16 Penyebab Kaligata Berkepanjangan dan Cara Mengatasinya

Kaligata merupakan ruam merah pada kulit yang timbul secara tiba-tiba, biasanya kaligata memiliki ukuran dan juga bentuk ruam yang bermacam-macam, selain ruang pada kulit dan berwarna kemerahan kaligata juga menyebabkan seseorang merasa gatal-gatal. Dalam dunia kedokteran kaligata lebih dikenal dengan urtikaria. Ruam yang terjadi pada penderita kaligata dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan tertentu. Namun untuk mendapatkan kesembuhan yang cepat Anda dapat mengobatinya dengan pergi ke dokter dan meminta obat. Ruang yang terjadi pada penderita kaligata dapat bermacam-macam ukurannya.

Kaligata bukan merupakan penyakit yang langka, karena sekitar 20% seseorang akan mengalami kaligata setidaknya seseorang akan mengalami kaligata sekali dalam seumur hidup. Kaligata akan muncul pada bagian tubuh mana saja baik wajah punggung lidah telinga kelopak mata dan juga kerongkongan. Meskipun kemungkinan besar seseorang akan mengalami kaligata satu kali seumur hidup namun dengan mengetahui penyebab-penyebab yang menyebabkan munculnya kaligata Anda dapat menghindari terjadinya kaligata pada tubuh anda. Untuk itu marilah kita mengetahui apa saja penyebab-penyebab yang akan menyebabkan kaligata timbul.

baca juga : penyebab biduran

Penyebab Kaligata

1. Penyakit Lupus

Salah satu penyebab terjadinya kaligata adalah seseorang yang terkena kaligata mengidam penyakit lain misalnya penyakit Lupus. Ketika seseorang mengidap penyakit Lupus untuk menyembuhkan penyakit kaligata ini adalah dengan pengobatan penyakit Lupus. Agar anda dapat terhindar dari penyakit kaligata maka hindarilah hal-hal apa saja yang menyebabkan penyakit Lupus. Banyak penyebab lupus yang harus dihindari dan banyak pula gejala lupus yang harus diketahui, agar tidak teserang lupus.

2. Tanaman tertentu

Getah dari tanaman tertentu dapat menyebabkan terjadinya gatal-gatal alergi pada kulit, sehingga kulit terasa gatal dan timbul ruam pada kulit yang terkena getah tersebut. Untuk menghindari terjadinya kaligata maka hindarilah penyebab terjadinya kaligata seperti menghindari kulit terkena getah yang menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal dan terinfeksi. Biasanya kulit yang sensitif akan lebih mudah terserang penyakit kaligata ini. Penyakit kaligata yang disebabkan karena getah dari tanaman tertentu atau interaksi dari tanaman-tanaman tertentu akan lebih baik jika dihindari oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif.

3. Infeksi

Salah satu penyebab terjadinya kaligata adalah ketika seseorang terkena infeksi, biasanya seseorang yang terkena infeksi pada kulit akan menimbulkan gejala seperti gejala yang dirasakan oleh seseorang yang terkena kaligata. Misalnya terjadi ruam pada kulit, kulit terasa gatal,dll. Agar dapat terhindar dari infeksi maka perhatikanlah kebersihan pada diri Anda dan juga lingkungan. Hal ini disebabkan karena infeksi pada kulit dapat terjadi karena adanya bakteri atau virus yang menempel di kulit dan berkembang biak pada kulit sehingga menimbulkan kulit gatal. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan terjadinya penyakit kaligata.

baca juga :

4. Reaksi terhadap codein

Reaksi terhadap obat-obatan seperti codein juga dapat menyebabkan terjadinya kaligata pada seseorang. Untuk itu agar anda tidak mengalami kaligata maka perhatikanlah konsumsi obat anda. Jangan mengkonsumsi obat dengan dosis yang lebih tinggi dari yang disarankan oleh dokter. Karena selain menjadi salah satu penyebab kaligata mengkonsumsi obat tidak sesuai dengan resep dokter atau melebihi dosis yang diberikan oleh dokter dapat menyebabkan penyakit lainnya atau bahkan sampai kematian.


5. Reaksi terhadap morfin

Sama halnya seperti reaksi terhadap kodein. Reaksi terhadap morfin juga dapat menyebabkan terjadinya kaligata pada kulit. Hal ini termasuk salah satu penyebab terjadinya kaligata karena konsumsi obat-obatan tertentu. Untuk itu maka perhatikanlah cara mengkonsumsi obat dan patuhilah dosis dari dokter.

6. Reaksi terhadap aspirin

Asparin merupakan jenis obat analgesik, Sama halnya seperti reaksi terhadap kodein dan reaksi terhadap Morfin. Reaksi terhadap aspirin juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kaligata yang tergolong dalam penggunaan obat-obat tertentu. Untuk ibu agar terhindar dari penyakit kaligata dan penyakit penyakit lainnya perhatikanlah dalam mengkonsumsi kode morfin maupun aspirin. Usahakanlah dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut menggunakan resep dari dokter supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (baca juga : efek samping aspirin)

7. Bulu hewan yang rontok

Bulu hewan yang rontok seperti bulu kucing dapat menyebabkan seseorang terkena alergi. Bagi mereka yang memiliki kulit yang sensitif akan mudah terkena alergi jika terdapat bulu hewan di kulitnya. Alergi tersebut menyebabkan rasa gatal pada kulit dan jika tidak segera diobati dapat menyebabkan ruam pada kulit. Sehingga jika hal ini dibiarkan maka seseorang dapat dengan mudah terkena penyakit kaligata. Untuk itu bagi Anda yang memiliki kulit sensitif hindari terkena bulu bulu hewan yang akan menyebabkan kulit iritasi. Karena ketika kulit anda teriritasi maka akan dengan mudahnya bakteri atau virus virus tertentu masuk ke dalam kulit anda dan menyebabkan terjadinya kaligata.

