Home Penyakit dan KelainanBibir Sumbing 3 Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Bibir Sumbing Paling Cepat

3 Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Bibir Sumbing Paling Cepat

by Robi Diansah

Bibir sumbing atau celah bibir dengan atau tanpa celah langit langit merupakan cacat bawaan yang secara medis dinamakan labioskizis. Bibir sumbing terjadi karena kegagalan pembentukan bagian bibir pada masa embrio atau masa bayi di dalam kandungan.

Bibir sumbing merupakan salah satu cacat bawaan pada wajah yang umum di masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Ada beberapa tipe bibir sumbing yaitu cleft lip yaitu celah yang terjadi hanya pada bibir. Cleft palate yaitu celah bibir yang terjadi pada langit langit mulut. Cleft lip and pakate yaitu celah yang terjadi mulai bibir sampai ke langit langit mulut.

Penyebab bibir sumbing dapat terjadi disertai sindrom tertentu pada bayi, terjadinya bibir sumbing juga dapat dikaitkan dengan konsumsi saat hamil yang tidak sehat. Cara penanganan pada bibir sumbing adalah dengan rekonstruksi pada bibir, rekonstruksi bibir sumbing dapat dilakukan pada bayi usia 8-12 minggu.

Rekonstruksi bibir sumbing sebaiknya dilakukan sesuai dengan usia yang dianjurkan karena berkaitan dengan proses penyembuhan bekas jahitan, semakin besar dilakukan rekonstruksi bibir maka bekas jahitannya semakin sulit untuk dihilangkan. Bagi anda yang memiliki anak atau saudara yang melakukan operasi bibir sumbing maka perawatan luka yang benar merupakan salah satu solusi cara menghilangkan bekas jahitan bibir sumbing

Berikut cara menghilangkan bekas jahitan bibir sumbing, lakukan cara ini dalam waktu dekat setelah operasi bibir sumbing untuk hasil yang maksimal terhadap estetika. Setelah melakukan rekonstruksi bibir sumbing, perawatan luka sebagai cara menghilangkan bekas jahitan bibir sumbing merupakan hal yang penting. Pada dasarnya perawatan yang dilakukan sama seperti perawatan luka seperti biasanya yaitu dengan membantu tubuh dalam kondisi yang baik untuk melakukan penyembuhan luka.

3 cara mudah menghilangkan bekas jahitan bibir sumbing di rumah:

1. Jaga kondisi luka

Setelah operasi bibir sumbing, maka perawatan luka jahitan merupakan hal utama yang harus dilakukan. Anda harus menjaga bekas jahitan tetap bersih dan hindari benturan atau tekanan pada bagian luka jahitan. Menjaga kondisi luka jahitan tetap kering dan bersih pada jahitan bibir sumbing dapat menjadi lebih sulit karena bibir digunakan untuk makan dan minum.

Anda dapat membantu dengan memberikan minum atau minum dengan sedotan, makan makanan yang lebih lembut untuk menghindari kotor pada bekas luka jahita, biasanya jika anda melakukan rekonstruksi sesuai usia bayi, maka bayi hanya membutuhkan ASI yang semakin mempermudah anda menjaga luka tetap bersih.

Sediakan selalu kassa dirumah, kassa dapat digunakan untuk membersihkan luka jahitan setelah makan dan minum, mengapa menggunakan kassa? karena kassa tidak akan meninggalkan serat pada luka jahitan, berbeda jika anda menggunakan kapas yang sering kali meninggalkan serat kapas sehingga luka menjadi terlihat kotor.

Menjaga kondisi luka juga dapat disesuaikan dengan advice dokter, anda dapat menggunakan obat obatan yang diberikan sesuai resep dokter, biasanya dokter akan memberikan anti nyeri untuk mengurangi nyeri pada bekas luka jahitan sehingga penyembuhan luka menjadi lebih mudah.

Menjaga kondisi luka juga berarti mengetahui kondisi normal pada luka jahitan yaitu adanya warna kemerahan sekitar luka jahitan,hal tersebut berarti sirkulasi darah disekitar luka baik dan penting untuk proses penyembuhan luka. luka jahitan akan terlihat sedikit membengkak, selama luka tidak berbau dan muncul nanah, maka proses penyembuhan luka berjalan baik

2. Vitamin E oil

Vitamin E oil atau Bio oil merupakan minyak yang mengandung vitamin e banyak ditemukan di apotek dan supermarket. Vitamin E oil ini berguna untuk membantu menghilangkan bekas luka. Penggunaan vitamin E oil atau bio oil ini digunakan jika luka sudah kering, luka jahitan yang sudah kering dan tidak ada jahitan lagi maka anda dapat memberikan vitamin E oil ini atau bio oil, bagaimana cara penggunaan minyak ini?

