Mengenal Macam-Macam Telur Ikan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

195

Apakah Anda pernah mendengar kuliner telur ikan? Ya, telur ikan dalah salah satu hidangan kuliner yang sangat populer di berbagai negara. Telur ikan diolah menjadi beberapa masakan dan bisa juga dikonsumsi mentah atau segar. Di berbagai hidangan khas Eropa atau Jepang, telur ikan sering menjadi hiasan. Secara umum ternyata telur ikan mengandung nutrisi seperti protein dan asam amino yang cukup tinggi. Tapi telur ikan mengandung kalori yang rendah sehingga aman untuk diet. Berikut kami jelaskan mengenai macam-macam telur ikan dan manfaatnya untuk kesehatan.

  1. Masago

Masago adalah telur ikan yang dihasilkan dari ikan Capelin yaitu jenis ikan yang mengeluarkan aroma kurang menyenangkan. Telur ikan masago berbentuk sangat kecil karena ikan Capelin sendiri yang sudah berukuran kecil. Warna telur ikan ini cenderung kuning atau oranye kemerahan. Masago memiliki tekstur berpasih sedikit renyah dan rasanya sedikit pahit. Masago biasanya digunakan sebagai hiasan dari makanan sushi. Kandungan kalori masago cukup rendah yang diperkaya dengan asam lemak dan protein, juga beberapa jenis mineral seperti selenium, magnesium dan natrium. Sehingga penderita darah tinggi harus berhati-hati dengan masago.

  1. Tobiko

Tobiko adalah jenis telur ikan yang dihasilkan dari ikan terbang. Biasanya tobiko juga banyak disajikan dengan sushi segar dan beberapa jenis makanan yang digulung khas Jepang seperti sashimi. Warna tobiko lebih cerah dan cenderung merah alami. Tapi biasanya tobiko juga diwarnai dengan tinta cumi dan wasabi khas Jepang. Ukuran tobiko memang sangat kecil namun memiliki rasa yang lebih renyah. Rasa alami yang keluar dari tobiko adalah asin karena mengandung natrium.

Nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh dari tobiko adalah seperti asam lemak omega 3, protein, dan lemak fosfolipid. Jenis lemak ini sangat baik untuk mencegah peradangan dan penyakit serangan jantung. Tapi harus hati-hati karena tobiko mengandung kolesterol yang sangat tinggi.

  1. Kaviar

Kaviar menjadi salah satu jenis telur dari ikan sturgeon liar. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Laut Kaspia. Kaviar sering digunakan untuk berbagai jenis hidangan mahal karena kaviar sendiri memang sangat langka. Kaviar  berukuran kecil dan sangat mengkilap. Warna kaviar cenderung lebih gelap seperti hijau atau hitam pekat. Rasa kaviar biasanya cukup asin dengan tekstur yang renyah serta manis saat dikunyah.

Kaviar mengandung berbagai nutrisi seperti asam lemak omega 3 seperti asam eikosapentaenoat (EPA) dan DHA. Juga berbagai jenis asam amino, lisin, asam glutamat, fenilalanin dan nutrisi lain. Konsumsi kaviar dianggap sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kekuatan otot.

  1. Ikura

Ikura adalah telur ikan salmon khas Jepang yang banyak digunakan untuk sushi dan sashimi. Ikura memiliki warna kuning kemerahan dan bentuk yang sedikit lebih besar dibandingkan jenis telur ikan yang lain. Ikura biasanya disajikan dengan garam dan bumbu kecap manis. Dikutip dari jurnal Clinical ikura mengandung berbagai jenis nutrisi seperti EPA, DHA, omega 7, omega 9, vitamin A, dan senyawa astaxanthin sebagai antioksidan alami. Konsumsi ikura dinyatakan sangat baik untuk mengatasi tanda penuaan dini dan risiko penyakit akibat radikal bebas.

Itulah berbagai jenis telur ikan yang bisa Anda konsumsi sebagai makanan yang sangat sehat. Hanya saja telur ikan mengandung tingkat kolesterol dan garam yang cukup tinggi sehingga harus hati-hati serta jangan sampai berlebihan.