12 Cara Mencegah Flu Singapura pada Anak dan Orang Dewasa

4872

Penyakit flu singapura adalah jenis penyakit yang paling sering menyerang bayi dan anak-anak. Sangat sedikit kasus flu singapura yang terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini juga sering disebut dengan istilah penyakit kaki, tangan dan mulut. Ruam di sekitar kaki dan tangan serta sariawan penuh di bagian mulut menjadi pertanda serius flu singapura. Ini adalah jenis penyakit yang disebabkan karena coxsackievirus a. Mungkin pada awalnya anak-anak hanya terlihat rewel dan kurang semangat. Tapi setelah gejala bercak muncul maka bisa dipastikan jika terkena flu singapura.

Hingga saat ini peneliti kesehatan dan vaksin dari berbagai negara mencoba untuk menemukan vaksin pencegah flu singapura. Namun riset membuktikan jika belum ada vaksin yang bisa mencegah flu singapura. Beberapa langkah pencegahan berikut ini bisa diterapkan untuk anak-anak maupun orang dewasa :

1. Cuci Tangan Sesering Mungkin

Cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun bisa menjadi cara pencegahan flu singapura yang sangat efektif. Cuci tangan harus dilakukan ketika sebelum dan sesudah makan, menyentuh berbagai jenis fasilitas umum, sehabis dari toilet dan berbagai kegiatan lain yang menjadi potensi masuknya virus ke dalam tubuh. Cara mencuci tangan yang benar adalah dengan menggosok semua sela-sela jari tangan dengan sabun secara merata. Setelah itu siram dengan air yang mengalir agar semua kotoran ikut tersiram.

2. Bersihkan Mainan Anak Secara Teratur

Jika Anda memiliki anak-anak atau balita maka biasakan untuk selalu membersihkan semua benda yang sering digunakan seperti mainan. Anak-anak sering meletakkan mainan di mana saja sesuka hati mereka. Bahkan jika anak-anak bermain bersama maka, mainan bisa menjadi media penularan virus jenis penyakit menular yang cepat. Karena itu bersihkan dan cuci semua mainan. Atau jika tidak bisa dicuci maka semprotkan cairan desinfektan yang aman untuk anak-anak.

3. Hindari Kontak Langsung dengan Penderita

Flu singapura adalah penyakit yang sangat mudah menular. Kontak secara langsung akan menyebabkan penularan yang sangat cepat. Karena itu hindari melakukan kontak langsung seperti memeluk, berbicara jarak dekat dan bersentuhan. Anak-anak yang terkena flu singapura lebih baik tidak masuk sekolah atau selalu berada di rumah hingga benar-benar sembuh.

4. Gunakan Perlengkapan Makan Pribadi

Salah satu manfaat selalu menggunakan perlengkapan makan pribadi adalah terhindar dari resiko penularan penyakit seperti flu singapura. Virus flu singapura akan lebih mudah menempel pada perlengkapan makan karena bersentuhan langsung dengan mulut dan tangan. Jadi jika anak-anak masuk di sekolah umum, maka biasakan membawa bekal dengan perlengkapan makan pribadi.

5. Bersihkan Lingkungan Secara Teratur

Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan baik seperti lingkungan rumah, kamar tidur, ruang keluarga dan berbagai tempat yang sering digunakan bersama.

Langkah ini akan membantu meminimalkan resiko penyebaran virus penyebab flu singapura. Bahkan jika Anda memiliki anak-anak maka cara ini sangat efektif untuk mencegah penularan virus.

6. Isolasi Penderita Flu Singapura

Mengisolasi flu singapura memang terlihat kurang nyaman untuk penderita. Namun isolasi sangat penting agar tidak terjadi penularan virus, terutama untuk anggota keluarga yang tinggal di lingkungan rumah yang sama. Penyakit ini sangat mudah menular sehingga penderita harus benar-benar tidak masuk ke area umum seperti sekolah, bermain dengan teman atau berada di tempat umum.

7. Mengenali Gejala dengan Cepat

Tanggap terhadap gejala yang muncul akan membuat anda mengerti bahwa infeksi flu singapura telah terjadi. Jika ciri ciri flu singapura sudah dikenali maka penderita harus tinggal di dalam rumah dan istirahat dari semua aktivitas. Apabila beberapa gejala menjadi lebih buruk seperti demam tinggi, kejang, tidak bisa makan dan minum serta tidur lebih lama maka harus segera mendapatkan perawatan dokter.

