12 Cara Mengatasi Gondok Agar Tidak Membesar Alami Paling Manjur

612

Penyakit gondok merupakan pembengkakan kelenjar tiroid dimana kelenjar tiroid sendiri merupakan organ dengan bentuk seperti kupu kupu yang terletak di bawah jakun. Kelenjar tiroid berfungsi sebagai produksi hormon tiroid untuk segala proses kimiawi dalam tubuh. Jika dalam keadan normal, kinerja kelenjar tiroid tidak akan dirasakan oleh tubuh. Namun jika pembengkakan terjadi, maka kelenjar tiroid tersebut akan membentuk seperti benjolan di leher yang ukurannya berbeda antara setiap penderita.

Tidak semua penderita gondok bisa mengalami gejala. Sedangkan beberapa gejala yang umum terjadi diantaranya adalah ukuran leher membesar, kesulitan menelan, batuk, perubahan suara seperti serak dan kesulitan bernapas. Jika anda sudah terlanjur terkena gondok, maka ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi gondok agar tidak membesar seperti ulasan yang kami berikan berikut ini.

  1. Berhenti Merokok

Cara pertama untuk mencegah penyebab gondok supaya tidak membesar adalah tidak atau berhenti merokok. Aktivitas buruk seperti merokok bisa menambah karsinogen pada tubuh sekaligus menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan gondok bisa semakin membesar.

  1. Jauhi Stress

Stress terlalu berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh seperti menurunkan metabolisme, mengurangi energi dan berdampak serius bagi tubuh seperti salah satunya menyebabkan gejala gondok membesar. Untuk menurunkan stress, ada beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan seperti meditasi atau yoga supaya bisa menghilangkan kortisol terlalu berlebihan dalam tubuh penyebab gondok.

  1. Kurangi Minum Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol terlalu berlebihan bisa melemahkan kondisi tubuh meski terlihat seperti bisa membuat tubuh rileks namun sebenarnya bisa berbahaya untuk sistem kekebalan tubuh anda. Untuk itu, hentikan minum minuman yang mengandung alkohol agar gondok tidak semakin membesar.

  1. Perbanyak Vitamin D

Vitamin D yang bisa didapat dari sinar matahari juga menjadi cara terbaik untuk pencegahan gondok semakin membesar dan sangat mudah untuk dilakukan. Vitamin D dari sinar matahari ini bisa mengurangi gejala gondok asalkan tidak terlalu berlebihan karena juga bisa menyebabkan kanker.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi gondok supaya tidak semakin membesar namun juga untuk menyembuhkan. Dalam lidah buaya memiliki sifat antibiotik, antiviral dan anti inflamasi sehingga bisa mengurangi rasa sakit, peradangan dan juga pembengkakan serta cara mencegah gondok.

  • Kupas kulit lidah buaya dan ambil lendir di bagian dalamnya.
  • Campur dengan sedikit kunyit dan gosok pada area gondok.
  • Diamkan selama 1/2 jam lalu bersihkan dengan kain basah hangat.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari setidaknya selama seminggu atau sampai ukuran gondok berkurang.
  • Selain itu, minum juga jus lidah buaya setiap hari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi pembengkakan lebih cepat.
  1. Gunakan Biji Asparagus

Asparagus memiliki banyak kandungan mineral yang sangat membantu untuk melawan virus penyebab gondok sehingga menjadi salah satu jenis makanan untuk penderita gondok. Namun untuk mengurangi pembengkakan gondok, maka bagian yang digunakan adalah bagian biji asparagus.

  • Campur 3 sendok teh bubuk biji asparagus dengan 3 sendok teh bubuk biji fenugreek.
  • Tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta kental.
  • Aplikasikan pasta tersebut pada area yang terkena dan biarkan hingga mengering.
  • Bersihkan dengan lap basah yang dilakukan dua kali sehari.
  1. Jahe

Jahe memiliki banyak kegunaan untuk mengatasi penyakit pada tubuh termasuk mencegah pembesaran gondok karena kandungan anti inflamasi dan anti virus dalam jahe namun jangan dikonsumsi terlalu berlebihan untuk menghindari efek samping jahe. Selain itu, jahe juga bisa menyingkirkan virus penyebab penyakit infeksi sekaligus mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan tersebut.

  • Keringkan jahe dibawah terik matahari lalu haluskan menjadi bubuk atau bisa menggunakan bubuk jahe yang sudah jadi.
  • Campur 1 sendok makan bubuk jahe dengan sedikit air hingga membentuk pasta kental.
  • Aplikasikan pada gondok dan biarkan hingga mengering.
  • Bersihkan dengan lap basah yang dilakukan 3 hingga 4 kali sehari hingga pembengkakan berkurang.

Cara Lainnya

Selain beberapa cara diatas, pembengkakan gondok juga bisa dicegah dengan beberapa cara lainnya seperti:

  • Daun beringin: Tempelkan daun beringin yang sudah dipanaskan dan dioleskan dengan minyak pada area gondok dan biarkan selama semalam.
  • Jus jeruk: Minum jus jeruk yang mengandung vitamin C sangat baik karena kandungan mineral didalamnya bisa membantu mengurangi pembengkakan sekaligus menyembuhkan gondok.
  • Kemangi: Seduh daun kemangi dengan secangkir air selama 15 menit dan minum secara teratur.
  • Teh chamomile: Minum teh chamomile yang tinggi akan antioksidan dan anti inflamasi bisa menyembuhkan rasa sakit, mengurangi peradangan dan pembengkakan gondok.
  • Lada hitam: Lada hitam bubuk yang ditambahkan sedikit air bisa diaplikasikan pada gondok untuk mengurangi peradangan, pembengkakan dan menyembuhkan gondok lebih cepat.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan kali ini tentang beberapa cara mengatasi gondok agar tidak membesar yang bisa dilakukan di rumah. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi anda seputar cara mengatasi penyakit gondok secara alami.