Seperti ini Mata Ikan, Terjadi di Kulit Mu !

121

Bahaya mata ikan sangatlah kompleks. Mata ikan biasanya sering terjadi pada bagian telapak kaki. Mata ikan bisa terjadi karena adanya gesekan gesekan yang terjadi berulang kali. Mata ikan atau biasa dikenal dengan nama corn dan clavus terjadi karena adanya penebalan kulit yang disebabkan gesekan atau tekanan tekanan yang terlau sering. Mata ikan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandngkan dengan kapalan. Tetapi penyakit mata ikan ini memiliki bagian tengah yang keras dan disekitarnya dikelilingi kuit yang meradang. Mata ikan lebih banyak terjadi pada wanita karena faktor faktor tertentu. Mata ikan dapat dibedakan menjadi dua jenis

Jenis mata ikan

1. Mata ikan lunak

Mata ikan lunak dapat terjadi ketika kulit kaki basah karena keringat, mata ikan lunak juga dapat disebabkan karena terinfksi oleh bakteri atau jamur. Mata ikan lunak ini dapat menyebabkan rasa nyeri , ciri ciri mata ikan lunak adalah berwarna keputihan dan memiliki tekstur yang lunak pula. Penyakit mata ikan lunak ini biasa muncul diantara jari jari kaki.

2. Mata ikan keras

Mata ikan keras sangat sering kita temui. Mata ikan keras sudah sangat umum dikalangan kita, penyakit mata ikan inin seain menimbukan rasa nyeri pada kaki juga dapat menimbukan pembengkakan. Ciri ciri mata ikan keras adalah memiliki ukuran keci seperti kacang dan memiliki tonjolan pada bagian tengahnya.

Gejala mata ikan

Mata ikan lunak maupun keras memiliki gejala gejala ebagai berikut

1. Benjolan yang membesar dan mengeras

Pada penyakit mata ikan baik lunak maupun keras akan timbul benjoan benjolan yang lama kelamaan akan membesar dan mengeras, hal tersebut terjadi disebabkan karena gesekan gesekan yang terlalu sering.

2. Terasa nyeri pada bagian kulit

Setelah terjadi benjolan yang semakin membesar dan mengeras tersebut biasanya kaki atau tangan yang terkena penyekitmata ikan tersebut akan merasa nyeri, untuk mata ikan yang eras biasanya disertai dengan pembengkakan pada bagian kuit kaki atau tangan yang terkena mata ikan tersebut.

3. Area kuit menjadi tebal dan kasar

Adanya mata ikan memang sangat mengaggu kulit kita, hal tersebut karena dengan adanya mata ikan menyebabkan kulit kita menjadi tebal dan kasar, yang akan menyebabkan kecantikan kulit mejadi hilang.

4. Kulit bersisik, kering, atau berminyak

Sama hanya dengan kulit menjadi kasar dan tebal. Kuit bersisik, kering ataupun berminyak juga dapat menyebabkan salah satu faktor terjadinya mata ikan. Baik mata ikan lunak ataupun mata ikan keras. 

Penyebab mata ikan

1. Memakai sepatu yang tidak nyaman

Pemakain sepatu yang terlalu sempit dan terlalu longgar juga dapat menyebabkan terjadinya mata ikan pada kulit kaki. Sepatu yang longgar dapat menyebabkan kaki bergesekan berulang kali pada bagian dalam sepatu. Sedangkan menggunakan sepatu yang sempin akan menekan bagian bagian kaki tertentu, yang menyebabkan kaki tidak bebas dalam bergerak. Untuk itu agar kaki kita tetap terawat dan cantik pilihlah ukuran sepatu yang pas dengan ukuran kaki kita.

2. Tanpa memakai alas kaki

Pemakaian alas kaki ketika kita memakai sepatu akan mengurangi timbulnya penyakit mata ikan. Sebab gesekan antara sepatu pada kulit kaki kita terkurangi oleh adanya alas kaki tersebut.

