Home Penyakit dan KelainanSakit Pinggang 17 Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Belakang Tanpa Harus Operasi

17 Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Belakang Tanpa Harus Operasi

by Erlita

Sering sakit pinggang  belakang rasanya sungguh tidak nyaman. Sakit ini menyebabkan seseorang sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan jenis sakit ini pun tidak mengenal usia dan jenis kelamin ini sebagian besar disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Sisanya, biasanya dikarenakan infeksi pada organ tubuh yang berhubungan dengan pinggang.

Beberapa cara menyembuhkan sakit pinggang belakang dapat dilakukan di rumah maupun dengan bantuan dokter melalui obat-obatan tertentu. Cara-cara yang dimaksud antara lain adalah:

1. Kursi dan Meja Ergonomis

Jika pekerjaan sehari-hari adalah di depan meja kantor, maka buatlah meja dan kursi yang ergonomis atau seimbang. Meja dan kursi yang ergonomis adalah meja yang menyangga siku dan sejajar tangan, kursi memiliki sandaran tangan dan sandaran belakang.

2. Kompres Dingin dan Panas

Kompres dingin dan panas dapat dilakukan jika pinggang sakit secara tiba-tiba, khususnya karena cedera. Caranya tidak sama dengan cara kompres yang benar untuk demam tinggi. Pertama, kompres pinggang dengan air dingin terlebih dahulu selama 48 jam untuk mengatasi cedera. Selanjutnya, baru dikompres dengan air panas atau hangat agar memperlancar peredaran darah.

3. Tetap Beraktivitas

Sakit pinggang terkadang membuat seseorang merasa malas bangun dari tempat tidur. Para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan sebaliknya. Orang yang sedang sakit pinggang disarankan untuk tetap beraktivitas normal dengan bergerak perlahan. Terus berbaring akan membuat tulang menjadi kaku dan sakit pinggang bertambah parah.

4. Berenang

Melakukan olahraga renang diakui akan mengurangi gejala sakit pinggang dan tulang belakang. Renang membuat seluruh otot tubuh bergerak secara seimbang. Lakukan olahraga ini dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil signifikan.

5. Memperbaiki Posisi Tidur

Orang yang sedang sakit pinggang sebaiknya memperbaiki posisi tidur. Posisi tidur yang terbaik jika sedang sakit pinggang adalah telentang diatas kasur yang cukup keras. Kasur dengan kekerasan cukup akan mempertahankan setiap lekukan tubuh dan tidak memberi tekanan pada tulang.

6. Tidak Membungkuk

Menghindari posisi membungkuk sementara waktu juga disarankan jika sakit pinggang. Bahkan jika ingin mengangkat sesuatu yang berat, sebaiknya memang tidak dilakukan dengan posisi membungkuk. Lakukan dengan tetap menegakkan pinggang.

7. Minum Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri, seperti aspirin vitamin C  dan ibuprofen dapat dikonsumsi jika sakit pinggang tidak tertahankan. Jangan lupa untuk memperhatikan dosis dan aturan minum. Obat jenis ini termasuk obat yang dijual bebas dengan konsumsi perlu kewaspadaan dan tidak semua orang dapat meminumnya secara sembarang, ditambah perlu adanya pengetahuan akan Efek samping aspirin.

8. Yoga

Yoga adalah bagian dari olahraga pernapasan. Datanglah ke instruktur yoga yang berpengalaman jika ingin terapi yoga. Selain olahraga, yoga juga membuat seseorang menjadi lebih rileks. Hal ini sangat diperlukan jika sakit pinggang disebabkan karena deresi dan stress. Cara yoga untuk pemula akan membuat seseorang lebih berkonsentrasi dan santai.

9. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat akan memperlancar peredaran darah, termasuk juga peredaran di daerah pinggang. Peredaran darah yang lancar adalah salah satu cara mengobati sakit pinggang belakang yang efektif. Mandi juga membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks.

10. Relaksasi

Relaksasi dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Namun relaksasi bukan berarti tidak bergerak seharian dan tidak melakukan aktivitas apapun. Relaksasi adalah mmebuat tubuh dan pikiran menjadi lebih santai. Beberapa cara relaksasi dilakukan orang secara berbeda, tergantung hobi dan kebutuhan. Olahraga merupakan bagian dari relaksasi. Olahraga sepeda dapat mengurangi sakit pinggang sekaligus relaksasi.

11. Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan dari Tiongkok di mana proses pengobatan menggunakan jarum yang ditusukkan pada bagian-bagian tubuh tertentu yang hanya diketahui oelh orang yang ahli. Akunpuntur akan membuat peredaran darah menjadi lancar langsung di sumber rasa sakit. Jika di dekat lingkungan ada ahli akupuntur, pengobatan cara ini dapat dilakukan dan efektif lebih cepat menyembuhkan dan mengobati sakit pinggang belakang.

12. Menurunkan Berat Badan

Sakit pinggang belakang dapat terjadi juga karena berat badan yang berlebih atau obesitas di mana tulang harus menahan beban tubuh secara berlebihan. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang mengangkat beban berat. Jika Anda termasuk mempunyai berat badan berlebih dan mengalami sakit pinggang, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi atau menurunkan berat badan.

13. Pijat

Bolehkah sakit pinggang diurut? Pijat atau urut diyakini mengurangi sakit tulang di banyak bagian tubuh. Asalkan pijat dengan orang yang benar-benar ahli. Karena pijat dengan benar, akan meningkatkan hormon endofrin, yaitu hormon yang menghilangkan rasa sakit. Dengan pijat, berarti kita tidak perlu minum obat penghilang rasa nyeri.

14. Obat Anti Depresan

Dokter akan meresepkan obat anti depresan. Obat ini berfungsi untuk menghilangkan nyeri yang tak tertahankan dan tidak hilang dengan mengonsumsi aspirin atau ibuprofen. Contoh obat antidepresan adalah Anti Depresan Trisiklik (TCA).

15. Nerve Blok

Sesuai dengan namanya, nerve blok adalah upata memblokir syaraf yang dilakukan oleh dokter untuk menghilangkan rasa sakit. Nerve blok dilakukan dengan cara menyuntikkan steroid atau anastesi langsung di bagian punggung. Umumnya sakit pinggang karena syaraf kejepit yang gejalanya sampai ke kaki diobati dengan cara ini.

16. Fisioterapi

Fisioterapi diberikan pada sakit pinggang kronis. Fisioterapi dilakukan dokter selama 4 minggu atau 4 kali pertemuan. Tujuan utamanya adalah melakukan perawatam dengan mengembalikan fungsi gerak tubuh agar normal.

17. Kiropraktik

Kiropraktik adalah cara mengobati sakit tulang belakang yang dilakukan oleh dokter dengan memanipulasi tulang belakang. Dokter membuat syaraf merasakan tulang belakang berfungsi normal.

Demikian cara menyembuhkan sakit pinggang belakang yang dapat dilakukan di rumah dan oleh bantuan dokter tanpa harus melakukan operasi. Namun, ketika cara-cara tersebut tak lagi efektif dan bekerja bagi pinggang Anda, kemungkinan dokter akan menyarankan operasi sebagai langkah terbaik.

You may also like