  1. cuci tangan, anda harus mencuci tangan jika ingin mengaplikasikan minyak ini dengan tangan. Namun anda juga dapat menggunakan cutton bud untuk mengaplikasikannya
  2. Taruh vitamin e oil di tangan atau di cutton bud, jika ada luka jahitan yang masih belum kering, anda harus menunda pemberiannya.
  3. Aplikasikan oil di bekas jahitan dengan gerakan melingkar, jangan ditekan atau digosok gosok saat mengaplikasikannya
  4. Jika sudah diaplikasikan, biarkan kering dengan sendirinya
  5. Saat anda mandi, jangan takut untuk membersihkan bagian yang telah diberikan oil sebelumnya, usahakan bersihan bagian tersebut dengan benar, diusap secara perlahan agar sisa sisa oil yang mungkin tidak terserap dapat bersih kembali.
  6. Gunakan minimal 1x dalam sehari selama 2 bulan sebagai cara menghilangkan bekas jahitan bibir sumbing

Penggunaan vitamin e oil merupakan hal yang aman digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jahitan bibir sumbing karena minimnya kandungan zat kimia sehingga jika digunakan di daerah bibir tidak perlu takut jika tidak sengaja masuk ke dalam mulut.

Jika anda ingin memberikannya ke anak anda dan masih takut dengan bio oil atau vitamin e oil yang sudah jadi, anda dapat membeli vitamin e kapsul untuk diminum yang berbentuk oil untuk diaplikasikan pada bekas jahitan bibir sumbing. Untuk anak anak yang terlalu kecil, dapat disiasati pemberian saat anak sedang tidur pada malam hari.

Vitamin E oil ini juga dapat membantu bibir tetap lembab sehingga peradangan disekitar bekas jahitan bibir sumbing juga daat teratasi dengan baik. Bagaimana? Mudah bukan cara menghilangkan bekas jahitan bibir sumbing? cukup dengan menjaga kondisi luka saat awal dan bantu menyamarkannya dengan vitamin e oil dan bibir anda menjadi lebih baik.

3. Madu

  • Nah, ini salah satu bahan yang pastinya sangat mudah anda dapatkan dan pastinya sangat aman digunakan di daerah bibir. Anda pasti sudah sering dengar berbagai manfaat madu bukan? Yap, ternyata madu juga bisa membantu menghilangkan bekas jahitn bibir sumbing loh.
  • Madu dapat membuat lingkungan sekitar bekasi jahitan menjadi lembab, madu juga memiliki antibakteri dan menstimulasi penyembuhan luka. Bagaimana cara penggunaannya? dan kapan saja digunakan?
  • Penggunaan madu sebaiknya digunakan benar benar untuk bekas luka jahitan, jangan digunakan atau jangan dioleskan jika luka jahitan bibir sumbing masih basah karena ditakutkan akan mengotori luka yang masih basah.
  • Jenis madu yang digunakan juga harus diperhatikan, perhatikan ciri ciri madu asli, hindari penggunaan madu yang sudah banyak mengandung campuran bahan lainnya. Dalam hal ini anda perlu mengetahui cara membedakan madu asli dan palsu. Sekarang bagaimana cara penggunaannya?
  • Ambil madu secukupnya dengan cutton bud untuk menghindari kontaminasi kuman dari tangan, oleskan memutar pada bagian bekas jahitan bibir sumbing, anda juga dapat mengoleskan ke bagian sekitar bekas jahitan.
  • Jika tangan anda bersih dan sudah mencuci tangan dengan baik, anda dapat memijat dengan lembut pada bekas jahitan bibir sumbing saat penggunaan madu, hal ini dilakukan agar sirkulasi darah disekitar bibir lebih baik dan dapat membantu kelembapan bibir agar luka jahitan di bibir menjadi tersamarkan.

Itulah 3 cara mudah dalam menghilangkan bekas jahitan bibir sumbing, bagaimana? Anda ingin mencoba? Usahakan untuk mencoba sedini mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

You may also like