Awas ! 7 Bahaya Vape ini Dapat Merenggut Nyawa Mu

352

Taukah Kamu jenis rokok elektrik yang sering digunakan akhir-akhir ini ? rokok tersebut lebih sering dikenal dengan sebutan Vape. Memang secara tampak, Vape lebih menarik ketimbang jenis rokok hisap biasa. Entah itu jenis vape atau jenis apapun, yang namanya rokok perlu kamu ketahui bahwa hal itu sangat berbahaya, seperti yang telah dijelasakan pada artikel terdahulu mengenai bahaya merokok.

Pada dasarnya rokok memiliki berbagai jenis dan merek yang terkenal, tetapi tetap saja yang namanya rokok sangat berbahaya untuk kesehatan. Mereka perlahan-lahan akan meruntuhkan sistem tubuh sehingga dapat berujung kepada kematian.

Kembali ke pembahasa rokok Vape atau rokok elektrik, pada dasarnya rokok vape  ini yang dibilang cukup aman juga memiliki efek samping yang berbahaya. Adapun efek samping atau bahaya vape untuk tubuh adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan Imunitas Tubuh

Banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, salah satu nya adalah dengan rajin berolahraga. Cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga ini akan membantu meransang sel-sel yang ada di dalam tubuh agar aktif kembali sehingga dengan mudah dapat mengatkfikan imunitas tubuh. Imunitas yang tinggi akan membantu untuk menjaga kekebalan tubuh.

Namun dengan sering menggunakan Vape atau mengonsumsi Vape secara berlebihan ini akan mengaggun sistem imun tubuh. Sistem imun yang secara terus menerus terenggut akan menyebabkan kelelahan di dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi semakin lebah dan dapat berujung pada kematian.

2. Menyebabkan Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis adalah kondisi dimana penderitanya mengalami batuk yang berkepanjangan. Bronkitis biasanya disebakan oleh asap rokok, selain itu boronkitis juga disebabkan oleh berbagai virus dan bekteri yang masuk. Pada dasarnya virus dan bakteri ini akan lebih mudah masuk ketika daya tahan tubuh menurun. Oleh Karena itu seorang yang sering menggunakan vape tentu akan mendapati daya tahan tubuhnya menurun sehingga dapat menyebabkan penyakit bronkitis menyerang.

3. Kecanduhan

Didalam kandungan rokok biasanya mengandung bahan nikotin yang membuat seorang menjadi kecanduhan, meskipun sering dikatakan bahwa tidak ada nikotin pada rokok vape, pada dasarnya rokok tersebut tetap mengandung nikotin yang berbahaya bagi tubuh.

Jika rokok tersebut sudah menyerap banyak di dalam tubuh, akan menyebabkan pengonsumsinya kecanduhan dan merasa tidak nyaman ketika tidak merokok. Hal ini dapat menjadi lebih berbahaya jika pengonsumsi nikotin tersebut adalah mereka yang menyandang status sebagai perokok pasif. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai efek bahaya nikotin rokok untuk kesehatan.

4. Terjadinya Ledakan

Vape merupakan cara merok yang menggunakan alat penghubung, sehingga bukan menutup kemungkinan jika alat tersebut mengalami kepananasan. Setiap alat yang kepanasan dapat memuai dan dapat pula menjadi ledakan.

Pada alat vape ini, jika penggunaannya berlebihan, maka alat tersebutpun bisa meledak. Tentu hal ini akan mencelakasi diri sendiri atau pun orang yang saat itu sedang ada di sekitarnya. Untuk itu ketika hendak menggunakan Vape maka berhentilah sejenak untuk mendinginkan vape agar tidak sampai meledak.

5. Anak Keracunan

Pada dasarnya ketika mengonsumsi vape atau merokok dengan vape di dekat anak dapat membuat anak keracunan. Hal ini disebabkan karena banyaknya konsumsi asap rokok yang dihirup anak sehingga menyebabkan metabolisme anak menjadi turun dan mudah terkena racun.

Untuk mengatasi keracunan asap rokok tentu berbeda dengan cara menangani keracunan makanan, untuk itu perlu diketahui bahwa menangani keracunan asap rokok ini lebih sulit ketimbang mengangani keracunan makanan.

6. Keracunan Logam

Meskipun sering di masyrakat awam mengatakan bahwa tidak akan ada keracunan logam bila menggunakan vape, tetapi pada dasarnya hampir setiap tahun terdapat kasus keracunan logam akibat merokok vape. Alat rokok yang disebut vape yang dihisap tersebut tentu lama kelamaan akan menyebabkan dan menimbulkan racun jika terlalu sering dalam penggunaannya.

7. Terserang Pheunomia lipoid

Pheunomia lipoid adalah kondisi dimana terjadi penumpukan cairan pada paru-paru. Hal inilah yang dikatakan berbahaya, karena hal tersebut dapat menyebabkan kematian. Apalagi ketika mengalami Pheunomia lipoid tetapi tidak segera ditangani oleh kedokteran atau malah terus melanjutkan aktivitas merokoknya.

Itulah 7 dari bahaya Vape yang harus kamu hindari, untuk itu jangan terlalu sering menggunakan vape, karena pada dasarnya selain itu akan merugikan dir sendiri, penggunaan vape yang berlebihan dapat menyebabkan orang-orang yang ada disekitar mu pun menjadi menderita.

Konsep ini sama dengan konsep perokok pasif, seorang perokok pasif atau orang yang ada disekitar perokok tentu akan lebih banyak mengonsumsi asam rokok ketimbang mereka yang merokok. Dengan hal tersebut akan lebih besar bagi perokok pasif merasakan bahaya asap rokok. Apalagi pada dasarnya harga yang mahal dari rokok vape ini membuat rokok vape tersebut memiliki wewangian yang enak. Jadi tanpa sadar seseorang dapat menikmati asap rokok tersebut.