Home Penyakit dan KelainanAnemia 15 Ciri Ciri Kekurangan Sel Darah Merah Yang Sering Terjadi

15 Ciri Ciri Kekurangan Sel Darah Merah Yang Sering Terjadi

by Gilang Pratama

Kekurangan sel darah merah atau lazim disebut dengan anemia merupakan sebuah kondisi dimana tubuh tidak mempunyai jumlah sel darah merah yang cukup untuk mengakngkut oksigen ke seluruh tubuh. Akibat dari kurang nya sel darah merah ini bisa saja menjadi gejala dari akan munculnya penyakit lain yang bisa saja timbul di kemudian hari. Secara umum ada banyak ciri ciri kekurangan sel darah merah yang akan nampak. Beberapa ciri ciri kekurangan sel darah merah yang akan muncul dan sering terjadi antara lain adalah :

  1. Tubuh menjadi lemah dan lesu
    Jumlah sel darah merha yang cukup akan melancarkan fungsi pembuluh darah dan saraf di semua jaringan tubuh. Maka dari itu kekurangan sel darah merah membuat fungsi – fungsi tersebut menjadi terganggu akibatnya tubuh menjadi lebih mudah lemah dan lesu
  2. Kepala mudah pusing
    kurang nya sel darah merah juga membuat aliran darah yang menuju kepala akan tersendat. Hal ini akan mengakibatkan kepala sering pusing.
  3. Kondisi di beberapa bagian tubuh menjadi dingin dan pucat
    Salah satu ciri ciri kurang darah adalah kondisi di beberapa bagian tubuh menjadi dingin dan pucat. Hal ini karena suplai sel darah merah yang tidak memadai mempengaruhi kelancaran aliran darah menuju bagian – bagian tersebut. Hal ini bisa dengan mudah terlihat terutama pada bagian telapak tangan dan juga wajah
  4. Bibir terlihat pucat dan berwarna membiru
    Kekurangan sel darah merah juga akan membuat kondisi bibir menjadi pucat dan berwarna agak membiru. Ciri ciri anemia ini disebabkan karena pasokan darah yang tidak lancar. Pada kasus lain hal ini juga menyebabkam bibir pecah dan kering.
  5. Gangguan pada mata
    Kekurangan sel darah merah juga ditunjukan dengan munculnya gangguan pada bagian penglihatan. Salah satunya adalah pandangan mata yang jadi berkunang kunang terutama setelah duduk jongkok.
  6. Mudah flu
    Kurangnya sel darah merah ini menyebabkan jumlah hemoglobin yang berkurang juga. Hal ini menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun
  7. Mudah stress
    Ciri ciri kekurangan sel darah merah yang lainnya adalah menjadi mudah stress.
  8. Mudah mengantuk
    Kekurangan sel darah merah akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah. Hal ini yang menjadi penyebab sering mengantuk pada orang yang kekurangan sel darah merah.
  9. Cairan tubuh lebih mudah keluar
    Orang yang kekurangan sel darah merah biasanya lebih banyak mengeluarkan cairan tubuh. Bisa lewat keringat ataupun lewat urine.
  10. Mudah pingsan
    Kekurangan sel darah merah membuat keseimbangan tubuh terganggu. Ini yang menjadi penyebab sering pingsan pada orang yang kekurangan sel darah merah.
  11. Sulit konsentrasi
    Mudah lelah karena kekurangan sel darah merah juga akan mengakibatkan tubuh menjadi lebih sulit berkonsentrasi.
  12. Detak Jantung tidak teratur
    Dalam beberapa kasus ciri ciri dari kekurangan sel darah merah juga ditandai dengan detak jantung yang menjadi tidak teratur.
  13. Rambut rapuh dan mudah rontok
    Orang yang mengalami kekurangan sel darah merah juga ditandakan dengan rambutnya yang rapuh dan menjadi salah satu penyebab rambut rontok
  14. Tidak bisa berdiri dalam waktu yang lama
    Orang yang terkena kekurangan sel darah merah juga biasanya tidak bisa jika harus berdiri dalam waktu yang cukup lama. Hal ini karena aliran darah yang tidak stabil.
  15. Kurangnya nafsu makan
    Biasanya terjadi pada bayi dan anak – anak, kekurangan sel darah merah pada usia ini juga ditandai dengan nafsu makan yang berkurang.

Makanan penambah sel darah merah

Pada dasarnya kekurangan sel darah merah bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi di dalamnya. Beberapa makanan yang bisa menjadi penambah sel darah merah diantaranya adalah :

  • Wijen hitam
    Wijen hitam ini sangat kaya akan zat besi. Makanan ini akan sangat baik untuk meningkatkan sel darah merah. Untuk ibu hamil yang mengalami anemia makanan ini juga sangat disarankan.
  • Apel
    Dengan banyak manfaat yang dimiliki apel, salah satunya adalah mengkonsumsi apel sangat baik untuk menambah sel darah merah
  • Kurma
    Kurma ini merupakan buah yang tinggi akan zatĀ  besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan juga antioksidan. Oleh karena itu salah satu manfaat kurma adalah sangat baik untuk meningkatkan sel darah merah.
  • Kismis
    Kismis ini sangat kaya akan zat besi, potasium, dan juga nutrisi lainnya. Oleh sebab itu kismis sangat baik dalam penambah sel darah merah
  • Pisang
    Untuk mengobati gejala kurang darah maka pisang ini adalah salah satu obatnya, Kandungan zat besi yang banyak di dalam pisang sangat baik untuk menambah darah
  • Madu
    madu ini dikenal sebagai obat berbagai macam penyakit. Salah satu khasit madu adalah meningkatkan jumlah sel darah merah.
  • Tomat
    Tomat ini kaya akan vitamin C. Dan Vitamin C sangat berguna untuk penyerapan zat besi yang sangat baik untuk menambha sel darah merah.

You may also like