Sedang Musim Flu, Ini 8 Tips Agar Tak Gampang Tertular

99

Tengah musim flu yang ada kemungkinannya berkaitan dengan pergantian musim ke musim kemarau memang tak mengenakkan. Anggota keluarga atau rekan kerja sudah banyak yang kena flu? Kalau takut tertular oleh mereka, tak ada salahnya untuk mencari cara menghindari penularan dengan beberapa tips berikut.

  1. Tidak Memakai Barang Penderita Flu

Pinjam-meminjam barang mungkin sudah biasa dilakukan, entah itu di rumah atau di tempat kerja. Namun ketika kita tahu anggota keluarga, sahabat atau rekan kerja sedang terkena flu, sebaiknya hindari meminjam barang apapun pada mereka. Ingat bahwa kuman selalu dekat dengan mereka yang menderita flu sehingga jaga kesehatan dengan menyiapkan barang-barang sendiri dan pribadi.

  1. Mencuci Tangan Sering-sering

Penyebaran dan perpindahan virus flu itu bisa dengan mudah terjadi lewat tangan kita lho, seperti memegang benda-benda milik si penderita flu. Jadi demi menghindari agar tak tertular flu, cuci tanganlah sering-sering supaya kuman tak mudah bersarang di tangan.

Apabila di rumah ada anggota keluarga yang sedang sakit flu dan mau tak mau harus menjaga dan merawatnya, pastikan bahwa diri kita tidak ikut sakit karenanya. Untuk itu, ketahui cara mencuci tangan yang benar dan steril; bahkan penting juga lho untuk menyediakan hand sanitizer jika ingin lebih praktis.

  1. Mengurangi Kontak Langsung dengan si Penderita

Batasilah interaksi langsung dengan si penderita flu, entah itu anggota keluarga ataupun teman. Kontak langsung dengan mereka dapat memperbesar risiko tertular, apalagi jika kita sendiri tak sadar kalau daya tahan tubuh sedang lemah. Jika sudah telanjur janjian untuk bertemu, minta saja orang tersebut untuk beristirahat hingga pulih benar.

  1. Banyak Minum Air Putih dan Jaga Pola Makan

Ketika diri kita mudah tertular virus flu, itu tandanya tubuh kita sedang lemah imunnya. Sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tak gampang tertular, penuhi kebutuhan nutrisi harian. Vitamin C, probiotik, protein, antioksidan, dan mineral zinc penting untuk dilengkapi.

Konsumsilah makanan-makanan yang sehat sebagai cara menjaga pola makan di tengah musim pancaroba ini, seperti rajin minum susu, yogurt, telur, jeruk, ikan dan makanan bergizi lainnya. Tak ketinggalan, tubuh jangan sampai kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, jadi banyak-banyaklah minum air putih setiap harinya di manapun kita berada.

  1. Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas fisik yang mampu menurunkan risiko berbagai penyakit dan menjaga agar daya tahan tubuh tetap stabil. Dengan olahraga, mood jadi lebih baik, metabolisme meningkat dan pastinya tubuh ketika malam jauh lebih rileks sehingga dapat mencegah insomnia atau gangguan tidur lainnya.

Tak perlu sulit-sulit, pilihlah olahraga yang ringan, mudah dan murah, seperti jalan kaki atau jogging di sekitar rumah. Bahkan tak selalu harus lama dalam berolahraga, ambil waktu 10-20 menit setiap hari pun sudah cukup berdampak baik kok untuk kesehatan. Stamina tubuh dijamin dapat meningkat pula dengan rutin berolahraga.

  1. Istirahat Cukup

Salah satu pemicu kekebalan tubuh menurun adalah ketika pola makan tak dijaga, pola tidur juga, sementara diri kita disibukkan dengan berbagai aktivitas dan mudah stres. Hal ini turut meningkatkan risiko tertular berbagai penyakit, termasuk flu lho. Maka dari itu, jika di sekitar kita sedang banyak yang menderita flu, pastikan diri sendiri memperoleh istirahat yang cukup sambil diseimbangkan dengan pola makan sehat dan olahraga.

  1. Pakai Masker

Jika kontak atau interaksi langsung dengan si penderita flu memang tak terhindarkan dan memang pekerjaan menuntut untuk bertemu dengan banyak orang, pakailah masker. Masker berguna meminimalisir paparan virus flu walau memang pakai masker saja tidak cukup untuk menghindarkan diri dari penularan virus flu.

  1. Menghindari Rokok dan Alkohol

Bagi perokok aktif, batasi dulu aktivitas ini atau kalau bisa hindari sama sekali karena selaput lendir saluran pernapasan dapat terluka karena zat-zat pada rokok. Inilah yang memberi peluang pada virus flu lebih gampang untuk masuk ke saluran nafas.

Bagi non-perokok, hindari ruangan berasap rokok dan juga orang-orang yang merokok karena saluran pernapasan dapat melemah ketika menghirup asapnya saja lho. Tak hanya itu, hindari pula minum minuman mengandung alkohol yang juga berpotensi menurunkan daya tahan tubuh.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan bisa mulai dilakukan pada musim flu supaya kita tidak gampang tertular. Penuhi nutrisi harian dan jangan lupa selalu makan teratur, olahraga dan tidur cukup ya.