Home Featured Intip 5 Tips Tidur Nyenyak Tanpa Kipas Angin atau AC Saat Cuaca Terlalu Panas

Intip 5 Tips Tidur Nyenyak Tanpa Kipas Angin atau AC Saat Cuaca Terlalu Panas

by Erlita

Sering tidur dengan kipas angin menyala? Ada sejumlah bahaya mengintai ketika setiap hari terbiasa tidur dengan paparan udara yang berasal dari kipas angin langsung, terlebih paparan udara dari AC. Bagi yang tak ingin menggunakan AC ataupun kipas angin, sejumlah tips dan trik berikut layak dicoba agar bisa tetap tidur enak ketika cuaca dan suhu panas-panasnya.

  1. Menghindari Kegiatan yang Terlalu Aktif

Kalau biasanya lebih suka berolahraga sebelum tidur, saat cuaca panas begini sebaiknya tidak melakukannya dulu. Hindarilah sebisa mungkin berbagai aktivitas yang kiranya akan menaikkan suhu tubuh serta mengeluarkan keringat. Hindari kegiatan yang terlalu aktif pada waktu sebelum tidur.

Bahkan bagi yang memilih mandi air dingin sebelum tidur, ternyata memilih mandi menggunakan air hangat suam-suam kuku jauh lebih dianjurkan. Bukannya membuat tubuh tambah berkeringat dan suhu tubuh makin naik, mandi air hangat sebelum beranjak tidur malah membuat tubuh lebih terasa dingin apalagi setelah mengeringkannya.

  1. Dinginkan Ruangan

Ruangan tidur akan terasa lebih baik, dingin dan sejuk setidaknya harus menggunakan bantuan kipas angin atau air conditioner (AC); benarkah demikian? Kerai atau gorden di kamar sebaiknya ditutup sepanjang hari supaya paparan sinar matahari tidak dapat masuk ke ruangan tidur dan memberikan sisa-sisa panas di dalamnya.

Meski gorden tetap dalam kondisi menutup, pastikan agar jendela justru dibuka sebanyak mungkin. Hal ini justru membantu supaya panasnya tidak tinggal di dalam tapi udara malam yang sejuk sebagian bisa masuk ke ruangan tidur. Membiarkan jendela terbuka juga menjadi cara agar udara malam bisa bersirkulasi lho, rasakan kesegaran dan kesejukannya.

  1. Tidak Makan Terlalu Kenyang

Agar malam hari bisa tidur nyenyak ketika cuaca sedang panas-panasnya, cobalah untuk menghindari makan malam terlalu banyak yang berakibat pada terlalu kenyang. Saat asupan makanan berlebihan dan mengakibatkan kekenyangan, ini hanya akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras yang juga berpengaruh pada keluarnya keringat lebih. Jadi, makanlah makanan yang ringan saja kalau sudah malam.

  1. Mematikan Lampu

Lampu kamar yang menyala terang-benderang biasanya justru bisa memberikan efek panas bagi tubuh. 2-3 jam sebelum tidur, pastikan untuk mematikan lampu dan ditambah dengan membuka jendela ruang tidur maka udara sejuk akan lebih dapat dirasakan. Hal ini bakal bisa mendukung supaya tidur lebih nyaman dan lelap.

  1. Memakai Pakaian Tipis

Bila cuaca panas dan Anda juga adalah tipe orang yang mudah berkeringat, pakailah pakaian tidur yang nyaman, tipis dan memberi kesejukan. Dengan pemilihan pakaian tidur berbahan katun yang juga menyerap keringat secara maksimal, tak perlu khawatir lagi untuk susah tidur di malam hari gara-gara kepanasan.

Ketika suhu udara atau cuaca terlalu panas dan Anda ingin menghindari bahaya kipas angin saat tidur malam serta bahaya AC bagi kesehatan tubuh, otomatis tips dan trik tersebut layak untuk dicoba. Tanpa kipas angin dan AC masih bisa terasa sejuk kok.

You may also like