3. Menggunakan alat musik dengan tangan

Alat musik memang sangat menyenangkan, terlebih bagi kamu yang sangat menyukui bidang musik, namun ternyata menggunakan alat musik seperti gitar tanpa menggunakan alat bantu memetik dapat menyebabkan gesekan gesekan lebih sering terjadi pada tangan sehingga tangan menjadi kasar dan kapalan, tangan yang kapalan secara terus menerus dan berkembang dapat menyebabkan terjadinya mata ikan.

4. Perokok

Perokok ternyata juga dapat terserang penyakit mata ikan tersebut, hal ini bukan disebabkan karena rokoknya tetapi perokok dapat terkena resiko mata ikan kareena aktivitas tangan terutama kulit jempol yang sering menyalakan pematik saat kita hendak merokok, Mekipun demikian, merokok juga harus dihindari apalagi merokok menggunakan vape bahaya vape untuk kesehatan sangat dapat merenggut nyawa

5. Tidak menggunakan sarung tangan

Kulit tangan yang sering bergesekan dengan alat kerja yang kasar yang dapat menyebabkan tangan menjadi kapalan juga dapat menyebabkan mata ikan muncul. Untuk itu alangkah lebih baik jika kita bekerja dengan menggunakan alat kerja yang menyebabkan kapalan memakai sarung tangan, agar kita juga terhindar dari penyebab mata ikan.

6. Beribadah

Saat kita melakukan ibadah sholat khususnya bagi seseorang yang beragama islam akan ada gerakan saat bersujud, gesekan gesekan tersebut juga dapat  menyebabkan terjadinya mata ikan, meskipun hal tersebut jarang terjadi.

7. Ibu jari seperti palu

Cacat pada ibu jari yang membentuk seperti palu akan lebih cepat terkena penyakit mata ikan hal tersebut disebabkan karena ibu jari yang melengkung seperti palu atau cakar akn lebih mudah terkena gesekan gesekan tertentu.

Cara mengobati mata ikan

1. Mengunjungi dokter

mengunjungi dokter merupakan salah satu alternatif untuk mengobati mata ikan, biasanya dokter akan menyarankan untuk membuang mata ikan yang ada pada kaki atau tangan. Mata ikan dapat terjadi karena penggunaan alas kaki yang tidak benar, kelaianan pada bentuk kaki, menggunakan sepatu hak tinggi secara berlebihan dan juga cara berjalan yang kurang benar. Biasanya selain dianjurkan untuk membuang mata kan tersebut dokter akan memberikan penggunaan antibiotik untuk penanganan sementara.

2. Menjaga kaki tetap higenis

penyakit mata ikan dapat disebabkan karena adanya infeksi jamur yang terjadi pada kaki. Untuk menghindari terjadinya mata ikan pada kaki dengan cara menjaga ke higenisan kaki agar tidak terjadi infeksi jamur. Kaki yang tidak higienis dapat menyebabkan penyakit tifus.

3. Memakai alas kaki

menggunakan alas kaki dapat menghindari terjadinya mata ikan pada kulit kaki, sebab dengan menggunakan alas kaki akan mengurangi terjadinya gesekan antara kaki dengan sepatu yang kita pakai. Jadi resiko terkena mata ikan dapat terkurangi.

4. Menggunkan anti bakteri

penggunaan antibakteri dapat mengurangi resiko terjadinya mata ikan pada kulit, sebab mata ikan tidak hanya terjadi karena adanya gesekan gesekan tetapi mata ikan juga dapat terjadi karena adanya bakteri atau jamur yang ada pada kulit kita.

5. Menggunakan batu apung

mata ikan yang belum parah dapat diatasi dengan menggunakan batu apung, cara menyembuhkan mata ikan dengan batu apung adalah, rendam kaki terlebih dahulu paa air hangat kurang lebih 5-10 menit, agar mata ikan menjadi agak unak, setelah itu gosok gosokkan mata ikan menggunakan batu apung. Untuk hasil yang maksima lakukan perawatan tersebut secara rutin sampai mata ikan menghilang.

