Begini 5 Cara Penyembuhan Patah Tulang Selangka Agar Segera Pulih

798

Patah tulang selangka masih termasuk dalam jenis cedera patah tulang yang paling sering terjadi di mana penyebab utamanya adalah kecelakaan dan lebih berisiko tinggi dialami oleh para atlet. Tulang selangka sendiri adalah tulang penghubung antara tulang bahu dan dada dan berjumlah 2 buah. Ketika tulang ini patah, maka beberapa gejala di bawah inilah yang paling kerap terjadi.

  • Area patah tulang atau di daerah tulang selangka terasa begitu nyeri.
  • Nyeri di area tersebut disertai dengan bengkak.
  • Tampak gejala penurunan bahu.
  • Muncul benjolan khususnya di area patah tulang.
  • Saat mengangkat atau menggerakkan lengan akan timbul bunyi kertakan tulang.

Saat gejala-gejala patah tulang selangka terjadi dan Anda sadar bahwa ada yang kurang beres di sana, Anda perlu segera memeriksakan diri. Segera temui dokter di mana dokter akan memeriksa dengan cara merasakan dan memegang pada area tulang selangka Anda. Jika kecurigaan merujuk pada patah tulang selangka, dokter biasanya menganjurkan Anda untuk menempuh pemeriksaan berupa sinar-X.

Pemeriksaan X-ray atau sinar-X ini bertujuan sebagai cara untuk mengecek apakah retakan di tulang selangka sudah cukup serius. Berikut ini adalah beberapa cara penyembuhan patah tulang selangka yang perlu Anda ketahui agar tulang selangka yang cedera tidak kemudian menjadi lebih parah dan semakin sulit disembuhkan.

  1. Obat Pereda Nyeri

Karena rasa nyeri atau sakit akibat retakan di tulang selangka dapat begitu mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan, maka penting untuk menggunakan obat khusus pereda rasa nyeri seperti paracetamol seperti obat patah tulang tangan. Obat antinyeri ini akan membantu supaya rasa sakit bisa berkurang walaupun hanya sementara agar kegiatan istirahat yang sedang Anda lakukan tak makin terganggu oleh rasa nyerinya.

Jika rasa sakit yang dialami oleh penderita patah tulang sudah termasuk serius dan sangat mengganggu kenyamanan, maka obat pereda nyeri yang kandungannya lebih keras (yakni dengan kandungan narkotika) pasti dokter akan berikan. Efek pereda nyerinya akan mampu bertahan sampai beberapa hari.

  1. Kompres Dingin

Penyembuhan bagi patah tulang selangka selanjutnya bisa dilakukan dengan cara mengompres dingin area yang cedera. Karena rasa nyeri akan timbul bersama dengan pembengkakan, penting untuk meredakan juga pembengkakan tersebut, maka kompres dingin bisa dilakukan. Hanya saja, pastikan untuk tidak menempelkan langsung es batu ke kulit, bungkus lebih dulu dengan kain atau handuk bersih barulah gunakan sebagai kompres.

  1. Menggunakan Arm Support

Agar tulang selangka yang patah atau retak bisa cepat sembuh, penggunaan arm support seperti sling cukup penting. Tujuannya adalah agar untuk mengistirahatkan tulang bahu serta otot-otot di area yang cedera supaya bisa beristirahat dengan maksimal. Sling juga digunakan sebagai pembatas gerakan agar tulang yang cedera tak semakin parah.

  1. Fisioterapi

Setelah melakukan pertolongan pertama pada patah tulang, penggunaan sling memang membantu agar gerakan bahu dan lengan atau area di dekat tulang selangka yang patah tidak mengalami keparahan. Namun karena terus-menerus dibantu oleh sling, akhirnya hal ini berpengaruh pada otot bahu yang kehilangan kekuatannya saking Anda jarang aktif menggerakkan bagian tersebut.

Rasa nyerinya memang akan menghilang dan tulang-tulang yang retak pun akan kembali normal pulih sepenuhnya, namun yang menjadi masalah kemudian adalah otot-otot Anda. Itulah kenapa, fisioterapi adalah salah satu penyembuhan yang diperlukan supaya siku dan bahu Anda memperoleh latihan gerakan. Otot pun akan kembali kuat dengan latihan gerakan ringan secara rutin.

  1. Operasi

Apabila patah tulang selangkah termasuk parah, maka operasi merupakan pilihan penyembuhan yang paling diperlukan. Biasanya operasi sangatlah dibutuhkan ketika jaringan serta kulit luar sampai robek karenanya. Ketika tulang pun mengalami tumpang tindih atau ketidaksejajaran, operasi juga perlu menjadi langkah penyembuhan yang bisa diambil.

Pada umumnya, supaya patah tulang bisa disambung kembali, dokter menggunakan teknik pemasangan sekrup dan juga play yang memang khusus membantu agar operasi patah tulang terjadi secara maksimal. Untuk lebih detilnya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang akan menangani Anda, termasuk tentang efek samping dan juga berbagai manfaat dari tindakan operasi ini.

Beristirahat dan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah penyembuhan patah tulang selangka yang juga jangan sampai terabaikan setelah beberapa tindakan di atas dilakukan. Proses penyembuhannya sendiri memang tidak sebentar sebab kira-kira akan memerlukan waktu 6-8 minggu dan bahkan hingga berbulan-bulan, namun dengan perawatan yang benar maka patah tulang selangka pasti bisa pulih sesuai harapan.