8. Kegiatan fisik

Kegiatan fisik tertentu dapat menyebabkan seseorang cepat lelah atau kelelahan otot bahkan bisa pula terkena penyakit kaligata, Hal ini disebabkan karena seseorang yang melakukan kegiatan fisik mengeluarkan keringat yang berlebih sehingga menyebabkan kotoran mudah menempel. Untuk itu Ketika anda habis melakukan aktivitas fisik yang berat ataupun aktivitas fisik yang menyebabkan Anda mengeluarkan keringat berlebih segera bersihkan diri Anda. Hal ini dilakukan agar anda dapat terhindar dari penyakit kaligata. Selain itu menjaga kebersihan diri dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

9. Keringat berlebih

Sama halnya dengan kegiatan fisik, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kegiatan fisik yang berlebih akan menyebabkan terjadinya keringat yang berlebih. Keringat yang berlebih dapat menjadi salah satu pemicu kotoran menempel pada kulit dan menyebabkan kulit teriritasi. Selain itu kotoran akan mudah menempel pada kulit yang berkeringat. Untuk menghindarinya maka segera bersihkan tubuh anda ketika anda telah melakukan kegiatan fisik sehingga mengeluarkan keringat yang berlebih.

10. Cemas berlebih

Rasa cemas yang berlebih dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit kaligata. Seseorang yang memiliki rasa cemas yang tinggi karena beberapa faktor tertentu akan mengeluarkan keringat yang berlebih. Untuk itu agar anda tidak mengeluarkan keringat yang berlebih yang menyebabkan kotoran mudah Menempel dan kulit mudah terinfeksi segera atasi penyebab kecemasan berlebih tersebut. Atau lakukanlah relaksasi pada tubuh anda agar anda tidak mengalami rasa cemas yang berlebihan dan menyebabkan tubuh menjadi tegang. Serta tubuh mengalami efek efek samping yang lainnya. Makan dari itu perlu cara menghilangkan cemas dan gelisah, salah satu caranya adalah dengan mengetahui penyebab cemas berlebihan itu.

11. Suhu yang dingin

Suhu yang dingin juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kaligata pada kulit. Namun kita dapat mencegah terjadinya kaligata pada kulit ketika suhu dingin. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan kita agar bakteri dan kuman tidak berkembang biak. Dengan begitu maka kita dapat terhindar dari penyakit Kaligata

12. Stres

Seseorang yang mengalami stress berlebih dapat terkena penyakit kaligata. Hal ini disebabkan karena seseorang yang mengalami stress berlebih akan merasa cemas dan kecemasan tersebut menyebabkan seseorang mengeluarkan keringat yang berlebih. Adanya keringat berlebih akan menyebabkan kulit menjadi lembab sehingga bakteri dan virus lainnya dapat dengan mudah berkembang biak. (baca juga : ciri-ciri stres)

13. Paparan sinar ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet dapat menjadikan kulit menjadi terinfeksi. Untuk itu agar dapat terhindar dari paparan sinar ultraviolet gunakanlah pelembab yang dapat melindungi kulit anda dari paparan langsung sinar ultraviolet atau gunakanlah pakaian yang menutupi tubuh.

14. zat kimia

Zat kimia tertentu juga dapat menjadi salah satu penyebab seseorang terkena kaligata. Untuk itu gunakanlah zat kimia secara berhati-hati agar tidak terkena pada kulit anda. Namun jika zat kimia tersebut mengenai kulit anda segera lakukanlah pertolongan pertama dan segera kunjungi dokter agar kulit anda mendapat perawatan dengan segera. Karena zat kimia tertentu dapat menyebabkan iritasi pada kulit anda.

15. Gigitan serangga

Selain penyebab-penyebab di atas ternyata gigitan serangga juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kaligata. Gigitan Serangga yang menimbulkan rasa gatal dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya kaligata pada kulit anda. Sebab jika rasa gatal tersebut terus digaruk maka akan menyebabkan terjadinya ruam pada bagian kulit tertentu dan kulit menjadi terinfeksi. Kulit yang terinfeksi akan mudah terserang berbagai penyakit salah satunya adalah penyakit kaligata atau urtikaria

16. Racun

Meskipun hal ini jarang terjadi namun mengkonsumsi racun juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit kaligata. (baca juga : efek racun sianida)

Itulah penyebab kaligata yang sering terjadi, agar anda dapat terhindar dari penyakit kaligata maka hindarilah hal-hal yang menyebabkan kaligata itu terjadi. Selain itu jagalah kebersihan tubuh anda dan jagalah kesehatan tubuh agar anda tidak mudah terserang penyakit.

,
Oleh :
Kategori : Kulit dan Kelamin