Wow! Ini Cara Menghilangkan Stres Paling Ampuh Dalam 5 Menit

108

Stres dan depresi menjadi ancaman yang serius untuk semua orang. Kondisi ini berkaitan dengan tekanan hidup dan pekerjaan yang sangat berat. Persaingan untuk menjadi yang terbaik dalam berbagai bidang juga meningkatkan kondisi stres lebih buruk. Hal yang sangat mencengangkan adalah bahwa stres tidak hanya menyerang orang dewasa tapi juga anak-anak usia sekolah dan orang lanjut usia. Sementara efek stres tidak hanya menyerang kesehatan mental tapi juga kesehatan fisik.

Bahkan stres juga memicu kondisi yang buruk seperti perubahan gaya hidup. Agar tidak mengalami semua kejadian buruk tersebut maka cobalah cara menghilangkan stres paling ampuh dalam 5 menit, seperti dibawah ini.

  1. Suara yang Menenangkan

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah mendengarkan suara yang menenangkan. Suara yang lembut bisa meningkatkan suasana hati dan membantu mengontrol emosi. Bahkan suara yang menenangkan bisa meredakan emosi dan tekanan dengan cepat. Suara yang dimaksud misalnya musik yang santai, musik klasik, suara gemericik air, suara ombak yang menenangkan dan bahkan suara murottal untuk umat muslim.

Efek suara yang menenangkan baik untuk menjaga perasaan, meningkatkan rasa gembira dan membuat perasaan merasa lebih bersyukur. Kebiasaan mendengarkan suara yang lembut dan pelan saat stres bisa menjaga tubuh dari penyakit akibat stres berlebihan.

  1. Gerakkan Tubuh Anda

Cara yang kedua ketika Anda merasa sangat stres adalah dengan menggerakkan tubuh atau olahraga ringan. Olahraga bisa membantu tubuh dalam membakar hormon pembentu stres. Bahkan olahraga juga membuat tubuh melepaskan endorfin sehingga mental dan perasaan lebih bersih. Produksi endorfin yang cukup juga baik untuk membuat perasaan lebih bahagia.

Jadi ketika Anda stres di kantor maka cobalah berdiri, gerakkan tubuh ke sekitar area kantor, berjalan-jalan ringan dan bertemu teman. Bahkan jika kantor memiliki fasilitas olahraga maka bisa menggunakannya. Terapi menghilangkan stres tidak hanya baik untuk mental tapi juga untuk fisik Anda.

  1. Aroma

Terapi dengan aroma menjadi hal yang sangat tepat untuk menghilangkan tekanan dan stres. Karena itulah aroma sering menjadi obat untuk mengatasi beberapa gangguan stres seperti insomnia dan lelah. Aroma juga menjadi cara menghilangkan rasa gelisah misalnya dengan aromaterapi, cairan aroma terapi dan alat difuse. Bukti ini diperkuat bahwa fisik indra penciuman kita memang langsung terhubung dengan otak.

Ketika otak mendapatkan aroma yang bersifat menenangkan maka tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih santai. Tapi memang tidak disarankan untuk menggunakan aromaterapi dari lilin atau cairan secara terus menerus. Beberapa orang mungkin juga alergi dengan aroma sehingga bisa sangat berbahaya.

Itulah beberapa cara menghilangkan stres paling ampuh dalam 5 menit. Anda bisa mencoba sendiri mana cara yang paling efektif. Dan lakukan secara teratur agar tubuh dan mental tidak terkena ancaman penyakit berbahaya akibat stres.