jahat. Bahkan singkong pun memiliki kandungan kalori yang termasuk rendah dibandingkan roti dan nasi. Tinggi serat di dalam singkong juga mampu memberikan efek kenyang tahan lama di mana nafsu makan yang besar juga akhirnya bisa berkurang.

3. Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Otot

Diet seringkali memberikan efek berkurangnya kesehatan dan kekuatan otot. Namun mengonsumsi singkong adalah pilihan yang tepat karena kandungan protein di dalamnya cukup tinggi sehingga jaringan otot tetap ternutrisi dan terjaga tetap sehat. Seporsi singkong terdapat kandungan protein 2 gram sehingga mampu memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh.

4. Meningkatkan Energi

Kalau pelaku diet khawatir tubuhnya justru akan melemah karena energi yang berkurang disebabkan tidak makan nasi, singkong tidak akan memberi efek demikian. Kaya akan karbohidrat kompleks, singkong bisa tetap menambah energi dan bahkan meningkatkan fungsi otak agar bisa bekerja lebih efisien.

5. Meningkatkan Kekebalan dan Mencegah Penyakit

Orang-orang yang menjalani diet, seperti mengurangi makanan tertentu, terkadang bisa berujung pada penurunan kesehatan. Namun, menjadikan singkong rebus sebagai pengganti nasi sebenarnya justru malah meningkatkan kekebalan tubuh. Ini berkat adanya kandungan vitamin C dan asam folat di dalamnya yang siap melawan efek radikal bebas.

Ketika kekebalan tubuh meningkat, otomatis tubuh jadi lebih kuat dan tak mudah terserang penyakit. Ingat bahwa singkong pun menawarkan mineral magnesium dan tembaga yang mampu menjaga kesehatan tubuh sehingga selama berdiet dengan singkong tak perlu lagi khawatir tubuh bisa sakit.

Jika tertarik dengan diet singkong serta berbagai manfaat makan singkong rebus untuk diet, ini dia cara merebusnya dengan mudah:

  • Siapkan beberapa buah singkong yang tentunya sudah dikupas dan dibersihkan lebih dulu.
  • Potonglah menjadi beberapa bagian agar mengonsumsinya nanti lebih gampang.
  • Rebus singkong sampai benar-benar matang, namun jangan terlalu lama.
  • Setelah selesai merebus, singkong siap dikonsumsi.

Singkong rebus memang layak dijadikan menu diet yang efektif menggantikan nasi karena mampu memberi rasa kenyang lebih lama. Karena hal inilah, kita akan terhindar dari rasa ingin ngemil yang menjadi penyebab berat badan naik terus.

You may also like