Jus Kacang Panjang Untuk Penderita Diabetes Benar Bisa Menyembuhkan? Intip Penjelasannya

668

Diabetes atau penyakit gula merupakan salah satu dari banyak penyakit kronis yang sulit untuk dikendalikan dan akhirnya dapat berakibat pada kematian. Meski begitu, banyak penderita masih mencoba mencari tahu apakah penyakit gula bisa disembuhkan dengan herbal sekalipun. Diet rendah kalori dianggap menjadi kunci dari penyembuhan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.

Hanya saja, banyak orang yang juga mengatakan bahwa jus kacang panjang untuk penderita diabetes termasuk efektif dalam mengobati. Pada dasarnya, mengonsumsi jus kacang panjang masih tergolong sebagai terapi pola hidup sehat, jadi dengan demikian apakah kacang panjang bisa membant masa penyembuhan bagi para penderitanya?

Benarkah jus kacang panjang bisa membantu penyembuhan penderita diabetes?

Ada sebagian orang yang meyakini betul bahwa jus kacang panjang yang dikombinasi bersama dengan sayur lainnya seperti tomat adalah salah satu cara dalam mengobati diabetes. Karena kombinasi kedua sayuran ini merupakan sebenarnya merupakan salah satu cara penyembuhan melalui perubahan pola makan dan pola hidup, maka memang termasuk baik tapi benarkah efektif?

Kacang panjang kaya akan antioksidan sehingga ketika dikonsumsi rutin diimbangi dengan menghindari bahaya makan manis, akan lumayan membantu bagi tubuh untuk jauh lebih baik kondisinya. Hanya saja, lebih dianjurkan untuk menggunakan atau mengonsumsi jus kacang panjang justru di awal terdeteksinya penyakit diabetes.

Saat gejala diabetes awal mulai disadari di mana kadar gula darah mengalami lonjakan, mulailah konsumsi jus kacang panjang yang dicampur dengan tomat. Untuk bisa menormalkan kembali gula darah yang kadarnya naik, Anda bisa meminum jus kacang panjang ini tapi tetap harus bersama dengan obat-obatan.

Jadi intinya, jus kacang panjang bisa membantu dalam perubahan gaya hidup Anda  ketika penyakit diabetes telah terdeteksi dari awal. Hanya saja, belum terbukti kebenaran efektivitas dari jus kacang panjang sebagai obat herbal yang tepat untuk kesembuhan diabetes. Belum dijumpai adanya hasil riset ilmiah mengenai jus kacang panjang sebagai obat diabetes; bahkan Anda perlu waspada karena saat terjadi penurunan kadar gula darah, kondisi diabetes belum tentu benar-benar hilang total.

Hanya saja, apabila Anda ingin mencoba resep jus kacang panjang yang dikombinasi bersama tomat ini, berikut adalah resep yang bisa Anda coba praktekkan di rumah.

  • Sediakan kacang panjang serta tomat, di mana kacang panjangnya sebanyak 7 helai, lalu tomat sebuah saja.
  • Setelah dicuci dan seluruh bahan Anda potong-potong, masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan air secukupnya sebelum memblendernya menjadi jus.
  • Tuang pada gelas dan biasanya porsi ini bisa untuk sehari 2 kali konsumsi.
  • Untuk alternatifnya, Anda bisa tambahkan apel 1 buah yang sudah dipotong-potong dan diblender bersama kedua bahan.
  • Namun, hindari untuk menyimpan jus untuk diminum esok hari. Habiskan dalam 1 hari yang Anda buat di hari itu.

Tips Menjaga Pola Hidup Untuk Penderita Diabetes

Jus kacang panjang memang baik bagi kesehatan, apalagi bila dicampur dengan sayur/buah tomat. Hanya saja, penderita diabetes tak bisa sepenuhnya bergantung dengan jus kacang panjang ini sebagai obat herbal. Berikut adalah sejumlah tips dalam menjaga pola hidup bagi para penderita diabetes yang penting untuk diikuti.

  • Mengikuti pantangan-pantangan khusus untuk para penderita diabetes.
  • Mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat tinggi.
  • Berusaha untuk menjalani diet rendah kalori.
  • Membatasi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat atau gula tinggi demi mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah.
  • Melakukan olahraga secara rutin.
  • Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, makanan dengan rasa pedas dan asam, serta makanan yang bersantan.
  • Membiasakan untuk minum air per harinya sampai 2 liter banyaknya.
  • Mendapatkan kualitas istirahat yang baik setiap hari.
  • Mencari cara mengatasi stres yang tepat agar stres bisa dikelola secara efektif.
  • Mengonsumsi obat-obatan yang telah dokter resepkan.
  • Mengecek kadar gula darah per bulannya secara rutin.
  • Selalu menenangkan pikiran dan banyak-banyak melakukan hal yang menyenangkan di waktu luang Anda.

Jadi, jus kacang panjang untuk penderita diabetes benarkah bisa menyembuhkan? Belum ada riset yang membuktikan hal tersebut, namun Anda bisa memasukkan jus kacang panjang pada menu diet harian pada tips diet sehat yang Anda ikuti sekaligus menjalani pola hidup yang sehat seimbang agar kadar gula darah terkontrol baik.