6. Menggunkan lemon

lemon salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Lemon juga termaksud buah yang mudah didapatkan. Cara mengobati mata ikan menggunakan lemon adalah dengan mengoleskan lemon pada bagian yang terdapat mata ikan, yang mana lemon tersebut sebelumnya sudah dipotong potong menjadi beberapa bagian. Pengobatan mata ikan menggunakan lemon tidak menimbulkan efek samping. Selain untuk mengobati mata ikan lemon juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminyak, jerawat, sariawan dll.

7. Menggunakan pepaya

pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin E yang banyak, selain untuk kecantikan ternyata pepaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan mata ikan. Selain itu gunakanlah dan ketahuilah cara menggunakan jus pepaya untuk kesehtan mu

8. Menggunakan bawang putih

bawang putih merupakan salah satu rempah yang sering digunakan untuk memasak, tidak hanya itu bawang putih yang memiliki kandungan anti inflamasi juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya untuk mengobati sakit gigi, mencegah sakit jantung, menghilangkan panu dan juga mengobati mata ikan, yaitu dengan cara kelupas bawang putih tersebut lalu oleskan pada mata ikan yang telah dihancurkan.

Tak hanya untuk mengatasi mata ikan, bawang putih untuk lambung pun juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung

9. Menggunakan cuka apel

cuka apel juga dapat digunakan untuk mengobati mata ikan. Cuk apel terbuat dari fermentasi apel yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk mengobati mata ikan menggunakan cuka apel sangatlah mudah caranya sama dengan menggunakan pepaya atau lemon yaitu dengan cara mengoleskan cuka apel pada mata ikan. Dengan menggunakan ramuan ini secara rutin dan teratur akan menghilangkan mata ikan, dan pengobatan ini tidak menimbulkan efek samping.

10. menggunakan rokok

cara mengobati mata ikan dengan rokok adalah dengan mengarahkan rokok pada mata ikan lakukan cara ini secara rutin, untuk mata ikan yang dialami oleh anak anak jika akan menggunakan cara ini harus didampingi oleh orang dewasa atau orang tuanya.

11. Menggunakan kapur sirih

Kapur sirih yang dapat digunakan untuk mengobati mata ikan adalah kapur sirih yang berwarna putih dan bertekstur lunak. Penggunaan kapur sirih untuk mengobati mata ikan adalah dengan mencampurkan kapur sirih pada sabun colek lalu oleskan campuran tersebut pada mata iakn, diamkan beberapa menit, untuk hasil yang maksimal lakukan pengobatan tersebut secara rutin.

12. Menggunakan getah kamboja

Getah kamboja merupakan salah satu ramuan yang sudah digunakan sejak lama. Getah kamboja juga dapat digunakan sebagai obat mata ikan secara alami. Cara mengobati mata ikan secara alami adalah bersihkan kulit yang terkena mata ikan setelah itu oleskan getah kamboja pada kulit yang terkena mata ikan tersebut.

13. Mengunakan daun dewa

Daun dewa juga merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah digunakan sejal lama. Daun dewa juga dapat digunakan untuk mengobati mata ikan yaitu dengan cara menghaluskan beberapa daun dewa yang segar lalu oleskan pada kulit yang terkena mata ikan, lakukan pengobatan tersebut secara rutin sampai mata ikan hilang.

14. Dengan operasi

Untuk menghilangkan atau menyembuhkan mata ikan dengan cepat adalah dengan operasai, biasanya pengobatan mata ikan yang diakukan dirumah sakit adalah dengan melakukan operasai kecil. Operasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengakat mata ikan yang tertanam pada kulit kita.

itulah beberapa pembehaasan mengenai mata ikan, mulai dari penyebab, gejala, dan cara mengatasi penyakit mata ikan. Dengan artikel ini semoga dapat menambah pengetahuan mengani mata ikan dan bagaimana cara mengatasi mata ikan.