Home Featured Intip 9 Cara Merawat Kulit Mata Agar Segar dan Terhindar dari Tanda Penuaan

Intip 9 Cara Merawat Kulit Mata Agar Segar dan Terhindar dari Tanda Penuaan

by Erlita

Kulit area mata itu dikenal sensitif tapi juga mudah mengalami kerutan sehingga para wanita seringkali memiliki masalah perawatan di bagian tersebut. Daripada mengandalkan riasan wajah terus-menerus, penting untuk memulai melakukan perawatan pada bagian kulit mata. Ini dia beberapa tips atau cara merawat kulit mata agar selalu nampak awet muda dan segar.

1. Mencuci Muka

Demi menyegarkan kulit area mata dan membebaskan dari lingkaran mata mengganggu, basuhlah wajah menggunakan air sejuk sesekali dalam sehari. Air sejuk adalah air dingin biasa, bukan air es ya, lalu jangan lupa menyusulnya dengan mengusapkan krim mata sebagai cara melancarkan peredaran darah kulir mata.

2. Menerapkan Pelembab

Menggunakan pelembab dengan tekstur yang ringan adalah dianjurkan daripada pelembab bertekstur pekat dan kental. Pastikan pilih pelembab untuk kulit area mata yang sesuai dan ringan-ringan saja supaya pori-pori kulit yang tipis dapat tetap bernafas. Ini karena seringkali pelembab yang kental nan pekat justru membuat mata membengkak.

3. Tidak Langsung Tidur Usai Memakai Krim Mata

Kebanyakan orang menerapkan krim mata justru tepat sebelum tidur, yang padahal sebenarnya perlu diberi jeda sejam. Jadi, mulailah mengubah waktu pemakaian krim mata dengan menerapkannya satu jam sebelum tidur. Jika biasanya ada efek mata seperti bengkak, ini kemungkinan terjadi sebagai akibat langsung tidur tepat usai mengoleskan krim mata.

4. Rajin Membersihkan Makeup Setiap Usai Berkegiatan

Bahaya tidur dengan makeup salah satunya adalah menimbulkan efek penuaan dini di mana tanda kerutan dan garis halus bisa saja muncul pada area kulit mata. Belum lagi meninggalkan makeup masih menempel dan memilih langsung tidur justru membuat wajah lebih kotor saat terbangun karena minyak yang diproduksi jauh lebih banyak. Maka selalu bersihkan makeup sebelum tidur agar kulit dapat bernafas dan kerutan di sekitar mata bisa dihindari.

5. Mengaplikasikan Skincare dan Membersihkan Makeup dengan Lembut

Baik saat mengenakan skincare ataupun membersihkan makeup wajah, selalu lakukan dengan perlahan dan lembut agar kulit tidak justru berkerut-kerut. Hal ini perlu diberlakukan khususnya pada area mata karena kulit mata yang tipis sehingga setiap kali menerapkan skincare untuk area mata maupun membersihkan riasan mata, berhati-hatilah tapi juga tetap memastikan area tersebut bersih total.

6. Menggunakan Tabir Surya

Lindungi kulit area mata bahkan dari paparan sinar matahari yang membahayakan. Ini karena bahaya sinar matahari langsung bagi kulit salah satunya adalah meningkatkan risiko penuaan dan mempercepat prosesnya. Bahkan seringkali warna gelap pada area mata dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari terlalu sering.

7. Makan Sehat

Lagi-lagi agar kulit tetap baik dan sehat, termasuk kulit area mata, makan makanan sehat adalah yang paling dianjurkan. Diet sehat dengan mencukupi kebutuhan mineral kalium serta meminum banyak air putih setiap hari mampu menghidrasi kulit dan mengurangi risiko tanda penuaan dini lho.

8. Olahraga Rutin

Olahraga tak hanya bertujuan utama menjaga berat badan atau menurunkannya. Olahraga memperlancar peredaran darah sehingga kulit area mata tetap nampak segar dan dalam kondisi yang selalu sehat. Tentu saja, olahraga berlebihan juga kurang baik, maka imbangi waktu olahraga, aktivitas sehari-hari dan istirahat dengan tepat.

9. Tidur Cukup

Rahasia perawatan kulit mata yang terakhir dan paling penting dilakukan lebih dari segala perawatan luar adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Kurang tidur atau kebanyakan begadang tak hanya bisa memicu kenaikan berat badan atau risiko obesitas lho, sebab sebenarnya tidur tak berkualitas juga mampu memengaruhi kondisi kesehatan kulit. Salah satunya, mata panda akibat sering begadang.

Itulah berbagai cara merawat kulit mata agar terhindar dari tanda-tanda penuaan yang terjadi dengan cepat prosesnya. Tak hanya merawat dari luar, penting lho untuk punya keseimbangan pola hidup.

You may also like