8. Tidur Cukup

Tidur cukup menjadi pola istirahat yang sangat baik untuk tubuh. Ketika memiliki waktu tidur yang cukup maka tubuh bisa mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Saat Anda tertidur sebenarnya sel-sel darah putih dalam tubuh mengalami proses perbaikan dan produksi sel. Sehingga tidur akan mengurangi resiko terkena penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh buruk seperti virus flu singapura.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Makanan

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membantu mencegah tubuh Anda terkena flu singapura. Antibodi yang dibentuk oleh sel darah putih akan membuat tubuh menjadi tahan terhadap serangan virus dan bakteri. Sel darah putih bekerja dengan menyerang semua jenis infeksi yang bisa terjadi akibat virus. Cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan seperti dibawah ini :

  • Jeruk : Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C akan bekerja dengan membantu tubuh dalam menghasilkan sel darah putih. Sementara vitamin C memang tidak tersimpan di dalam tubuh sehingga setiap hari Anda harus mendapatkan vitamin C.
  • Paprika merah : paprika juga seperti jeruk yaitu mengandung vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C nya lebih tinggi daripada buah jeruk. Selain itu betakaroten yang ditemukan akan membantu Anda menjaga kesehatan mata dan kulit.
  • Bawang putih : bawang putih mengandung senyawa alisin yang memang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan sulfur dalam bawang putih ini juga sangat baik untuk memerangi semua semua bakteri dan virus. (baca juga : efek samping bawang putih)
  • Brokoli : brokoli adalah sayuran super karena mengandung vitamin yang lengkap untuk mendukung sistem kekebalan tubuh seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Makanan yang mengandung antioksidan seperti brokoli, akan membantu tubuh dalam melawan peradangan seperti akibat flu singapura.
  • Bayam : bayam juga sangat terkenal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, sumber antioksidan dan beta karoten. Ini adalah semua bahan yang memang bisa melawan semua jenis bakteri dan virus penyebab penyakit.
  • Jahe: jahe adalah rimpang alami yang sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit flu singapura. Jahe mengandung gingerol dan capcaisin yang mampu melawan virus.
  • Yogurt: yogurt mengandung zat probiotik alami yang bisa membangkitkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik akan merangsang tubuh untuk menghasilkan zat khusus yang bisa melawan sumber penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Jadi Anda bisa mulai untuk minum mengkonsumsi yogurt setiap hari.
  • Teh hijau : minuman teh hijau sangat berkhasiat karena bisa melawan semua sumber penyakit dalam tubuh. Bahkan teh hijau tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tapi juga menghasilkan L theanin yang bisa menyerang virus yang masuk ke tubuh.

10. Minum Air Mineral

Tanpa kita sadari ternyata air mineral juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air akan membantu membuang racun tubuh dan bahkan bisa mengurangi potensi terkena penyakit akibat virus seperti flu singpura. Jadi biasakan anak-anak untuk selalu minum dalam jumlah yang cukup sehingga memiliki tubuh yang kuat.

11. Menggunakan Masker

Menutup hidung dan mulut dengan menggunakan masker bisa mencegah resiko tertular penyakit akibat virus seperti flu singapura. Anda bisa membiasakan anak-anak untuk menggunakan masker ketika bepergian di tempat umum. Masker akan melindung semua jenis virus yang akan masuk ke dalam mulut dan saluran pernafasan. Jadi langkah ini sangat perlu dilakukan.

12. Membuang Bekas Tisu di Tempat Sampah

Langkah untuk mencegah penyakit flu singapura bisa Anda mulai dari kebiasaan yang baik. Salah satunya adalah dengan selalu membuang sampah berupa tisu dan produk sejenis di tempat sampah. Kebiasaan ini akan membuat virus tidak akan menyebar ke lingkungan yang lebih luas.

Virus penyebab penyakit flu singapura memang sangat mudah menyebar. Kontak langsung yang berhubungan dengan hidung, tenggorokan, cairan hidung dan mulut akan menyebabkan penularan dengan cepat. Karena itu melakukan pencegahan akan membantu kita agar tidak terkena flu singapura.