14 Cara Mengkonsumsi Telur Mentah yang Baik dan Nikmat

1342

Banyak orang mungkin memiliki rasa ingin tahu tentang apakah telur mentah dan telur setengah matang sehat atau tidak. Telur mentah dipercaya baik untuk kesehatan oleh sebagian orang meski memang ada risiko besar penularan jenis-jenis penyakit menular dari konsumsi telur dalam kondisi tidak matang. Lalu, adakah cara mengkonsumsi telur mentah yang baik dan menyehatkan?

  1. Telur Mentah pada Salad

Konsumsi telur mentah dapat berupa salad di mana salad adalah makanan yang termasuk sehat dan bahkan cara membuatnya sangat gampang. Sebutir telur mentah akan membuat salad yang hendak dinikmati menjadi lebih baik untuk menambah asupan protein bagi tubuh. Supaya bau amisnya tersamarkan, mayones atau mustard bisa digunakan.

  1. Telur Mentah pada Bubur

Cara konsumsi telur mentah lainnya yang terbilang baik dan bahkan lebih nikmat adalah dengan menambahkannya pada bubur ayam. Pecahkan telur ayam mentah ke atas bubur ayam yang masih dalam keadaan panas. Jangan lupa mengaduknya untuk mencampur rata dan beri bumbu sesuai selera demi menghilangkan amisnya, bubur pun siap disantap.

  1. Telur Mentah dan Madu

Konsumsi telur mentah lainnya yang baik dan aman adalah dengan mencampurkannya bersama madu murni. Supaya khasiat yang diperoleh tubuh lebih maksimal, ketahui ciri-ciri madu asli maupun cara membedakan madu asli dan palsu untuk mendapatkan madu berkualitas baik.

Untuk mengonsumsi telur madu, Anda bisa memecahkan telur mentah ke dalam gelas yang kemudian disusul dengan menuangkan madu sesuai kebutuhan dan selera saja. Madu selain menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh dapat juga menghilangkan rasa dan bau amis dari telur mentah tersebut. Aduk rata, lalu setelahnya siap Anda konsumsi.

  1. Telur Mentah pada Makanan Jepang

Telur mentah juga umumnya dikonsumsi dengan baik ketika dicampur pada makanan Jepang. Makanan-makanan Jepang yang bisa Anda konsumsi bersama dengan telur mentah adalah:

  • Sukiyaki – Makanan Jepang yang terdiri dari mie, jamur, sayuran dan daging ini biasanya diolah dengan cara merebusnya di dalam kuah kaldu yang akan lebih nikmat ketika disantap pada waktu musim dingin. Telur mentah biasanya sudah dalam kondisi telah dikocok, lalu kita bisa mencelupkan daging dari panci ke dalam telur tersebut lalu memakannya.
  • Tamago kake gohan – Telur ayam mentah biasanya ada di atas nasi putih panas lalu diberi tambahan kecap khusus yang kemudian bisa kita campurkan dengan mengocoknya sebelum menikmatinya.
  • Tsukimi udon – Telur mentah biasanya dimasukkan ke dalam udon ketika kuahnya masih dalam kondisi panas, lalu dicampur di mana rasa dan bau amis dari telur otomatis juga dapat berkurang.
  • Natto – Telur mentah biasanya pada hidangan ini dicampur dengan fermentasi kedelai dan kita dapat mengonsumsinya dengan nasi putih.
  1. Telur Mentah pada Susu Telur Madu Jahe/STMJ

Masyarakat Indonesia tentunya paling familiar dengan olahan satu ini di mana diketahui paling menyehatkan. Pada umumnya, cara mengolahnya adalah dengan mencampurkan telur ayam kampung mentah bersama dengan wedang jahe, madu murni sekaligus susu sapi murni. Santapan ini dapat dikonsumsi dengan tujuan menjadi cara meningkatkan stamina.

  1. Smoothies

Cara konsumsi telur mentah lainnya yang dianggap baik dan sehat adalah menjadikannya smoothie walau di kalangan masyarakat kita masih jarang diterapkan. Telur mentah bisa Anda blender bersama yogurt dan buah segar sesuai pilihan dan selera Anda. Setelahnya, larutan hasil blender bisa dituang ke dalam gelas di mana Anda bisa nikmati dalam kondisi segar.

  1. Telur Mentah pada Es Krim

Telur mentah khususnya bagian kuningnya bisa Anda campurkan bersama es krim untuk menambah kenikmatannya. Beberapa orang mungkin setuju dan menyukai ide ini karena inilah salah satu cara konsumsi telur mentah yang bisa dicoba karena dijamin baik, enak, dan bernutrisi karena es krim sendiri mengandung susu.

  1. Telur Mentah pada Mayones

Bila sebelumnya, telur mentah justru menjadi campuran salad barulah ditambahkan mayones supaya bau dan rasa amisnya tersamarkan, justru kali ini telur mentah bisa Anda jadikan saus mayones. Mayones buatan sendiri alias buatan rumah layak Anda coba, yakni dengan mencampurkan 2 butir telur mentah utuh bersama 2 kuning telur, 2 siung bawang putih cincang, sesendok teh garam laut, 2 sendok makan jus lemon, secangkir minyak zaitun, dan minyak biji anggur 1 cangkir.

Itulah sejumlah rekomendasi cara mengkonsumsi telur mentah yang baik dan sehat bagi Anda yang ingin tetap menyantap telur mentah. Meski bisa dikonsumsi mentah-mentah, tetap waspada terhadap risiko bahayanya, seperti alergi terhadap zat lysozyne, keracunan, gangguan ginjal, gangguan pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya.